Tidak Banyak yang Tahu, Begini 7 Cara Mencuci Topi nan Benar

Simak baik-baik ya~

0
55
views

Ciptaloka.com – Setelah sebelumnya telah dijelaskan tentang bagaimana cara merawat topi baseball, maka sekarang kita akan memberitahukan cara mencuci topi tersebut secara baik dan benar.

Memangnya mencuci dan merawat itu beda min?

Sebenarnya mencuci adalah bagian dari merawat juga sih. Hanya saja, jika dibuat dalam satu artikel nanti jadi kepanjangan. Tentu kamu pun pasti malas membacanya ya kan?

Untuk itulah kita buat dalam sebuah artikel yang berbeda begitu.

Back to the topic, kenapa sebuah topi harus dicuci? Jawabannya pasti karena sudah kotor. Tidak dapat dipungkiri, memang topi akan jarang terkena noda karena benda itu selalu berada di atas kepala kita.

Hanya saja, tetap pemakaian yang sering ditambah dengan tumpukan keringat, tangan yang kotor ketika memegang topi, pun penyimpanan yang salah akan menyisakan ragam noda di sana.

Dengan demikian kamu pun mau tidak mau harus mencuci nya. Masalah lainnya kadang kamu menyamakan cara mencuci topi dengan barang lainnya. Padahal jelas berbeda loh! Mencuci topi itu hanya bisa dilakukan melalui step-step di bawah ini:

Cara Lengkap Mencuci Topi Custom yang Benar

Simak baik-baik ya~

1. Memperhatikan label instruksi pencucian

Source Image by https://pbs.twimg.com/media/ECE3rYmUcAAFTe9.jpg

Yap! Sebelum benar-benar masuk ke cara mencuci topi yang benar, kamu terlebih dahulu harus mengecek label instruksi pencucian yang biasanya ada di bagian dalam topi.

Dengan label tersebut kamu nantinya akan tahu cara mencuci topi yang mudah atau cara mencuci topi yang berjamur.

Lalu, apakah topi  bisa dicuci dengan mesin atau manual dengan tangan? Lalu bagaimana cara mengeringkan atau pun menjemur nya.

Pasalnya setiap produsen topi akan menyertakan label tersebut sebagai sebuah guide dalam merawat topi. Namun jika kamu tidak menemukan atau memilikinya, kamu bisa mencuci topi tersebut menggunakan cara yang umum, yang akan dijelaskan pada artikel ini.

2. Siapkan topi kotor, lindungi bagian sablon dengan plastik

Source Image by https://laundress.ips.photos/

Jika kamu ingin mencuci atau laundry topi, maka kamu harus sudah menyiapkan sebuah topi nya. Hehe. Usahakan topinya yang kotor, karena kalo topi yang bersih ngapain juga dicuci apasih min.

Bilamana topi kamu memiliki gambar yang disablon dan bukan dibordir, ada baiknya kamu tutupi dulu bagian sablon itu dengan sebuah plastik.

Dikhawatirkan nantinya sablon tersebut akan luntur terkena cairan pencuci noda pada topi begitu.

3. Mempersiapkan detergent dan air dingin di dalam ember

Sorce Image by dreamstime.com

Baru setelah kamu menutupi logo sablon itu, kamu bisa langsung teruskan ke tahap ini. Dalam mencuci sebuah topi, baik cara mencuci topi converse atau pun cara mencuci topi new era.

Langkah pertamanya yang dilakukan tetap sama. Yakni mempersiapkan tempat pencucian guna mencuci dan merendam topi tersebut.

Yakni biasanya sebuah air dingin yang ditaruh ke dalam ember. Ingat air dingin, ya? Jangan yang panas atau pun hangat karena air yang demikian hanya akan merusak sablon pada topi.

Selain itu, kamu pun harus menyiapkan pula yang namanya detergen atau penghilang noda. Usahakan untuk detergen yang tanpa pemutih, dan penghilang noda pun jangan yang terlalu keras. Sebab ditakutkan nantinya hanya akan merusak serat kain pada topi.

