Cara Menghemat Uang Bagi Pelajar dan Generasi Milenial

0
67
views

Ciptaloka.com – Di era sekarang ini apa-apa makin mahal. Mulai dari bahan baku, bahan bakar, bahan makanan, dan bahan lainnya. Maka dari itu, ilmu pola hidup hemat pun sudan mulai harus diterapkan.

Tidak terbatas pada para pekerja, ibu rumah tangga, atau orang tua, sebab pelajar pun harus mulai diperkenalkan dengan namanya hidup hemat.

Nah, pastinya mendengar kata “hemat”, kamu akan berpikir keras dan menganggap erat kaitannya dengan penderitaan. Padahal tidak begitu loh.

Sebab poin utama dalam berhemat di sini hanya akan dibatasi pada penggunaan serta pemilihan barang semata. Agar bisa lebih murah, dan lebih lagi mengurangi banyak pengeluaran. Supaya lebih paham, mari langsung:

Tips Agar Hidup Kamu Lebih Hemat dan Sederhana.

Cek langsung ya.

Bersedekah atau Berbagi

Meski konteks di sini adalah cara menghemat uang, tapi bersedekah tetap harus berjalan. Sebab memberi kepada orang yang lebih membutuhkan itu tidak akan membuat kamu miskin seketika. Justru sebaliknya.

Bukankah hidup adalah perihal aksi-reaksi, kan? Maka bila dihubungkan akan ada titik temu yang tidak kamu duga. Misal hari ini kamu memberi 5rb, bisa jadi di hari nanti kamu akan mendapatkan 50rb.

Atau semisal kamu hanya bisa memberikan sebuah sarapan sederhana pada mereka. Tidak menutup kemungkinan, nanti kami akan mendapatkan makan siang istimewa dari orang yang tidak terduga. Percaya gak? Coba bukatiakn sendiri ya.

Mulailah Memasak

Teruntuk kamu yang sibuk, tentunya membeli makanan di luar dinilai sebagai Langkah praktis, ya? Sayangnya, biaya makanan sekarang paling umum minimal hampir ada di angka 10rb. Artinya dalam 1 bulan kamu makan saja, dan bila sehari dua kali, maka akan membutuhkan dana sekitar 600rb.

Berbeda dengan memasak, sebab dengan budget 1 minggu 50rb saja kamu sudah bisa makan sampai seminggu loh. Tidak perlu membeli bahan makanan yang rumit untuk dibuat. Cukup nasi, telur, sayuran, dan makanan instan. Sudah lebih dari cukup loh itu.

Pasalnya yang membuat mahal suatu harga makanan itu sebetulnya adalah nasi. Umumnya 1 porsi nasi bisa dihargai 5rb sampai dengan 10rb. So, dengan mengambil langkah untuk stock beras serta membuat nasi di rumah, jelas akan lebih hemat pastinya.

Mengemat Pengeluaran di Kamar Mandi

Coba cek di kamar mandi kamu. Apakah isinya ada sabun mandi cair, sikat gigi, sabun muka, dan pasta gigi? Jika ya, dari barang tersebut kira-kira mana yang menurut kamu paling boros? Apakah jawabannya sabun cair?

Jika ya, memang benda tersebut terbukti lebih boros dari sabun batang loh. Sebab selain buat mandi, benda itu digunakan sebagai sabun cuci tangan, sabun cebok, dan kadang shampoo, ya?

Makanya kurangi penggunaan benda tersebut dengan beralih ke sabun batang. Sebab pencuci tersebut lebih awet dibandingkan dengan produk yang cair loh.

Manfaat Bermehat dalam Berpakaian

Hal ini tentu akan erat sekali dengan model, bahan, dan bisa jadi warna. Nah guna menghematnya, kamu gak perlu harus beli baju murah kok. Cukup belilah pakaian yang memiliki warna netral, seperti hitam atau putih.

Khusus yang hitam, nanti pakaian tersebut akan mudah menutupi noda. Artinya kamu bisa pakai berkali-kali. Lalu kamu pun bisa mencuci sendiri karena akan jarang kelihatan kotor.

Khusus pakaian putih, memang agak susah untuk kamu cuci, namun akan lebih mudah kamu mix dan match dengan warna lain. Ibaratnya kamu bisa beli satu atau dua pakaian, sisanya kombinasikan dengan warna  pakaian lain yang senang kamu kenanakan.

Mengurangi Penggunaan Aksesoris

Aksesoris di sini bisa meliputi aksesoris pakaian, ruangan, atau penampilan. Khusus barang ini sekiranya kamu tidak perlu, dan aksesorisnya tidak berguna sebaiknya jangan kamu beli.

Apalagi jika aksesorisnya hanya diperlukan beberapa kali. Sudah sebaiknya jangan kamu beli. Pun jika ingin beli, pakaian yang memang berguna untuk kehidupan kamu sampai dengan nanti.

Mulai Menyeleksi Pakaian

Jika sudah tidak muat, langsung sedekahkan. Jika sudah rusak, langsung pakai sebagai kain lap. Jika masih bagus namun tetap kebanyakan, tidak ada salahnya kamu jual dan jadikan uang.

Banyak kok situs jual-beli pakaian bekas yang bisa menghasilkan uang. Daripada numpuk di lemari, tidak ada salahnya kamu jual untuk menambah penghasilan pribadi.

Tips Menabung atau Berinvestasi

Bila pengeluaran sudah mencukupi dan ada uang lebih, tidak ada salahnya kamu tabung atau juga investasikan. Baik berupa emas, saham, atau pun reksadana.

Dengan Langkah tersebut, kamu setidaknya akan punya cukup bekal di masa mendatang. Sebab investasi tersebut memang memerlukan waktu yang panjang untuk menghasilkan banyak uang.

Tidak ada salahnya bersusah di masa muda, guna mendulang banyak harta di masa tua. Betul gak?

Nah itulah  kiranya Langkah-langkah hemat yang bisa kamu praktikan di dunia nyata. Semoga beberapa atau semuanya bisa kamu aplikasikan segera.

Satu lagi, kalo mau belanja hemat di Ciptaloka, tersedia voucher potongan harga ongkos kirim yang bisa kamu pakai kala ada uang. Untuk lebih lanjutnya, silakan tunggu di Instagram @ciptaloka.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

BACA JUGA:

1. 11+ Alasan Agar Kamu Tidak Membuang Kaos Bekas Secara Sia-sia

2. Inilah 10 Peluang Bisnis Jualan Produk Online Tanpa Modal!

3. 9 Alternatif Hadiah Pernikahan yang Berguna, Selain Uang dan Ucapan. Dijamin Terunik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here