Q&A : Cetak Id Card atau Kartu ID Satuan Bahan PVC Premium

Produknya sudah ada di Ciptaloka.com loh~

0
108
views

Ciptaloka.com – Banyak sekali artikel tentang cetak di card satuan di dunia maya. Kebanyakan dari mereka mencari informasi yang detail semisal tentang: “Apa itu ID card?” Lalu “Apa saja jenis kartu ID card?” Pun “kenapa ID Card itu penting?”

Selain 3 pertanyaan umum di atas, sebetulnya masih banyak lagi hal tentang cetak di card bahan pvc, yang ingin pula mereka ketahui. Sayangnya, berdasarkan pada pertanyaan dan jawaban di mesin pencari, kamu hanya menemukan jawaban yang terpisah dari satu artikel ke dua atau bahkan lima artikel lain.

Nah daripada harus baca satu per satu, yang mana hanya akan menghamburkan waktu berharga kamu, Ciptaloka akan dengan senang hati membantu. Makanya kami telah meringkas pertanyaan dan jawaban seputar ID Card di bawah ini. Jadi langsung saja:

Kompilasi Q&A Seputar Produk Cetak Id Card Satuan Bahan PVC Premium

Produknya sudah ada di Ciptaloka.com loh~

1. Apa yang dimaksud dengan kartu ID?

https://www.freepik.com/free-vector/gradient-medical-id-card_17538940.htm

Secara umum, istilah ID CARD lebih dikenali dibanding kartu ID. Sebab faktanya Kartu ID hanyalah translasi atau alih bahasa dari ID CARD yang notabene berasal dari Bahasa Inggris.

Kartu ID pun adalah singkatan dari kata “Kartu Identitas”, karena “ID” itu sendiri berdiri untuk kata “Identitas” atau dalam Bahasa Inggris disebut identity.

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan kartu ID adalah kartu berisi informasi tentang data diri (identitas/identity). Gimana masuk akal kan?

2. Jenis id card apa saja?

https://www.freepik.com/free-vector/abstract-geometric-real-estate-id-card_17538840.htm

– Regular ID Card

Adalah contoh id card yang biasa, berukuran sepereti kartu dan umumnya berbahan PVC seperti cetak di card custom dari Ciptaloka INI.

Pada halaman depan biasanya diisi informasi baik data diri, surat izin menemudi, bahkan kartu vaksinasi yang bisa dicetak secara mandiri menggunakan mes cetak id card khusus. Begitu.

– Jenis E-Money ID

Yakni sebuah kartu e-tol atau e-money yang dikustomisasi menjadi ID Card. Jadi bagian depan atau belakangnya bisa digunakan untuk melakukan tap cash tol, transportasi, dan berbelanja di merchant tertentu sesuai kartu e-money bank yang dipilih. Semisal : BCA, BRI, dan BNI.

– Magnetic ID Card

Untuk yang satu ini jelas berbeda jauh dari kedua kartu di atas. Sebab keunggulan utama kartu ini ialah berupa pita magnet berwarna hitam di bagian belakangnya.

Magnetic strip itu pun memiliki kegunaan menampung sebuah data. Sehingga bila digesekkan pada mesin tertentu, akan muncul data diri maupun data penting lainnya sesuai isinya.

3. Berapa bikin id card?

Guna mendapatkan harga yang paling murah, biasanya ID Card harus dicetak dalam kuantiti yang lebih banyak. Misal..

  • Cetak id card murah, qty di atas 1.000 pcs bisa berkisar antara Rp. 1,500
  • Sedangkan bila buat id card berjumlah sebanyak 5,000 pcs. Kisaran harga kartu ID bisa urun lagi berkisar antara Rp.1,000 s/d 2,000 saja.

Paham kan letak beda-nya? Tapi jika kamu hanya butuh ID Card sebanyak 1 pcs saja, Ciptaloka bisa kok membantunya dengan harga sekitar Rp. 10,000 saja.

