11+ Alasan Agar Kamu Tidak Membuang Kaos Bekas Secara Sia-si

Yuk cek dulu deh~

0
426
views

Ciptaloka.com – Bila sekarang kamu pergi ke lemari pakaian, tentu di sana akan terlihat banyak sekali pakaian yang tak terpakai kan? Bisa jadi di sana terdapat sebuah kemeja, macam-macam celana, dan juga beraneka warna kaos.

Nah, dengan pakaian se-tumpuk itu, apakah semuanya selalu kamu pakai? Pastinya kebanyakan tidak ya? Makanya dari pada memenuhi lemari dan jadi mubazir, kamu bisa lakukan beberapa hal.

Semisal bikin baju dari baju bekas, memberikan pakaian yang sudah tidak muat pada sanak saudara. Atau menyortir pakaian yang layak pakai untuk diberi ke lembaga panti asuhan yang membutuhkan.

Atau apapun itu, sebaiknya jangan dibuang sia-sia saja.

“Lah emang kenapa?”

Sebab ciptaloka punya:

11 Alasan Agar Kamu Tidak Membuang Kaos Bekas Secara Sia-sia

Yuk cek dulu deh~

Alasan pertama, karena masih bisa menjadi cuan

Bila kamu memiliki banyak waktu untuk menyortir pakaian tersebut, maka kamu pasti menemukan kaos atau pakaian yang masih bagus.

Bisa jadi karena dipakai, lupa menyimpan, tertumpuk, pun sudah kekecilan. Nah, sekiranya barang tersebut memang tergolong branded pun masih memiliki nilai jual, gak ada salahnya kamu coba pasarkan di media sosial.

Soal harga, lebih baik kamu jual setengahnya saja dari harga asli. Sebab masih dapat 50% keuntungan dari barang bekas itu sudah lumayan loh.

Ketimbang hanya disimpan dan tak dipakai, hanya menyi-nyiakan penyusutan nilai dari barang tersebut. Setuju gak?

Alasan ke-dua, karena masih bisa berguna

Bila sebelumnya berbicara tentang sebuah barang yang masih bernilai, maka yang sekarang ini bisa dibilang sebagai barang yang masih berguna. Maksudnya?

Ya, sederhananya dalam kategori ini dikhususkan pada pakaian yang memang murah, memang sudah agak koyak, pun memang sudah out of date.

Yang paling sering, semisal membuat sebuah daur ulang baju bekas dari jadi keset. Sebab kain dari benda ini adalah jenis katun yang memiliki kemampuan untuk menyerap cairan dengan cepat.

Alhasil  sebuah lap nan berasal dari kaos berbahan katun akan sangat berguna untuk membersihkan pun menyerap beragam cairan.

Alasan ke-tiga, karena bisa kamu buat kerajinan dari kain kaos bekas

Pada dasarnya, pakaian selalu memiliki beragam warna serta motif, ya kan? Jika kamu rasa ada sebuah kaos bekas dengan corak motif nan unik, jangan langsung dibuang begitu saja.

Coba deh buat menjadi sebuah aksesoris fashion berupa bandana. Untuk membuatnya tinggal ikuti video dari salah seorang youtuber ini:

Dengan demikian, barang bekas ini bisa kamu evolusi menjadi sebuah aksesoris nan keren serta unik, betul kan?

Alasan ke-empat, memanfaatkan baju bekas jadi hiasan

Sebetulnya hal ini berlaku bilamana kamu memiliki sebuah kaos custom yang dicetak dengan menggunakan desain berupa tipografi atau tulisan.

Jika kamu punya, kamu hanya tinggal memotong bagian kaos yang tercetak dengan sablon nya saja. Kemudian tempel pada sebuah frame kayu yang seperti ini:

Tempel nya bisa dipaku atau langsung menggunakan gun tacker. Rentangkan dengan sempurna, sehingga kaos itu berubah menjadi sebuah hiasan dinding seperti poster.

Alasan ke-lima, jadikan sebagai pakaian hewan peliharaan

Kalo kebetulan kamu punya peliharaan kucing atau anjing, cukup dengan beberapa langkah mudah kamu bisa ubah pakaian tak terpakai tadi menjadi pakaian mereka.

Untuk caranya, kamu bisa mulai langsung melihat video di bawah ini saja:

Setelah kamu selesai, coba langsung kenakan pada mereka. Tentu akan terlihat sangat cocok, ya? Alhasil baju kesayangan kamu tidak menjadi hal yang sia-sia deh.

Alasan ke-enam, bisa jadi selimut?

Benar kok, kamu gak salah baca. Sebab ada beberapa orang kreatif yang saking sayang sama kaos bekasnya, daripada dijual mending disatukan dan dibuat menjadi sebuah selimut keren loh. Nih ada salah satu contohnya:

Kebayang gak sih kalo bajunya merupakan produk branded nan mahal semua, nanti bisa dibilang sebagai sebuah selimut ter branded di dunia ini. Ya tapi pas awalnya gak kepikiran loh.

Siapa juga sih yang nekat mengubah baju bermerek terkenal nya menjadi selimut. Cuma pas ditelusuri ternyata ada, ya memang dunia ini diisi manusia bervariasi sekali~

Alasan ke-tujuh, ada kreasi baju bekas jadi tas

Well, di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai menerapkan pengurangan penggunaan kaos plastik. Alhasil tentu kamu harus membawa kantong sendiri dari rumah ya kan?

Memang banyak penjual nan menyediakan kaos tote, semisal Ciptaloka, yang punya produk tote bag kanvas custom satuan dan tote full print nan keren kayak gini nih:

Nah! Kalo kamu mau bikin sendiri kantong ramah lingkungan ini, tinggal buat dari kaos bekas kamu loh. Beginilah cara mudah bagaimana memanfaatkan baju bekas menjadi tas:

Ternyata caranya mudah sekali ya kan? Silakan coba langsung~

Alasan ke-delapan, merombak baju bekas jadi sarung bantal 

Memasuki alasan kedelapan, Ciptaloka punya lagi produk remake dari sebuah kaos yang berubah menjadi sebuah sarung bantal. Begini nih tampilan nya:

sumber gambar dari grid.id

Kalo kamu mau langsung punya, berikut ada langkahnya yang bisa kamu ikuti secara mudah sekali nih:

Alasan ke-sembilan, gelang berwarna-warni

Pastinya wana kaos kamu memiliki beraneka ragam warna. Ya kan? Dari warna itu, coba kamu pilih beberapa color yang sejenis pastel dan eye catching begitu.

Barulah potong dan kombinasi, kemudian simpul secara presisi agar menjadi sebuah gelang keren sejenis gelang tali paracord cutom dari Ciptaloka yang satu ini:

Kalo dibandingkan dari gambar atas, memang hampir mirip ya kan?

Sebetulnya banyak lagi loh karya kreatif nan bisa dibuat dari bekas kaos atau pakaian yang tidak lagi kamu pakai. Jadi supaya cepat, berikut kami sajikan dalam beberapa gambar atau video di bawah ini ya:

Alasan ke-sepuluh, cara membuat baju dari kaos kain bekas

Alasan ke-sebelas, t shirt to diy belt

Alasan ke-duabelas, cara membuat baju jadi cutee dress

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here