Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Souvenir Pernikahan

Bukan Cuma Dilihat Murah dan Unik aja lho~

0
151
views

Ciptaloka.com – Banyak hal yang perlu kamu persiapkan dalam mengadakan sebuah pesta pernikahan. Di samping make up mempelai, dekorasi, venue, makanan, hiburan dan tema pernikahan, kamu pun perlu pula menyiapkan yang namanya souvenir pernikahan.

Ya, souvenir atau cinderamata pernikahan tersebut mungkin seringkali kamu sepelekan dan tak jarang juga terlupakan oleh sebagian orang. Akan tetapi sejatinya hal tersebut bisa termasuk important list dan harus ada.

Pasalnya souvenir tersebut memegang peranan kunci sebagai sebuah bentuk apresiasi pada para tamu, karena telah bersedia menyisihkan waktu berharganya guna hadir dalam acara perkawinan yang kita helat.

Jadi, kalau gak ada yang namanya souvenir pernikahan tadi kebayang dong gimana perasaan tamu yang datang?

Nah, bicara-bicara soal souvenir pernikahan murah, sejauh pencarian Admin banyak lho tersedia beragam souvenir murah sekaligus unik. Tapi sebelum kamu buru-buru menentukan, ada baiknya kamu baca ini dulu deh:

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Menentukan Souvenir Pernikahan

Bukan Cuma Dilihat Murah dan Unik aja lho~

Menganalisa Tamu Undangan

Photo by Samantha Gades on Unsplash

Menurut pengalaman Mimin, sebelum kamu terburu-buru memilih untuk membeli souvenir apa, ada baiknya kamu analisa dulu dari tamu undangan yang mungkin hadir ke pesta pernikahan yang kamu adakan.

Maksud dari analisa tersebut, tidak harus mendalam, minimal kamu mengetahui dua hal yakni; jumlah tamu yang akan datang serta perkiraan yang akan hadir berada pada rentang umur berapa saja.

Mengapa harus demikian?

Karena dengan cara itu kamu jadinya tahu berapa jumlah tamu, yang nantinya akan mempermudah kamu pula dalam menentukan berapa banyak souvenir yang hendak dibuat.

Sedangkan dengan mengetahui rentang umur  yang dominan hadir, kamu juga jadi tahu apa yang akan kamu beli atau jadikan sebagai souvenir pernikahan.

Penjelasan lebih jelasnya baca terus ya…

Mempersiapkan Budget

Photo by bady qb on Unsplash

Biasanya souvenir pernikahan memang akan memiliki harga yang murah. Sebab benda-benda itu akan dibeli dalam jumlah yang banyak, artinya harga grosir sudahlah pasti kamu dapat.

Makanya setelah tahu jumlah tamu yang diperkirakan akan hadir tinggal kalikan saja kira-kira kamu akan menganggarkan budget souvenir yang harga berapa untuk setiap mereka yang hadir. Apakah yang Rp. 5,000 atau Rp. 10,000?

Misal : jumlah tamu 500 x souvenir seharga 5,000 jadi total budgetnya 2,500,000

Menentukan Apa yang Akan Jadi Souvenir Pernikahan Kamu

Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Well, karena sudah tahu jumlah yang akan dibuat kamu tinggal menentukan benda apa nih yang cocoknya jadi souvneri pernikahan kamu.

Apakah yang unik dan beda dari yang lain semisal tanaman pohon mini? Atau yang mainstream seperti benda kecil yang kebanyakan tidak tamu butuhkan? Tentu dalam tahap ini pasti pusing bukan?

Nah, itulah gunanya kamu mengetahui rentang umur tamu yang akan hadi dalam pernikahan kamu. Sebab dengan begitu kamu jadi lebih tahu kira-kira umuran mereka- mereka itu cocoknya dikasih apa.

Apakah gantungan kunci akrilik custom yang bisa digambar suka-suka? Atau mug enamel bertemakan vintage custom?

More Tips: Dalam Menentukan Souvenir Pastikan Kegunaannya

Yap! Ini masih relevan sama bahasan sebelumnya, sebelum kamu menentukan membeli salah satu dari keduanya, pastikan souvenir itu memiliki nilai guna bagi para tamu undangan kamu.

Misal kalau mug enamel kecil tadi, kan bisa berguna buat mereka pakai sebagai gelas sehari-hari. Apalagi kalau gantungan kunci, ya lumayan bisa menambah koleksi gantungan pada kunci mereka.

Begitu yang dimaksud dengan fungsi. Apapun itu yang kamu beli, pokoknya jangan sampai souvenir pernikahan yang kamu beerikan berakhir di keranjang sampah. Ya?

More More Tips: Pastikan Sesuai dengan Tema Pernikahan Kamu

Buat yang masih bingung mau beli souvenir apa, ini Admin ada sedikit ulasan juga: Dijamin Unik! Ini 6 Ide Souvenir Pernikahan Murah juga Mewah

Dari keenamnya tinggal cek dan sesuaikan dengan tema pernikahan yang kamu angkat. Misal temanya, white and love kamu bisa kasih souvenir mug berbentuk hati, ya kan? Atau kalau temanya luxury, agaknya souvenir blok crystal custom kayak gini juga lucu deh.

And that’s all tentang  5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Menentukan Souvenir Pernikahan.  Sebab sudah tahu, silakan kamu tentukan, sekarang~

BACA JUGA:

1. Cara Membuat Background Photo Booth Pernikahan Sendiri

2. 9 Alternatif Hadiah Pernikahan yang Berguna, Selain Uang dan Ucapan. Dijamin Terunik!

3. Kumpulan Tanggal Cantik di Tahun 2020, Cocok untuk Menikah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here