Kalau di yang lain, cetak 1 itu tidak bisa dan tidak mudah, kadang ada yang kasih harga lebih mahal loh ya~ Coba bikin aja dulu GRATIS di SINI.

4. Kenapa id card penting?

https://www.freepik.com/free-vector/gradient-real-estate-id-card-template_17894847.htm

Ya karena dengan kartu tersebut, suatu negara bisa mengetahui jumlah penduduknya, tingkat ekonomi mereka, dan keberlangsungan program mereka.

Lalu sebuah perusahaan dapat mengenali karyawan mereka, memiliki data yang akurat tentang mereka.

Pun ID Card dapat memberikan nilai lebih bagi seseorang, jika kartu tersebut dibuat custom dengan desain yang identik dan keren.

So, dijamin bakal memperkokoh personal branding-nya loh. Dengan begitu, masihkah perlu pertanyaan tentang “Seberapa penting ID Card?”

5. Apa KTP termasuk id card?

https://www.freepik.com/free-vector/business-id-card-with-minimalist-elements_10587741.htm

Hmm. Dari segi nama, KTP adalah singkatan untuk Kartu Tanda Pengenal, which is kalo kita translate ke Bahasa Inggris berarti Identity Card. Jadi jelas kalau KTP bisa dibilang termasuk ke dalam ID Card secara umum.

Adapun sebaliknya, ID Card secara khusus bisa meliputi ID Card Perusahaan, Organisasi, atau pun KTM (kartu tanda mahasiswa) dan sejenisnya.

6. Informasi apa yang Anda temukan di kartu identitas?

https://www.freepik.com/free-vector/abstract-business-card-template_5298877.htm

Dalam hal ini, biasanya informasi mendasar seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Alamat, No. HP, Tempat Tanggal Lahir, dan Golongan darah.

Teruntuk kartu identitas perusahaan pun institusi pendidikan akan berisi info yang berbeda dengan sedikit penambahan/pengurangan semisal untuk perusahaan; nama divisi, nomor karyawan, jabatan.

Sedangkan untuk sekolah atu kampus: nomor siswa, jurusan, alamat, dan no. Hp.

7. Cara membuat id card?

Untuk contoh kamu bisa buat secara langsung di situs Ciptaloka.com. Dengan langkah sebagai berikut:

*jika kamu sudah punya desain

– masuk ke link ini: https://www.ciptaloka.com/editor_custom_id_card-468

– upload design id card

– atur posisi dan selesai

*jika belum punya lanjut baca:

8. Apakah ada template desian id card?

Tentu ada, beberapa diantaranya memberikan opsi untuk menggunakan yang tipe GRATIS atau BERBAYAR. Contoh tampilan template desain yang gratis seperti di gambar ini:

https://www.freepik.com/free-vector/creative-id-cards-template-with-photo_9901924.htm

LINK TEMPLATE DESAIN ID CARD GRATIS!

Sedangkan untuk yang berbayar kamu bisa cek gambar yang satu ini :

LINK TEMPLATE DESAIN ID CARD PREMIUM BERBAYAR!

Nah mau yang mana? Tinggal kamu pilih saja ya~

9. Di mana tempat membuat id card yang murah dan bagus?

Wah parah nih! Sudah dibantu tapi masih nyari tempat bikin id card yang murah? hmm~

Tentu kalau kamu mau bikin id card satuan, dengan hasil cetakan yang menawan plus packing dan data aman, ya di Ciptaloka aja gan!

Coba langsung kamu bikin deh, gratis kok kalau cuma mau bikin ilustrasi saja. KLIK INI!

BACA JUGA:

1. Berikut 3 Langkah Mudah Mengembalikan Warna Baju yang Luntur

2. Adu Kualitas 8 Perbedaan Soft Case Ultra Thin dan Anti Crack

3. Tanya-Jawab Seputar Mesin Sablon DTF. Teknologi Terbaru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here