Terlengkap! Berikut 9 Langkah Praktis dalam Mencuci Kaos DTG

Simak baik-baik ya~

0
251
views

Ciptaloka.com – Kaos DTG (direct to garment) merupakan sebuah kaos yang memiliki hasil cetakan sablon khusus dan berbeda dari kaos pada umumnya, yang kebanyakan menggunakan cetak sablon manual.

Perbedaan tersebut dapat terlihat dari segi warna, tingkat penyerapan tinta pada kaos, dan ketebalan sablon.

Sebab berbeda dalam proses mencetaknya, tentu akan memiliki treatment yang berbeda pula dalam cara mencuci kaos nya.

Nah, khusus kamu yang punya kaos hasil print satuan sablon DTG dan sedang mencari tips untuk mencuci kaos nya supaya sablon gambar/desain awet dan tahan lama, berikut akan Ciptaloka ceritakan:

9 Langkah Tepat dalam Mencuci Kaos DTG

Simak baik-baik ya~

1. Pastikan kamu membalik kaosnya

Photo by Masaaki Komori

Sebelum masuk pada rendaman air, kamu harus memastikan bahwa kaosnya sudah dibalik terlebih dahulu.

Sedikit banyak hal ini akan membantu melindungi sablonan yang tercetak pada kaosnya.

2. Sortir Kaos DTG dan yang bukan DTG

Photo by Parker Burchfield

Dalam langkah berikutnya, kamu pun harus memisahkan kaos cetakan dtg dengan yang bukan. Pastikan pula kamu menjauhkan dari kaos yang memiliki warna yang lebih pekat seperti hitam, merah, serta biru. Jika kamu menyatukan semuanya, ditakutkan sablon akan terkena penguraian warna tersebut.

3. Durasi Perendaman

Photo by Waldemar Brandt

Setelah setiap kaos kamu pisahkan, sekarang kamu bisa mulai merendam nya. Satu catatan penting saat perendaman, usahakan jangan terlalu lama kamu biarkan tenggelam di dalam air. Durasi maksimal adalah 30 menit, dan yang paling baik adalah 15 menit saja.

4. Kucek dengan Tangan

Photo by Matthew Tkocz

Hanya bilamana di kaos tersebut ada noda, kamu hanya boleh mengucek nya dengan pelan menggunakan tangan. Hindari juga pengguna mesin cuci dalam membersihkan.

Justru kebanyakan orang yang memiliki kaos DTG luntur karena keseringan dicuci dan dikeringkan dengan mesin. Jelas hal itu akan sangat merusak warna dan sablon pada kaos.

5. Jangan pula menyikat baju

Photo by Jennifer Burk

Metode mencuci dengan cara menyikat pun harus dihindari. Selain merusak sablon, cara itu justru akan menimbulkan bulu-bulu halus pada permukaan kaos.

6. Pemilihan Detergent

Photo by Raja V

Cara berikutnya agar sablon kaos satuan DTG bisa awet adalah dengan memilih detergent yang bagus. Salah satunya detergent yang memiliki tingkat kelembutan yang baik serta harum.

Jangan sesekali kamu paksakan memakai pemutih, karena cairan yang ada di dalamnya sangat keras dan dapat merusak.

7. Proses Penjemuran

Photo by Henry & Co.

Setelah kamu selesai membersihkan kaos nya, sekarang kamu tinggal mengeringkan nya dulu dengan tangan. Baru setelah itu kamu jemur.

Perlu diingat manakala kamu menjemur kaos DTG nya, usahakan posisi kaos masih terbalik dan  tidak langsung terkena matahari. Sinar matahari yang terlalu panas akan merusak sablon serta warna pakaian sekaligus.

8. Gunakan gantungan baju yang pas

Photo by Brittany Colette

Usahakan pula menjemur pakaian DTG tersebut dengan menggunakan hangar yang. Jangan yang terlalu besar karena akan merusak rib kaos. Nanti bagian leher kaos itu akan melar.

9. Proses Penyetrikaan

Photo by Eric Vö

Bila kaso sudah dirasa kering, kamu dapat menyetrika kaos DTG ini. Dalam prosesnya, kamu cukup gunakan suhu yang hangat saja mengingat bahan katun akan mudah sekali disetrika.

Khusus bagian sablon nya, supaya aman kamu bisa menyetrika bagian belakang sablon alias membalik kaos nya. Biar aman dan awet begitu.

Bila semua langkah sudah kamu lakukan dengan benar, silakan cek lagi dan pastikan kaos kamu sudah tercuci dengan baik dan benar.

Oh iya, kalau kamu pingin kaos kesayangan kau itu lebih awet, usahakan pula menggunakannya hanya dalam waktu yang tepat dan dibutuhkan saja.

Pasalnya kalau kamu sering gunakan dan hampir tiap minggu dicuci, bukan hanya sablon kaos yang akan rusak, melainkan seluruhnya.

So, demilikanlah 9 langkah yang tepat dalam mencuci kaos DTG kamu. Selamat mencuci dan mencoba ya~

BACA JUGA:

1. Cara Buat Hand Sanitizer Herbal Non Herbal Sendiri di Rumah

2. Tips & Cara Merawat serta Membersihkan Tas Kanvas Custom

3. 17 Tips Lengkap tentang Cara Merawat Kaos yang Baik + Benar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here