11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan

0
331
views

Ciptaloka.com – Di titik sekarang ini, kemajuan teknologi bisa dikatakan sangat pesat. Bila mengingat jaman dulu, transaksi jual-beli hanya dapat dilakukan secara tatap muka langsung. Sekarang sudah bisa melalui perangkat lunak tanpa harus bertemu secara nyata.

Alhasil media promosi bisnis pun terpaksa harus ikut terbawa arus digitalisasi. Dalam rangka melakukan promosi atau pengenalan produk baru, para pelaku bisnis harus pula memanfaatkan dunia maya sebagai medium kedua.

Bahkan tidak sampai di situ, pesatnya teknologi yang muncul turut memunculkan beberapa saluran promosi yang semakin baru sekaligus beraneka ragam. Untuk lebih jelas boleh lanjut baca di bawah:

Aneka Media Promosi yang Trending Sekarang Ini!

Ada Rekomendasi Merchandise Pula~

1. Media Promosi Online : Mesin Pencari

Semenjak kemunculan teknologi internet plus website mesin pencari yang membantu setiap pengguna menemukan apa yang mereka inginkan, maka media tersebut pun tidak bisa lepas dari sudut pandang promosi.

Artinya bila banyak orang yang mengunjungi situs tersebut, pastinya “tempat itu” menjadi ruang yang bagus untuk memperkenalkan produk nan hendak diperjualbelikan. Tak heran bila kemudian muncul layanan promosi seperti Google Ads, Yahoo, dan Bing.

Tampilan hasil pencarian Ciptaloka degan kata kunci “vendor kaos custom satuan”

Dalam ketiga situs pencari tersebut, produk kamu bisa berada di urutan paling atas dalam hasil pencarian. Misal kamu jual “merchandise kantor”, nah bila ada orang yang mencari dengan kata kunci “vendor merchandise kantor bandung” maka situs kamu akan langsung berada di atas, dan kemungkinan menjadi top of mind di benak calon pelanggan loh.

So, apakah contoh media promosi online pertama ini, cukup menarik perhatian kamu? Kalo belum, lanjut boleh.

2. Media Promosi Online : Social Media

Pada awal artikel, sudah dijelaskan bahwa media promosi online adalah konsep melakukan promosi atau pengenalan suatu produk di dunia maya. Nah salah satu platform “dumay” (singkatan dari dunia maya) tadi banyak disebut sebagai media sosial.

Tampilan instagram Ciptaloka

Media ini adalah suatu ruang digital yang dihuni banyak manusia atau pengguna guna berinteraksi satu sama lain secara virtual. Maka memasukkan social media sebagai salah satu saluran media promosi adalah langkah yang baik.

Bisnis atau produk kamu, nantinya bisa menjadi bagian dari virtual society, lalu sehingga social media presence dari brand kamu dapat menjadi seorang pelayan yang siap membantu seputar informasi produk, promosi, rilis terbaru, endorsement, dan berbagi hadiah.

3. Media Promosi Online : Video Iklan

Bisa jadi pandangan kamu tentang video iklan di sini hampir mirip seperti iklan yang biasa ada di Televisi ya kan? Sayangnya hal itu tidak benar loh. Mau tahu kenapa?

Secara sederhana, sebuah video iklan TV yang mainstream memerlukan set lokasi yang bagus, crew yang mendukung, dan terpenting talent atau orang terkenal yang menjadi pemeran nya. Tentu budget untuk itu akan sangat melonjak sekali kan?

Berbeda halnya dengan media promosi berupa iklan video di dunia maya. Jika mau, kamu tinggal buat sendiri, dengan peralatan seadanya, dan dengan talent siapa saja.

Kamu pun bisa menjangkau lebih luas calon pelanggan bila dikombinasikan dengan promo posting di mesin pencari dan media sosial sebelumnya.

Oleh karena semua proses produksi iklan tentu dapat dilakukan secara mandiri. Maka biaya produksi iklan akan jadi rendah. Apalagi bila konsep iklan match dengan audience hingga viral, maka konsep low budget and high return tidak bisa dihindarkan.

And that’s contoh media promosi online yang ketiga. Kira-kira sudah sampai sini, apa mau langsung coba masuk ke sana? Atau mau info lain lagi? Lanjut baca deh…

4. Media Promosi Online + Offline : Poster Custom

Sebelumnya, fokus media promosi yang dibahas kebanyakan bersandar pada dunia virtual semata. Khusus sekarang ini, kita akan membahas contoh media promosi offline dan online.

Yap! Media yang dibutuhkan di sini hanyalah sebuah poster. Kenapa? Karena secara umum, poster adalah benda berbahan kertas yang dapat dicetak dengan gambar, desain, atau tulisan. Teruntuk yang sekarang dibahas ini adalah jenis poster gulung.

11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu PikirkanNantinya, poster cetak custom satuan ini bisa kamu pakai untuk media dekorasi sekaligus promosi, semisal digantung di cafe, resto, pun tempat nongkrong. Cetak poster nya dengan desain gambar atau produk yang hendak kamu promosikan.