Baru tuangkan detergen tersebut ke dalam ember yang terisi air secukupnya. Buatlah busa dari detergen tersebut.

4. Masuk ke tahap pencucian parsial

Source Image by artofmanliness.com

Maksud pencucian parsial di sini adalah dengan cara membersihkan hanya pada permukaan topi yang memiliki noda.

Kamu bisa melakukan cara mencuci topi dengan tangan, yakni dengan mengoleskan pembersih noda seperti vanish di sebuah topi. Atau bisa juga dengan memasukan pembersih ke dalam botol spray.

Kemudian semprotkan pada areal yang ingin kamu bersihkan. Setelah noda tersebut terkenal oleh pencuci noda, kamu tinggal gosok secara pelan menggunakan noda.

Coba sedikit-sedikit sampai dengan noda pada topi terangkat secara menyeluruh begitu.

5. Tahap pencucian menyeluruh

Source Image by https://www.sportsmomsurvivalguide.com/

Jika tadi hanya mencuci secara tipis-tipis, sekarang kita akan masuk ke tahap pencucian secara menyeluruh. Yang berarti mencuci pada bagian depan topi, belakang topi, dan terpenting areal putih yang terkena keringat.

Kamu bisa menggunakan semprotan tadi secara masif atau bisa juga kembali menggunakan penghilang noda dengan tangan. Jangan lupakan pula bagian dalam topi yang biasanya akan mudah kotor terkena noda dari rambut.

6. Masukan topi ke air sabun

Well, setelah dibersihkan, saatnya merendam topi tersebut ke dalam ember detergen tadi. Fungsinya agar setiap kotoran yang sudah digosok bisa terangkat dan bersih seperti semula.

Khusus yang sablonnya dilindungi dengan plastik, tetap lakukan secara hati-hati. Bila sekiranya merepotkan atau menghambat, mending tidak usah direndam saja. Dengan catatan noda kecil sudah terangkat dan topi sudah diberikan pengharum agar wangi begitu.

7. Keringkan dengan lap

Source Image by https://capthatt.com/

Setelah direndam selama 5 menit, saatnya masuk ke proses pembilasan, lalu bersihkan sekaligus keringkan. Terdapat dua cara untuk melakukannya, yakni:

Pertama, menggunakan handuk kering. Kamu dapat menggunakan handuk kecil untuk mengeringkan lewat cara mengelap, merembes, dan menyerap air di topi secara pelan-pelan.

Siapkan pula kain tersebut untuk mengisi topi ketika hendak dijembur, agar bentuk topi tidak berubah mengikuti diameter bagian dalam topi.

Kedua, menggunakan sikat gigi. Ini khusus untuk topi sablon tadi, karena tidak direndam maka bisa dibersihkan secara kering menggunakan sikat gigi bekas. Dana hanya gosok pada bagian yang ternoda saja.

Bonus :

Setelah semuanya selesai, kamu tinggal menjemur topi di tempat teduh tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Jadi cukup dianginkan saja begitu.

Penting :

  • Jangan melakukan cara mencuci topi dengan mesin cuci bila tidak ada instruksi nya.
  • Jangan menjemur di tempat yang panas dan terik.
  • Jangan mengeringkan dengan hair dryer panas.
  • Jangan mencuci topi tanpa isi, usahakan isi bagian dalam topi meski dengan kain saja.\

Well itulah tantang 7 cara mencuci topi yang benar. Menurut Admin sih cara ini pas banget buat mencuci topi custom dari Ciptaloka.

Semua step di atas pun sesuai untuk digunakan dalam cara mencuci topi baret. Jadi, gimana? Kamu sudah siap mencobanya?

BACA JUGA:

1. Intip! 5 Cara Mudah Merawat Topi Baseball Kesayangan Kamu

2. Jangan Asal Pakai! Ini Topi yang Cocock Kamu Pakai dengan Hijab

3. Ini 7 Jenis Topi Keren dan Kegunaannya yang Wajib Kamu Tahu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here