Inilah Perbedaan Baju Pria dan Wanita yang Kamu Wajib Tahu

0
2380
views

Ciptaloka.com – Apa kamu tau perbedaan baju pria dan wanita? Meski dilihat sekilas mungkin kita tidak akan menemukan perbedaan besar antara keduanya. Tapi pernahkah kamu memikirkan alasan kenapa setiap brand pakaian biasanya memberikan name tag male dan female pada pakaian yang diproduksinya.

Dari situ jelas bahwasanya ada perbedaan pada pakaian pria dan wanita. Jika kamu melihat secara detail pakaian yang kamu pakai, tentu akan ditemukan perbedaan antara yang dipakai pria dan wanita.

BACA JUGA: Awas Tertipu! Kenali Perbedaan Kualitas Produk KW, Oem, Ori

Meski masih banyak yang tidak menyadari dan memperhatikan, mengetahui perbedaannya secara detail cukup perlu. Simak penjelasan berikut ya, mengetahui perbedaan pakaian pria dan wanita ini penting loh!

Perbedaan Baju Pria dan Wanita Secara Umum

Dilihat sekilas dari bentuk bajunya mungkin kita tidak akan menemukan perbedaan. tapi tahukah kamu baju pria dan wanita itu mempunyai perbedaan secara umum dari cara jahitnya.

Salah satu perbedaan yang mencolok pada cara mengobras jahitan baju atau pakaian wanita, yang selalu diobras di setiap kain tapi tidak termasuk pada bagian tengah.

Sedangkan pakaian pria, semua obras yang ada pakaian pria dibuat menyatu. Pada pakaian pria bahkan ada beberapa yang tidak diobras tetapi hanya ditimpa dengan jahit sarung.

Perbedaan lainnya yaitu hampir semua pakaian wanita terutama bagian leher, lengan, dan bagian bawah baju selalu di sum. Sedangkan untuk pakaian pria bagian leher, lengan, dan bagian bawah bajunya selalu dijahit kecuali untuk bagian bawah celana.

Celana pada pria dan wanita juga mempunyai perbedaan. Dari bentuknya celana wanita untuk bagian pinggang cenderung lebih ramping dan bagian pinggul dibuat sedikit lebih besar karena wanita biasanya mempunyai pinggul yang lebih besar dari pinggang.

Sedangkan pada pria, celana bagian pinggang dan pinggul dibuat tidak jauh berbeda ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh pria pada umumnya. 

Dengan penjelasan di atas, apakah kamu masih menganggap pakaian lelaki dan perempuan itu sama?

Toh ternyata terdapat perbedaan yang lumayan banyak kan. Perbedaan untuk baju lelaki dan perempuan cukup signifikan, pun pada bagian celana lelaki dan perempuan. Lalu bagaimana dengan jenis baju yang berbagai macam? apakah juga terdapat perbedaan antara lelaki dan perempuan? yuk sama sama kita bahas.

Cara Membedakan Kemeja Pria dan Wanita

Seperti yang kita tahu, pakaian jenis kemeja selalu identik dengan baju yang berkancing di depan, karena kancing-nya itulah pakaian tersebut disebut kemeja. Kemeja mempunyai dua jenis yaitu lengan panjang dan juga lengan pendek.

Lalu apakan kamu juga sudah tahu kalau letak kancing untuk kemeja pria dan wanita berbeda? Jika kamu kurang memperhatikan mungkin tidak akan menemukan perbedaan itu, padahal pada dasarnya letak mereka memang berbeda sekali loh.

Contohnya, pada bagian kancing kemeja pria biasanya terletak di sebelah kiri sehingga lubang kancingnya berada di bagian kanan.

Sedangkan pada kemeja wanita mempunyai posisi kancing sebaliknya, kancingnya berada di sebelah kanan dan lubang kancing ada di sebelah kiri.

Bagaimana sudah bisa membedakan kemeja pria dan wanita bukan? cukup mudah kalau kamu memperhatikannya dengan baik.

