Penjelasan Lengkap dan Ringkas tentang Bahan Fleece

Kamu pasti belum tahu.

3
12658
views

Ciptaloka.com – Bahan Fleece dalah kain tekstil yang terkenal akan sifatnya yang ramah terhadap lingkungan. Fleece dapat dibuat dari olahan plastik bekas, dan bahan recycle sejenisnya.

Guna mengetahui lebih tentang bahan Fleece, kamu bisa baca artikel dari Ciptaloka.com ini:

Penjelasan Lengkap dan Ringkas tentang Bahan Fleece

Kamu pasti belum tahu!

First things first,

Bagaimana Bahan Fleece itu Dibuat?

Penjelasan Lengkap dan Ringkas tentang Bahan Fleece
by www.peachfurfleece.com

Pada umumnya, bahan Fleece dibuat dari imitasi sebuah benang woll. Komposisi yang dicampur biasanya berupa; katun dan polyester, yang kemudian disebut dengan Fleece Polyester.

Ada juga, Fleece Bamboo yang berasal dari campuran bahan Fleece dan Cotton Bamboo, begitu seterusnya.

Bikin sweater bahan fleece satuan di sini!

Mula-mula, Fleece dibuat dengan rajutan benang yang dipelintir sampai membentuk sebuah kain. Ukuran antara benang dan rajut menentukan berat dan ketebalan kain Fleece.

Angka benang yang lebih tinggi menandakan benang akan jadi lebih halus dan ringan. Sementara angka ukuran benang yang rendah mengindikasikan bahan akan lebih lebat dan tebal.

Meraba Karakteristik Bahan Fleece

Penjelasan Lengkap dan Ringkas tentang Bahan Fleece
Photo by Volha Flaxeco on Unsplash

 

Guna memberikan gambaran yang ringkas, Kamu hanya perlu membayang sebuah tekstur kain di mana bagian luarnya lembut tapi agak berbulu.

Kemudian bagian dalam kainnya sangat hangat, dan mampu menyerap panas, air, atau keringat dengan baik.

Karakter lain dari bahan fleece adalah kemampuan uniknya dalam hal breath in dan breath out udara. So pasti, sirkulasi udara dari bahan tersebut sangatlah baik dibandingkan bahan kain Baby Terry misalnya.

Selain itu, elastisitas bahan pun sangat bisa diandalkan. Dapat dikatakan bahwa Bahan Fleece ini tidak mudah melar atau mengendor.

Bahan Fleece dipakai untuk…

Secara umum, bahan kain Fleece banyak digunakan sebagai bagian dalam jacket outdoor dan juga sweater. Akan tetapi, sifat bahannya yang baik untuk cuaca tropis, tak jarang membuat banyak produsen membuat produk lain dari Fleece itu.

Contohnya ada di 3 barang yang ada pada gambar di bawah ini:

fleece 2

Kebanyakan bahan seperti selimut atau kain kasur berasal dari Fleece. Alasannya selain menghangatkan, bahan itu pun mudah dibuat dan ramah pada lingkungan serta kulit manusia.

BACA BENTAR: 5 Langkah Mudah Membuat Desain Sweater Online di Ciptaloka.com (Lengkap + Gambar)

Cara merawat bahan fleece

Berbeda dengan Baby Terry, Bahan Fleece dapat Kamu cuci dengan menggunakan mesin. Asalkan Kamu mengatur suhunya di paling rendah dengan putaran paling lembut.

Penjelasan Lengkap dan Ringkas tentang Bahan Fleece
Photo by chrissie kremer on Unsplash

 

Satu hal yang harus kamu ingat, bahan Fleece tidak boleh dicuci dengan pemutih atau pelembut kain. Benda itu akan merusakan kemampuan daya serap dan ketahan air yang dimilikinya.

Jangan lupa juga untuk membalikkan antara bagian dalam kain ke luar, agar hasil cucinya tidak merusak barang kamu.

Desain sablon sweater fleece satuan, coba gratis!

Setelah dicuci, kamu bisa keringkan juga dengan mesin atau dijemur di tempat teduh. Yang pasti di mana pun tempatnya, kain ini mudah sekali mengering lho.

Terakhir, bila sudah kering, kamu bisa langsung lipat dan taruh di lemari. Jangan disetrika, karena Fleece tidak ramah akan panas benda yang berlebih. Bisa-bisa nanti malah akan meninggalkan bekas di barang kamu.

Pro dan Kontra Bahan Fleece

fleece 3
by http://www.themiamihurricane.com

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan di atas, bahan Fleece menaruh sebuah pro dan kontra di kalangan penggunanya.

Satu pihak mengatakan bahwa Fleece tidak tahan terhadap angin. Pendapat itu memang benar, karena yang namanya kain akan meninggalkan kerenggangan. Sudah pasti angin atau udara akan mudah keluar dan masuk.

Nah, tapi kendati angin menerpa, bahan ini masih bisa memberikan kehangatan lewat lapisan berbulu di dalamnya nan mampu menghantarkan panas tubuh yang diserap sebelumnya.

Sementara pendapat lain mengatakan bahwa bahan Fleece mudah menarik debu, serat, dan rambut. Well, memang benar sekali kain itu demikian.

Debu dan rambut dapat tertarik dengan gampang karena bulu-bulu halus yang ada pada bagian luarnya. Maka dari itu, supaya barang dengan Bahan Fleece kalian bisa bersih, haruslah rajin kalian rawat dan cuci dengan baik, ya?

Demikianlah ulasan lengkap tentang Bahan Fleece. Kalau kamu tertarik sama benda atau bahan ini, silakan cek koleksi sweater berbahan fleece yang bisa kamu tempel desain suka-suka, dan dipesan satuan ini, ya?

WAJIB BACA JUGA NIH:

1. Mengenal Jenis-Jenis Tinta yang Membedakan Hasil Sablon DTG dan Manual

2. Kenali Perbedaan Lengkap Tentang Bahan Kain Polyester, TC, Viscose, CVC, dan Hyget

3. Cara Membedakan Bahan-Bahan Kaos: Cotton Combed, Cotton Bamboo, Cotton Supima, dan Cotton Carded

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here