Sebelum dicetak, tentu poster itu akan didesain terlebih dahulu kan? Terus pastinya perangkat yang digunakan berupa software seperti photoshop, corel, begitu kan?

Kalo iya, nanti material mentah dari file virtual itu kamu simpan pula. Gunakan untuk menjangkau para calon pelanggan di dunia online, khususnya sosial media. Lalu sebarkan ke seluruh dunia menggunakan internet.

5. Media Promosi Online + Offline : Voucher

Konsep daripada promosi dengan media voucher pun hampir mirip dengan poster tadi. Buat desain online, dan cetak untuk keperluan promosi offline.

Hanya bedanya terletak pada penempatan. Untuk media promosi berupa voucher online, bisa kamu langsung unggah di media sosial pun pada banner website.

Dalam versi offline, kamu bisa langsung kasih ke pelanggan yang sudah membeli dengan melampirkan pada isi paket. Tidak lupa serta kartu ucapan terima kasih seperti pada artikel ini:

Sebanyak 27 Contoh Ucapan Terima Kasih buat Customer Olshop

Dengan begitu, kamu bisa jangkau pelanggan baru sekaligus membuat relasi promosi yang baik dengan pelanggan lama, ya gak?

Contoh Media Promosi Merchandise

Untuk yang satu ini, bisa dibilang sebagai media promosi yang awet sekaligus berguna. Sebab nantinya konten promosi akan langsung tercetak pada produk merchandise.

Buat yang belum, secara mudah merchandise adalah suatu benda atau produk yang dijadikan sebagai media promosi yang tidak terbatas pada bentuk atau rupa.

Ciptaloka selaku vendor penyedia produk untuk promosi, akan merekomendasikan contoh produk merchandise kekinian, yang cocok  bila digunakan sebagai alat promosi. Diantaranya:

6. Contoh Merchandise Berupa Kaos

Sudah tidak aneh lagi bilamana kaos dijadikan sebagai media promosi. Pasalnya Ciptaloka sendiri pernah membahasnya secara khusus pada artikel berikut ini: inilah 7 alasan kenapa kaos bisa jadi media promosi yang-baik11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu PikirkanJadi supaya tidak kepanjangan bisa cek langsung di sana. Kalo secara garis besar, alasan utamanya karena merupakan produk yang sering manusia gunakan, sering dipakai ke mana-mana, dan bisa menjadi seragam promosi yang bagus.

7. Merchandise Umum Berupa Buku Notes

Berikutnya adalah media promosi pada sebuah buku notes atau catatan. Umumnya dijadikan sebagai souvenir untuk kegiatan seperti seminar, workshop, atau pun talk show.

Perihal konten promosinya biasa tercetak pada bagian sampul buku baik di depan maupun di belakang. Contohnya kayak gini nih:

Satu set produk promosi by Ciptaloka

8. Butuh Merchandise Kantor Murah? Coba Gantungan Kunci

Alasan mengapa gantungan kunci sering digunakan sebagai media promosi berupa souvenir, ya karena harganya yang sangat murah. Apalagi di Ciptaloka, pembuatan bisa tanpa minimum order loh.

Cocok buat yang perlu merchandise promosi mesti kegiatan dihadiri oleh segelintir orang saja begitu.

Gantungan kunci yang tersedia pun beragam, ada yang berbahan akrilik dan allow. Ada juga yang berbentuk unik-unik gitu. Cek selebihnya di gambar ini:

Tampilan website Ciptaloka.com

9. Souvenir Kantor Mug

Penggunaan mug sebagai media promosi biasanya dibalut dengan beragam cara. Pertama, ada yang hanya mencetak konten promosi di mug lalu dipakai sebagai product placement (penempatan konten promosi pada produk di acara tertentu) contohnya seperti di acara TV ini:

11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan
Source from SCTV

Kedua, sebagai hadiah. Tentu kamu sering mendengar istilah “beli 4 produk, gratis piring cantik”, Nah hal ini pun senada. Bisa saja beli produk kamu yang paling susah terjual, jika ada yang membli maka berikan bonus mug custom yang telah dicetak dengan brand atau konten promosi begitu.

Contoh Merchandise Unik

Hmm kalo bahas seputar merchandise yang unik, Ciptaloka punya banyak rekomendasi  loh. Cek langsung juga deh:

10. Kartu E-Tol

11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan

11. Flashdisk Card

11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan

12. Maskot Boneka Custom Satuan

11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan13. Gantungan Tas

11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan
Gantungan tas by Ciptaloka

Demikianlah aneka merchandise kekinian yang bisa kamu pilih sebagai media promosi. Kalo kamu bingung pilih yang mana? Coba bikin desain dulu aja, cocokkan dengan produknya. Sampai berjumpa~

BACA JUGA:

1. 30+ Contoh Kalimat Promosi Bisnis Hijab Online yang Ampuh

2. Alasan Kompetitor Kamu Pakai Kartu Ucapan tuk Bisnis Olshop

3. 9 Barang Custom yang Bisa Jadi Souvenir Perusahaan Eksklusif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here