15+ Istilah-Istilah Psikologi yang Keren dan Juga Artinya

istilah-istilah psikologi perasaan

0
1467
views

Ciptaloka.com – Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia dari segi psikis. Sederhananya hal-hal yang meliputi, fungsi mental, prilaku, emosi manusia, dan bahkan habits (kebiasaan).

Lewat koneksi ilmu nan sangat erat dengan manusia, tak heran bila beberapa bahasa atau istilah dalam psikologi sering disematkan dalam sebuah perbincangan.

Tentu kamu pasti pernah kan mendengar tentang istilah seperti; mental health issue, bipolar, anxiety, PTSD, spotlight effect, dan sejenisnya?

Yap! Bisa dibilang istilah di atas memang terbilang umum, namun masih keren kok untuk kamu gunakan. Sama halnya seperti istilah yang ada di artikel ini:  10 Istilah dalam Ilmu Psikologi yang Unik dan Asyik.

Kalo yang itu masih kurang dan belum update, tenang Ciptaloka akan melanjutkan artikel tersebut di bawah ini:

Istilah Psikologi yang Wajb Kamu Tahu!

Kebanyakan tentang perasaan nih:

1. Jouska

Adalah salah satu istilah psikologi dan artinya menggambarkan suatu keadaan di mana individu memiliki kegemaran untuk berbicara dengan diri sendiri tanpa orang lain ketahui.

Contohnya membuat percakapan di dalam pikiran. Atau bisa juga secara tanpa sadar berbica sendiri sembari memandang sesuatu.

2. Altschmerz

Cukup susah untuk dilafalkan ya? Tapi istilah psikologi ini cukup keren loh. Sedang maksud dari altschmerz ini adalah untuk orang yang merasakan kekhawatiran terhadap satu hal yang sama, sampai-sampai Ia tidak tertarik lagi tapi masih mengkhawatirkan nya.

Ibarat kamu mau nembak cewek, terus kamu takut ditolak tapi pura-pura pede meski sebetulnya masih khawatir buat ditolak gitu.

3. Occhiollism

Saat sisi subjektif seorang individu lebih menonjol, sehingga mampu melihat pun menilai sesuatu dari hanya dari sudut pandang pribadi.

Semisal saat orang itu iseng memandangi awan di langit. Tanpa terasa saking fokus nya melihat, sampai mengilustrasikan seolah awan tersebut bergerak, kemudian membentuk menjadi hewan seperti burung, kuda, dan apapun itu.

4. Delusi

Adalah istilah psikologi untuk sebuah kondisi di mana seseorang meyakini dengan sangat betul sesuatu yang nyatanya salah.

Contohnya saat orang merasa bahwa dirinya sedang disukai oleh seseorang, padahal tidak ada satu pun yang menyukai nya gitu.

Sederhananya, mungkin kamu sering mendengar pula mendengar istilah “halu” kan? Nah! Jauh sebelum ada istilah itu, Delusi sebetulnya sudah ada terlebih dahulu loh.

5. Prejudice

Ternyata kata yang populer ini pun merupakan bagian dari salah satu istilah dalam ilmu psikologi. Digambarkan sebagai kondisi di mana seseorang menilai sikap pun opini,

yang sebetulnya sudah terbentuk berdasarkan pada keanggotaan seseorang pada ras/etnis/kelompok tertentu. Sehingga menciptakan kesan sikap/opini yang diskriminatif.

6. Moral Dilemmas

Sebuah kondisi di mana seseorang harus dapat menentukan keputusan berdasarkan pada dua atau lebih nilai moral.

7. Mythomania

Mari kita buat sebuah sebuah contoh kasus. What if kamu punya teman yang sering bohong, sampai-sampai kebohongan nya tidak masuk akal dan merugikan orang lain tanpa rasa bersalah.

Maybe, bisa jadi Ia mengidap suatu kondisi mental bernama mythomania nih. Kalo ternyata kebetulan ada, baiknya you langsung konsultasikan bersama dia. Ajak Ia untuk mencari layanan kesehatan mental yang gratis atau terdekat.

