Berikut 3 Langkah Mudah Mengembalikan Warna Baju yang Luntur

Okay langsung aja deh…

0
1936
views

Ciptaloka.com – Setiap orang pastinya memiliki salah satu atau dua pakaian kaos terfavorit. Malah saking favorit nya, hampir tiap minggu selalu saja dipakai bukan? Nah akibat dari keseringan digunakan, menjadikan warna dari pada pakaian tersebut perlahan memudar.

Alhasil kamu pun mencari cara untuk mengembalikan kaos tersebut ke warna awalnya. Kemudian kamu mencari di google, dengan menekan kata kunci “Cara Mencerahkan Kembali Kaos Berwarna”.

Tada! Muncul beberapa opsi pilihan artikel bahkan video, namun kamu belum puas dengan apa yang sudah dibaca. So, kamu masih terus mencari cara dan jawaban yang tepat akan hal nan kamu cari itu.

Sampai kamu pun berada di sini, di blog ciptaloka.com.

Kebetulan kami sangat suka dikunjungi, and then dengan senang hati akan membantu memberikan jawaban dengan artikel berjudul:

Berikut 3 Cara Mudah Mengembalikan Warna Baju yang Luntur

Okay langsung aja deh…

Proses ke-1 : pre-wash (cara mengembalikan warna baju yang luntur)

1. Rendam di air berisi garam atau yodium

Photo by Juan Toinstra on Unsplash

Sebagai permulaan kamu bisa siapkan 1/4 sendok berisi garam, lalu larutkan ke dalam ember yang telah berisi ari. Setelahnya rendam baju kamu nan memudar kemudian biarkan selama semalam.

Pastikan debit air di ember tersebut bisa untuk 2 ata u 3 baju dengan warna yang sama. Kalo kamu lebih banyak bajunya, tinggal ditambah garam dan airnya saja, ya?

2. Rendam pada air berisi 4 sendok makan cuka/vinegar

Photo by Crema Joe on Unsplash

Opsi kedua, selain menggunakan garam kamu pun bisa memanfaatkan cuka. Untuk yang satu ini, kamu harus perhatikan perhitungan ini. Setiap ember berisi air, kamu harus campurkan 4 sendok makan cuka.

Guna menghindari muntahan warna, kamu bisa pisahkan setiap kaos pada warna nan sesuai. Misal ember untuk kaos hitam, ember kaos putih, dan bahkan ember kaos warna dan seterusnya.

Dengan begitu bilamana da warna kaos nan memudar di air, tidak terserap oleh kaos yang memiliki warna berbeda.

3. Bisa juga menggunakan lada hitam

Photo by Anas Alhajj on Unsplash

Selain berguna untuk memberikan sensasi pedas pada makanan, lada hitam juga bisa loh dipakai untuk mencerahkan warna pada pakaian kaos. Caranya cukup sama seperti garam atau cuka  tadi, tinggal tuangkan dan larutkan pada ember berisi air dan kaos.

4. Menambahkan baking soda

Photo by Clint Patterson on Unsplash

Sementara untuk menambahkan ketajaman warna pada kaos, kamu bisa kok menambahkan baking soda. Tapi cara menerapkan nya bisa dilakukan ketika pakaian tengah diputar di dalam mesin cuci, bukan direndam seperti bahan lainnya, ya?

5. Mewarnai kembali dengan menggunakan pewarna sintetis atau wantek

Photo by Amit Gaur on Unsplash

Nah jika seluruh cara tadi sudah dicoba, namun masih ingin hasil yang lebih, tenang masih ada cara yang lain kok. Kamu tinggal pergi ke toko dan cari wantek atau pewarna kaos sintetis.

Jika sudah ada, tinggal kamu praktikkan cara yang ada di artikel ini: Beginilah 7 Langkah Paling Mudah Membuat Kaos Tie Dye Hitam. Cara tie dye memang sama kok dengan cara mewarnai ulang.

Bilamana sudah sukses dan selesai, kamu tinggal keringkan dan gunakan. Atau bisa juga keringkan dan langsung pakai, bebas deh ya kan?

Khusus mencuci nya ada di proses berikutnya ini:

Proses ke-2 : washing time (cara mencuci baju baru agar tidak luntur)

1. Memisahkan warna pakaian

Tentu setelah proses perendaman sebelumnya, kamu pun memiliki banyak ember berisi kaos nan berbeda warna kan?

Nah dalam proses pencucian pun kamu tetap harus memisahkan masing-masing warna kaos mu itu. So, kamu tetap harus mencuci pada setiap ember yang berbeda warna.

2. Membalikkan posisi kaos

Baru selanjutnya, balikan kaos dengan cara membuat bagian dalam berada di luar, begitu pun sebaliknya. Bagian luar jadi di dalam.

Hal tersebut dilakukan guna melindungi warna pakaian yang biasa kita pamerkan di bagian depan.

Dengan membalikkannya, pun bilamana ada kelunturan hanya berlaku di bagian dalam kaos tadi karena sudah dibalikkan.

3. Selalu gunakan air dingin untuk membersihkan

Setelah merendam, memisahkan, dan membalikkan kaos, kamu tinggal mencuci nya seperti biasa.

Hanya yang perlu dilakukan dalam proses ini ialah memastikan air yang kamu pakai bukan air panas melainkan air dingin seperti biasa.

Sebab air tersebut direkomendasikan karena mampu melindungi warna pada pakaian, sehingga mampu memancarkan kembali warna yang dimilikinya.

Proses ke-3 : drying time atau penjemuran (cara menjaga warna baju agar tidak pudar)

1. Usahakan menjemur di tempat teduh

Jika kamu berpikir mengeringkan pakaian di tempat panas adalah cara yang baik, tentu kamu salah besar.

Sebab yang betul adalah menjemur di tempat yang teduh, biarkan angin yang membuatnya kering bukan sorotan cahaya.

Karena pancaran sinar matahari nan terik, tidak hanya membuat baju kering, tapi juga membuat warnanya mudah luntur terserap olehnya. Jadi, tahu kan sekarang bedanya?

2. Boleh gunakan mesin pengering di mesin cuci, asal…

Sebetulnya boleh saja menggunakan drying mesin hanya saja durasi dan panasnya harus bisa diatur dengan baik. Misalnya ketika kamu gunakan, selalu pastikan agar tidak over-dry yang berarti harus selalu kamu perhatikan dan atur durasi.

Lalu masukkan bahan pakaian yang sama ketika dikeringkan, yang artinya kamu harus melakukan sortir kembali. Tentu merepotkan, bukan?

Well, itulah beberapa cara dan tips rahasia dalam cara mencuci dan mengembalikan warna yang luntur pada baju atau pakaian kaos kamu.

Sebenarnya ada beberapa bonus tips loh tentang cara merawat pakaian yang lain, silakan kamu lihat di bawah:

1. Tidak Banyak yang Tahu, Begini 7 Cara Mencuci Topi nan Benar

2. Terlengkap! Berikut 9 Langkah Praktis dalam Mencuci Kaos DTG

3. Intip! 5 Cara Mudah Merawat Topi Baseball Kesayangan Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here