Kamu Sudah Tahu Letak Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie?

Simak baik-baik ya~

0
317
views

Ciptaloka.com – Kamu pasti sudah tahu bahwa sejak lama pakaian terbagi ke dalam dua kategori. Ada yang namanya “daleman” (inner) dan “luaran” (outer).

Beberapa pakaian yang harus dipakai di dalam biasanya meliputi kaos dalam, bra, kancut, dan baju kaos. Sementara untuk outer atau luaran itu termasuk jaket, sweater, hoodie, sweatshirt, serta pull over.

Sehubungan dengan item fashion berupa outer tadi, apakah kamu sudah bisa  membedakan semuanya? Percaya tau tidak. Kadang masih ada loh orang yang menyebut sweater sebagai jaket. Adapula yang menyebut hoodie sebagai sweater, dan seterusnya.

Maka dari itu, untuk memutus ketidaktahuan kamu, Ciptaloka akan mencoba membahas perbedaan dari ketiganya.

Yuk! baca artikel Ciptaloka berikut ini:

Sering Dikira Sama! Inilah Letak Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie

Simak baik-baik ya~

Sebelum artikelnya dimulai serta agar lebih mudah kamu pahami, kita akan mempersempit penjelasan ketiganya berdasarkan pada 3 hal, yakni: Tampilan Bentuk, Ciri Khas, dan penggunaan. Langsung deh:

1. Jaket

  • Tampilan

Jaket biasanya tersedia ke dalam beragam tampilan. Satu bentuk yang standar biasanya berupa panjang yang tidak melebihi pinggang bagian bawah jaket, bagian lengan yang cukup panjang, serta bagian depan ritselting tanpa kerudung.

Namun di era fashion yang dinamis seperti sekarang jenis jaket sudah mengalami banyak perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat kita sekarang.

Semisal kalau cuaca dingin, memakai jaket bomber custom lebih disarankan karena bahan bagian dalamnya lebih tebal. Apalagi kalau kamu kombinasi dengan kaos custom, dijamin bakal lebih aman dalam menghangatkan deh.

Sementara jika kamu berada dalam situasi cuaca yang panas, kamu bisa pilih jaket berjenis parasut atau jeans yang tipis serta adaptif. Sebab keduanya akan mempermudah sirkulasi udara di baganmu jadi kamu akan merasa nyaman, tidak mudah gerah ketika dipakai.

  • Ciri Khas

Ciri yang khas dari sebuah jaket adalah ketebalan, penggunaan bahan, serta kemampuan adaptif nya dalam beragam cuaca. Selain itu, jaket selalu memiliki ciri khusus berupa ritsleting nan selalu ada di bagian depannya.

  • Penggunaan

Jaket lebih umum digunakan ketika akan beraktivitas di luar ruangan dengan kendaraan pribadi atau berjalan kaki. Sebab dengan memakai jaket kamu jadi terlindungi dari angin atau cuaca yang dingin/panas.

Banyak pula yang menggunakan jaket sebagai pendukung tampilan, agar lebih fashionable begitu.

2. Sweater

  • Tampilan

Apa itu sweater? Bentuk sweater menyerupai kaos lengan panjang custom, namun dengan bahan yang lebih tebal seperti bahan fleece, baby terry, rajutan, dan katun. Tidak lua pada bagian rib dan ujung lengan dilengkapi dengan karet begitu.

Sweater terkenal sebagai salah satu item outer fashion yang memiliki fungsi sebagai penghangat tubuh.

Pasalnya penggunaan bahan-bahan pada sweater seperti di atas mampu memberikan kehangatan yang baik.

Ciri Khas: perbedaan sweater dan sweatshirt terletak pada tampilan bagian depannya. Ada Cardigan yang bagian depannya bisa dilengkapi kancing atau ritsleting.

Ada pula yang tanpa pembuka, seperti pull over sweater yang pemakaian hampir sama dengan kaos cukup langsung dimasukkan ke bagian kepala serta tangan.

Penggunaan : umumnya sweater custom digunakan sebagai outer pelengkap penampilan kasual, yang dikombinasikan dengan inner berupa kemeja. Jadi kamu akan terlihat lebih rapi sekaligus stylish sekali lho.

3. Hoodie

  • Tampilan

Apa itu hoodie? Benda ini bisa disebut sebagai evolusi lanjutan dari sebuah sweater. Pasalnya bentuknya tidak jauh beda dengan sweater. Hanya saja, hoodie sesuai namanya memiliki sebuah penutup kepala di bagian atasnya.

Penutup kepala itulah yang menjadi perbedaan kentara antara sweater dan hoodie. Jadi kamu jangan sampai salah lagi membedakannya, ya?

Kebanyakan hoodie memakai bahan katun fleece atau baby terry. Yang mana keduanya paling pas untuk menghantar hawa dingin dan panas.

  • Ciri khas

Sudah jelas bahwa ciri khas utama hoodie, terlihat pada bagian penutup kepalanya. Namun tahukah kamu selan itu kadang hoodie memiliki ciri berupa saku kanggoro di bagian depan.

Hal itu berlaku untuk jenis pullover hoodie atau tanpa ritsleting. Jadi memakainya sama dengan kaos tinggal geblos begitu.

  • Penggunaan

Sebab namanya outer, sudah pasti tahulah inti dari pemakaiannya harus di luar. Namun selain itu kamu masih bisa menggunakan hoodie ini untuk berolahraga atau melindung kamu dari panas dan dinginnya hujan yang turun.

Khusus yang sekolah dan kuliah cocok pilih sweater buat nutupin seragam dan kaos kamu. Dengan catatan sweater nya jangan basic polos dong, coba desain dan bikin satuan di situs ciptalpka.

Demikianlah kiranya penjelasan tentang jaket, hoodie, dan sweater. Kira-kira karena kamu sudah tahu, barang apa sajakah itu yang ada di lemari kamu banyak?

BACA JUGA:

1. Kenali Perbedaan Lengkap Tentang Bahan Kain Polyester, TC, Viscose, CVC, dan Hyget

2. Sudah Tahu 7 Perbedaan antara Sablon DTG vs Sablon Manual Ini?

3. 15 Gambar Lucu yang Akan Mengajari Kamu Pahitnya Kehidupan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here