8. Cotard Syndrom

Istilah-istilah psikologi kepribadian berikutnya disebut sindrom cotard. Adalah sebuah gejala mental yang ditandai dengan sikap depresi, putus asa, dan kosong. Sehingga orang tersebut merasa bahwa Ia sudah mati dari dunia ini.

In case, semisal ada orang terdekat kamu yang ternyata mengidap hal sejenis ini, jangan lama-lama. Langsung antarkan Ia ke fasilitas kesehatan mental terdekat. Sebab secara tanpa sadar sang pengidap sedang menyakiti dirinya.

9. Catharsis atau Katarsis

Adalah kondisi istilah psikologi mental, yang mana seseorang nan memiliki trauma di masa lalu, mencoba mengatasi atau melepaskan emosi itu dengan cara yang lain.

Salah satunya dengan melakukan kegiatan lain, misal; olahraga berat, bernyanyi, gaming, melukis, dan aktivitas lainnya.

10. Hello Effect

Ini juga istilah-istilah psikologi perasaan, yang menjelaskan kondisi ketika seseorang pertama kali bertemu dengan orang asing, lalu Ia akan langsung menilai orang tadi dari tampilan fisik dan luar terlebih dahulu.

Well, hal itu memang sebetulnya normal sih sebab semua orang pasti akan begitu ketika bertemu dengan orang baru. Jujur hayo???

11. Rhotascim

Next case, bilamana kebetulan kamu mempunyai seorang teman yang tidak bisa melafalkan huruf R dengan jelas? If it’s “yes”, maka gejala itu, dalam istilah psikologi disebut dengan rhotascim.

Mulai dari sekarang, jika kamu ketemu orang sejenis ini, usahakan untuk berhenti memanggilnya dengan istilah “cadel” mulai ganti dengan “rhotas” biar lebih keren, dan doi gak terlalu tersinggung.

12. Limerence

Kebanyakan dialami oleh hampir semua anak muda. Istilah psikologi perasaan itu menjelaskan tentang kondisi kognitif di mana seseorang memiliki perasaan “naksir” atau “tergila-gila” terhadap orang lain.

Dalam konteks yang lebih parah, orang tersebut akan merasa orang yang ditaksir memiliki respon rasa yang sama loh.

Akan tetapi lebih baik, jangan mudah limerence deh sama other people. Bisa-bisa in the end, cinta kamu malah bertepuk sebelah tangan. Ya kan?

13. Quirkyalone

Menggambarkan sikap tentang seseorang yang lebih gemar menghabiskan waktu sendiri dan selalu fokus terhadap diri sendiri, tanpa ingin menjalin atau membuat ikatan hubungan spesial dengan  orang lain.

Pokoknya doi cuma pingin jadi sexy, free, and single. Udah macam oppa-oppa suju sih emang nih orang quirkylone.

14. Kuebiko

Adalah suatu istilah psikologi yang menggambarkan perasaan putus asa, tidak punya daya dan upaya, karena tidak dapat menghentikan kejahatan yang terjadi di depan mata.

15. Hipotimia

Istilah psikologi perasaan yang menggambarkan keluhan, kesediahan, kesepian, kesendirian, dan keputusaan. Seringkali pula disebabkan oleh stress yang meradang.

16. Sonder

Istilah psikologi yang merujuk pada seseorang yang sering merasa bahwa setiap orang di dunia ini juga mengalami kesulitan dan kerumitan yang sama.

17. Nodus Tollens

Sebuah kondisi yang membuat seseorang merasa bahwa siklus hidup atau kebiasaan yang dijalani terasa aneh. Padahal sebetulnya sama saja.

BACA JUGA:

1. Update 2022) 50+ Bahasa dan Istilah Gaul ala Anak Twitter

2. Hanya di Sini, 83+ Arti Istilah dalam Online Shop Terlengkap

3. 11+ Media Promosi Unik yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here