Tips Memilih Mug yang Tepat Sebagai Bahan Souvenir Promosi

0
111
views

Ciptaloka.com – Siapa  yang menyangka bahwa penggunaan alat makan berjenis gelas atau mug menjadi beragam saja. Ada yang sengaja memakainya sebagai sebuah pot tanaman. Adapula mereka yang menggunakannya sebagai hiasan. Pun beberapa perusahaan dan brand, mengoptimalkan penggunaan mug sebagai sebuah suvenir promosi. Mengapa bisa begitu?

Jawabannya jelas karena mug dan gelas, menjadi hadiah favorit para konsumen secara umum. Sebagai bukti, tentu kamu sering kan mendengar istilah promosi “beli 2 gratis mug gelas cantik” atau “Belanja minimal 50.000, berhadiah mug unik ini” nah dari kalimat promosi tersebut tentu paham, betapa bergunanya alat minum ini sebagai sebuah hadiah.

Akan tetapi kamu pun sebaiknya tahu kiranya mug custom seperti apa yang cocok guna menjadi alat promosi yang efektif. Makanya Ciptaloka akan bantu kamu dengan artikel berikut ini:

Tips Memilih Mug yang Tepat Sebagai Bahan Promosi

Ketahui Penggunaan Mug

Pertama, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penggunaan dari produk mug printing yang kamu pilih. Karena pada dasarnya, beberapa jenis dan material mug custom dibuat berbeda, sesuai dengan penggunaan umum. Misalnya…

Mug Enamel Custom yang kebanyakan dipakai sebagai alat minum ketika hendak bepergian jauh atau berwisata alam seperti naik gunung. Sebab materialnya yang kuat, memberikan rasa aman saat dibawa ke mana-mana. Dan jangan lupa tampilan uniknya mampu menarik perhatian pula.

Sementara mug custom satuan berbahan keramik porcelain, lebih umum dipilih tuk penggunaan rumahan. Bisa jadi alat minum, bisa pula menjadi sebuah hiasan unik seperti mug custom silver terbaru dari Ciptaloka di gambar ini:

Sesuaikan Ukuran dengan Desain

Pada dasarnya, secara umum mug yang tahan panas berukuran diameter 8 cm serta tinggi 9,5 cm. Untuk kapasitas standar, mampu menampung sekitar 325 ml cairan. Nah jenis ini adalah yang pas untuk dipakai promosi karena bagian luarnya nan terbilang mampu mencetak ukuran desain yang lebih lebar.

Namun bila kamu butuh souvenir mug promosi yang beda, tidak ada salahnya memilih ukuran yang lebih kecil atau imut begitu. Contohnya ada mug enamel kecil yang hanya berdiameter 7 cm dan tinggi 7 cm saja.  Jika ukuran dua mug di atas kurang cocok buat kamu, gak ada salahnya kamu coba bikin mug polos untuk souvenir nan berukuran jumbo. Seperti mug berlin dan Tokyo ini:

Untuk mug berlin, memiliki ukuran tinggi 10 cm, diameter 8 cm, dan kedalaman 9 cm serta mampu menampung sebanyak 400 ml. Sedang mug Tokyo memiliki tinggi 13 cm dan diameter 8 cm, dengan daya tampung paling banyak 550 ml. Apakah cukup buat kamu?

Source : Otentik

Pilih Mug dengan Permukaan Halus

Sudah sepantasnya sebuah produk print mug yang akan digunakan sebagai material promosi, memiliki permukaan yang rata sekaligus halus ketika diraba. Kenapa harus begitu?

Karena nantinya permukaan tersebut akan dicetak dengan desain atau gambar. Alhasil bila permukaan tidak rata, maka gambar akan terlihat jelek dan tentunya mudah untuk terkelupas.

Cara mengetahui permukaan rata atau tidaknya, kamu bisa langsung mengecek secara kasat mata, bila kurang yakin kamu bisa langsung meraba.

Selain dua hal tersebut, umumnya memang ada mug polos custom yang berpemukaan tidak halus namun memang mug tersebut dibuat demikian, sebagai pelengkap tampilan agar lebih estetis. Misal contohnya kayak ini dong:

Menentukan Warna Dasar

Untuk yang umum digunakan pastilah warna dasar souvenir mug atau gelas cantik ialah polos bening atau berwarna putih. Sebab warna itu akan mudah sekali menyatu dengan beragam warna, beragam bentuk tulisan, dan beraneka gambar desain.

Namun ada juga kok warna dasar mug promosi branding yang hitam, dengan ke-unikan tersendiri. Yakni mug magic bunglon. Sebagai referensi bisa dilihat di video berikut ini:

Pada saat diisi air dingin, tampak bunglon hanya berisikan warna hitam full polos. Namun setelah diisi oleh air panas, jeng-jeng! Gambar seketika muncul pada permukaan bunglon menggantikan warna dasar tersebut. Mengapa bisa begitu ya?

Source : ENGINEERaholic

Yang jelas jawabannya karena ini mug Ajaib. Cocok untuk jadi souvenir promosi kamu.

Mengecek Budget

Tips dalam memilih mug sebagai suvenir yang terakhir adalah dengan mengecek budget yang kamu punya, lalu cek kira-kira berapa harga yang ditawarkan oleh vendor atau penyedia jasa.

Misal nih, di Ciptaloka tersedia beragam mug dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 25,000 sampai dengan Rp. 60,000. Harga tersebut berlaku untuk pemesanan satuan, yang artinya kamu bikin hanya 1 buah dengan desain sendiri pun bisa.

Pas banget kalau kamu mau bikin buat sampel mug promosi dulu. Pun bila nantinya fix dan ingin pesan secara banyak, bisa konsultasi langsung dengan customer service agar mendapatkan harga nan pas atau meminta surat penawaran harga.

Source : Pexels

Tapi, apakah harga tersebut terlalu mahal?

Hmm, bisa terbilang mahal untuk kamu yang tidak mengetahui harga pasaran. Sebab biasanya yang lebih murah, memiliki minimal pemesanan serta proses produksi nan lama, kualitas yang seadanya, dan kemasan nan kurang aman biasanya.

Sedang di Ciptaloka, kamu bisa bikin HANYA SATU, proses produksi CEPAT, kualitas TERJAGA, pun dari segi packaging akan dilapisi bubble wrap, bubuk kertas, mini box, dan bubble wrap lagi, serta lakban fragile. Artinya LEBIH AMAN daripada yang murah, begitu gan.

Nah, kiranya demikian tips-tips dalam memilih gelas mug sebagai suvenir promosi. Kalo mau tanya dan coba bikin desain mug online, yuk klik DI SINI aja ya?

BACA JUGA:

1. Kupas 8+ Poin Kelebihan dan Kekurangan Mug Enamel Custom

2. 11 Hal Seputar Mug Bunglon dan Cara Membuat Mug Unik Sendiri

3. Kutipan Pada Mug Kopi Ini, Sangat Pas Untuk Memulai Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here