Kiat Jitu dalam Menghemat Budget Pernikahan di era Milenial

Baca nih sama kamu~

0
364
views
Photo by Katie Harp on Unsplash

Ciptaloka.com – Dari tahun ke tahun, pasti yang namanya biaya pernikahan akan semakin mahal. Apalagi bila hendak mengadakan pesta pernikahan di momen-momen setelah lebaran, dimana banyak orang yang menikah pula. Siap-siap deh kamu mengeluarkan budget yang tinggi.

Di mesin pencari pun orang-orang mencoba menemukan kira-kira bisakah mengadakan pesta dengan budget nikah 10 juta atau budget pernikahan 30 juta. Hmm sebenarnya bisa bisa aja sih bikin yang begitu, jadi baiknya perhatikan dulu ini nih:

Kiat Jitu dalam Menghemat Budget Pernikahan Milenial

Baca nih sama kamu~

Membuat List dan Memastikan Budget Kebutuhan

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Supaya bisa membuat pesta pernikahan yang hemat, first kamu harus bikin rincian pernikahan terlebih dahulu. Buat dalam bentuk tabel budget pernikahan dan microsoft excel nya supaya rapi.

Dengan begitu kamu bisa tahu apa saja yang kamu butuhkan. Jangan lupa kamu pastikan pula budget dari kebutuhan-kebutuhan itu, agar pada akhirnya kamu bisa pula menempatkan keuangan yang tepat.

Contoh rincian biaya pernikahan tahun 2019:

Dari List itu, Pilih yang Penting

Photo by Frank Vessia on Unsplash

Nah jika sudah punya list-nya, tinggal kamu pilih saja kebutuhan yang penting dahulu. Biasanya dalam pesta pernikahan itu ada 3 elemen penting yang wajib kamu siapkan dan prioritaskan, yaitu: katering, tempat, dan dekorasi/make up.

Sebab ketiganya sangat berhubungan. Pertama katering, berurusan dengan perut tamu, jadi pasti penting. Kedua, tempat pun berhubungan dengan kenyamanan tamu, pastikan tempat yang muat dengan jumlah undangan. Ketiga baru deh dekorasi/make up, supaya kamu enak dilihat sama tamunya.

Tentukan Paket Pernikahan

Photo by Wijdan Mq on Unsplash

And then, untuk urusan 3 hal yang tadi baru deh kamu pilih kira-kira ada gak sih paket katering plus tempat dan dekorasi dengan biaya persentase pernikahan 30 juta?

Kalau ada kamu bisa langsung tenang karena bisa membuat pesta pernikahan. Nah untuk rincian sisanya, kamu bisa mulai dengan:

Memanfaatkan Relasi

Photo by Austin Distel on Unsplash

Well buat urusan yang lainnya kamu bisa deh memanfaatkan relasi. Misal soal foto pre-wedding dan dekorasi kamu bisa tuh cari teman yang jago foto, tinggal modal traktir murah aja bisa dong?

Terus soal baju Nikah serta seragam, bisa dong mencari dan menyewa yang murah-murah gitu. Begitu juga dengan hiburan, bisa deh dibantu teman yang jago main gitar akustik plus punya sound system, tinggal sediakan listrik dan teman yang mau nyanyi-nya aja.

Membentuk Panitia dengan Keluarga

Photo by Tyler Nix on Unsplash

Berikutnya, untuk urusan organizing di hari H pernikahan, kamu bisa minta bantuan kerabat dekat. Bisa mulai keluarga, saudara, serta sahabat.

Bikin deh kepanitiaan apa aja yang dibutuhkan. Barangkali buat mc, penerima tamu, mobile crew, catering, dan banyak lagi deh.

Another Tips: Meminimalisir Jumlah Tamu Undangan

Photo by Nick Fewings on Unsplash

Sebab temanya menghemat, ada tips lainnya yang bisa kamu aplikasikan nih. Semisal meminimalisir rincian anggaran biaya pernikahan dengan menyeleksi orang-orang yang akan kamu undang ke pernikahan.

Ada baiknya kamu mulai dulu bikin list dari mulai keluarga, saudara, sahabat, teman dekat, teman, dan orang yang kamu kenal. Nah sortir aja yang kiranya penting dan mau kamu undangan.

More Another Tips: Press Budget yang Gak Penting

Photo by Michael Longmire on Unsplash

Sekali lagi, karena kamu pingin hemat, kamu harus pilih dulu dari list tadi mana ada yang bisa press pengeluaran nya.

Apakah mengganti souvenir pernikahan dengan yang murah seperti yang ada pada artikel ini: Dijamin Unik! Ini 6 Ide Souvenir Pernikahan Murah juga Mewah atau mau mengganti tempat pernikahan dari tadinya di luar menjadi di rumah agar lebih hemat?

Bisa aja sih. Intinya pernitungan biaya nikah yang ada di list awal tadi tinggal di press/ganti sama yang murah.

Segitu dulu artikel tentang Kiat Jitu dalam Menghemat Budget Pernikahan.  Menurut kamu gimana nih?

BACA JUGA:

1. Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Souvenir Pernikahan

2. Kumpulan Tanggal Cantik di Tahun 2020, Cocok untuk Menikah?

3. Cara Membuat Background Photo Booth Pernikahan Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here