Lalu, bagaimana blouse vs kemeja? Masih banyak loh yang mengira blouse sebenarnya sama dengan kemeja. Hal ini salah, blouse berbeda dengan kemeja.

Jika kemeja identik baju basic dengan kancing didepan serta kerah dibagian leher. Sedangkan blouse lebih banyak modifikasi dari bentuknya.

Beberapa blouse tidak terdapat kancing dan kerah, meski bentuk dan bahannya biasanya hampir mirip kemeja tapi perintilan hiasan nan cukup membuat blouse lebih kompleks dan girly berbeda dengan kemeja.

Cara Membedakan Crewneck Pria dan Wanita

Menggunakan crewneck memang sedang trend di semua kalangan baik pria maupun wanita. Selain karena motif dan pilihan warnanya yang banyak, pemakaian crewneck membuat kita lebih terlihat simpel tapi tetap trendy.

Tahukah kamu kalau crewneck pria dan wanita itu juga sebenarnya berbeda? Pperbedaan crewneck pria dan wanita jika dilihat sekilas tidak jauh berbeda bukan tetapi jika dilihat dari ukuran, akan terlihat cukup berbeda antara pria dan wanita.

Mari ambil contoh crewneck ukuran S pada wanita akan berbeda dengan crewneck ukuran S pada pria, mungkin saja jika kamu seorang wanita menggunakan crewneck ukuran S akan pas tetapi saat menggunakan crewneck ukuran S pria akan terlihat kebesaran.

Dari segi pemilihan warna dan motif juga cukup berbeda. Pada wanita cenderung pemilihan warna-warna yang girly dengan motif yang cantik dan lucu. Sedangkan pria biasanya crewneck yang digunakan memiliki warna-warna gelap dengan motif simpel dan warna motif yang tetap konsisten dengan warna-warna pria.

Meskipun ada perbedaan antara crewneck pria dan wanita, di era sekarang penggunaan ukuran crewneck tidak terlalu diperhatikan apakah pas di badan pria atau wanita. Hal ini karena pandangan fashion sekarang melihat pakaian yang oversize justru terlihat lebih trendy, jika orang yang mengenakannya bisa memadukan outfit yang tepat.

Dari pemilihan warna dan motif orang-orang sekarang lebih cenderung menggunakan warna-warna dan motif yang unisex sehingga bisa digunakan oleh wanita maupun pria.

Jenis baju lain semacam crewneck juga berbeda untuk pria dan wanita salah satunya hoodie. Perbedaan hoodie pria dan wanita tidak jauh berbeda dengan crewneck, yang membedakan hanya saja hoodie kebanyakan terdapat topi yang tersambung dengan baju sedangkan crewneck hanya berbentuk baju biasa.

Cara Membedakan Kaos Pria dan Wanita 

Kaos tentunya merupakan pakaian yang tidak asing lagi bagi kita, karena hampir dikenakan setiap hari. Hal ini karena hampir semua orang menyukai kaos dan menjadikan pakaian ini salah satu baju ternyaman yang bisa digunakan kemana saja.

Jika kamu adalah orang yang memperhatikan sesuatu secara detail, mungkin beberapa perbedaan antara kaos pria dan wanita ini sudah tidak asing lagi bagi kamu.

Dilihat dari bentuk baju kaos secara menyeluruh akan ditemukan perbedaan pada bentuk sisi sampingnya. Biasanya pada kaos wanita akan lebih membentuk badan yaitu menyerupai bentuk jam pasir.

Sedangkan pada pria, biasanya berbentuk datar. Dari lengan baju pada pria akan lebih panjang dibandingkan dengan lengan baju kaos wanita. Bagaimana masihkah kamu bingung membedakan antara item fashion pria dan wanita?

Di atas sudah dijelaskan mengenai perbedaan baju pria dan wanita secara rinci. Semoga informasi itu dapat bermanfaat ya, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here