Tips Dalam Memilih Wedding Organizer, Agar WO Tidak Kabur

Baca Baik-Baik ya!

0
189
views

Ciptaloka.com – Bagaimanapun setiap pasangan yang menikah tentunya mendambakan sebuah pesta pernikahan yang terbaik. Maka dari itu hari bersejarah dalam mengikat cinta mereka tersebut harus dipersiapkan dengan rencana yang sangat matang.

Ketimbang mempersiapkan sendiri, beberapa dari mereka pun kadang memilih untuk langsung mempercayakan hari bahagia mereka pada yang namanya Wedding Organizer (W.O). Yah mereka adalah sekumpulan orang profesional yang pekerjaan memang mengatur acara pernikahan bahkan dari pra sampai dengan selesai.

Harga yang ditawarkan oleh setiap W.O berbeda-beda tergantung pada paket-paket tertentu. Ada yang dipatok mulai dari puluhan bahkan sampai dengan ratusan juta.

Hal penting yang kamu perlu perhatikan sebelum memutuskan menggunakan jasa Wedding Organizer adalah reputasi atau hasil kerja mereka dan pastinya harga yang mereka patok.

Jangan sampai kamu tertipu oleh iming-iming paket promo harga murah dengan segudang kelebihan yang mungkin menurut kamu tidak masuk akal.

Pasalnya baru-baru ini saja ada puluhan pasangan yang tertipu oleh sebuah jasa Wedding Organizer. Pernikahan bak raja dan ratu yang mereka impikan harus pupus karena tidak sesuai dengan apa yang mereka dan W.O rencanakan ketika sampai di hari H.

Lebih parahnya lagi pihak W.O kabur dan malah tidak ada di acara pernikahan mereka, makanan tidak satu pun tersaji, begitu pun dengan dekorasi, dan pernak-pernik acara. Alih-alih hari yang bahagia yang didambakan justru harus berakhir dengan duka dan malu yang tak terhingga.

Untuk itu, supaya kamu terhindar dari oknum Wedding Organizer yang nakal, berikut Ciptaloka akan berikan:

Tips Dalam Memilih Wedding Organizer, Agar Terhindar dari Penipuan

Baca Baik-Baik ya!

1. Cari Tahu Secara Mendalam W.O yang Kamu Pilih

Photo by Rabie Madaci on Unsplash

Bila kamu mendapatkan rekomendasi salah satu wedding organizer baik dari Jakarta, Bekasi, atau Bandung dan dapet info dari teman, keluarga, atau tempat pernikahan kamu, ada baiknya kamu langsung cari tahu tentang mereka.

Kamu bisa langsung tanya alamat kantornya, event pernikahan terdekat yang mereka garap, akun sosial media, website, dan portofolio kinerja mereka. Dengan kamu tahu maka tentu akan menambah keyakinan kamu bukan?

2. Dapatkan Testimoni dari Pengguna Jasa Mereka

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Jika kamu sudah menemukan alamatnya dan media sosial mereka, kamu jangan terpaku pada feeds indah yang mereka posting saja. Kamu harus cari website wedding organizeragar tahu tentang testimoni konsumen mereka.

Caranya bisa kamu temukan pada kolom komentar di IG atau pun review pada alamat kantor mereka di google. Sekiranya banyak komentar positif, boleh tuh buat kamu gunakan jasa mereka.

3. Buat Pertemuan dan Dengarkan Presentasi Mereka

Photo by You X Ventures on Unsplash

Biasanya para W.O yang sudah biasa menangani wedding indoor maupun wedding outdoor, maka ketika kita menanyakan jasa mereka, mereka tidak akan sungkan untuk mengajak bertemu.

Ya bisa di kantornya langsung, supaya tahu pernikahan seperti apa yang sudah mereka tangani, bisa juga di luar sekalian makan siang/malam.

Dalam meeting tersebut kamu perhatikan dengan baik setiap presentasi mereka, jangan malu bertanya, dan memastikan kredibilitas mereka.

4. Jangan Tergiur oleh Penawaran Harga Murah dan Iming-Iming Promo

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash

Kemudian, para wedding organizer biasanya sudah memiliki tarif masing-masing. Biasanya mereka menawarkan dari mulai harga yang terjangkau sampai dengan yang mahal sekali.

Yap jika menurut kamu harga mereka masih wajar dan sesuai dengan 3 poin sebelumnya, berarti mereka profesional.

Namun jika mereka menawarkan promo mendadak dengan harga murah namun iming-iming yang melimpah dan tidak masuk akal, patut deh kamu curigai dahulu. Takutnya mereka tidak sesuai dengan penawaran nya.

5. Kenali Para Vendor Mereka

Photo by Cytonn Photography on Unsplash

Bila W.O yang sudah profesional, mereka sudah punya setiap vendor tetap baik untuk urusan dekorasi, make up, cetering, sampai dengan entertainment.

Kamu minta dikenalkan dan cari tahu mereka tentang reputasi dari W.O yang sering kerjasama dengan para vendor tersebut. Jika OK ya OK.

6. Pastikan Mereka Kooperatif

Photo by Danielle MacInnes on Unsplash

Setelah kamu rasa yakin dan berniat menggunakan jasanya, tentu mereka akan meminta uang muka sebagai tanda jadi. Nah sebelum itu, kamu pastikan dulu apakah setelah dp diberikan mereka akan berkomitmen untuk kooperatif?

Maksud kata kooperatif di sini cukup sederhana seperti mereka mudah untuk dihubungi ketika kita butuh, memberikan jadwal-jadwal untuk fitting, testing food, cek dekor sesuai dengan waktu kamu. Jangan sampai pas udah dp malah susah dihubungi gitu. Gak kooperatif banget kan?

7. Perhatikan Surat Kontrak

Photo by Helloquence on Unsplash

Nah setelah deal begitu, akan ada surat kontrak atau kerjasama antara kedua belah pihak yang dibuat oleh W.O. Well, kamu patut perhatikan poin demi poin yang mereka buat dan ajukan, jangan sampai ada poin yang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

Ingat! Karena ini kerjasama penggunaan jasa keduanya tentu harus dipenuhi setiap kebutuhannya.

Kira-kira begitulah tips yang bisa kami berikan agar kamu bisa terhindar dari oknum Wedding Ogranizer yang tidak bertanggungjawab.

Percayalah di luar sana banyak W.O yang bagus dan hanya segelintir saja yang merugikan. So, silakan kamu tentukan W.O mananya ya khan~

BACA JUGA:

1. Kata Psikolog Ini 9 Warna yang Baik Tuk Tema Pernikahan Kamu

2. 25 Ucapan Selamat Pernikahan Menyentuh Hati Untuk Sahabat

3. Kiat Jitu dalam Menghemat Budget Pernikahan di era Milenial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here