Terdapat 9 Model Hoodie, yang Bisa Jadi Tidak Kamu Ketahui

Apa Sajakah? Selalu Simak Ya~

0
502
views

Ciptaloka.com – Teruntuk kamu yang sering mengunjungi blog Ciptaloka, pastilah tahu tentang hal ini : Kamu Sudah Tahu Letak Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie? Nah khusus artikel sekarang ini, kurang lebih Ciptaloka akan mengupas lebih dalam salah 1 dari 3 produk di atas. Kira-kira apa ya?

Hmm basa-basi sekali, padahal sudah jelas tertulis di judul. Hehe. Produk Hoodie, seperti kamu ketahui merupakan salah satu outer paling sering digunakan oleh setiap orang.

Sebab pakaian berbulu ini terkenal akan material bahan baby terry, yang terkenal akan kualitas adaptif-nya, seperti yang pernah di bahas dalam artikel ini: Ulasan Terlengkap Bahan Baby Terry, yang Biasa Dipakai di Sweater/Hoodie Kamu?

Selain daripada bahan dan perbedaan, ternyata hoodie pun memiliki beragam istilah lain, dan memiliki beragam bentuk loh. Hal inilah yang menggerakkan Ciptaloka tuk membahas lebih lanjut tentang:

Terdapat 9 Model Hoodie, yang Bisa Jadi Tidak Kamu Ketahui

Apa Sajakah? Selalu Simak Ya~


Pemanasan Dulu : Mengenal Sejarah Hoodie

Berdasarkan sejarah, hoodie pertama kali muncul pada tahun 1919. Perusahaan nan membuatnya adalah Knickerbocker Knitting Company.

Hanya saja di tahun tersebut penggunaannya masih terbatas alias belum go public begitu.

Barulah di tahun 1930 Champion Products (dulunya knickerbocker knitting company) mengklaim pembuatan hoodie nan masih berupa kaus plus tudung. Benda tersebut berguna sebagai alat pelindung bagi atlet dan pekerja baik dari hujan pun teriknya panas.

Sejak saat itulah, inovasi bentuk, bahan, dan tampilan hoodie terus diperbaiki sampai sekarang ini. Bahkan Champion Products, sebagai produsen hoodie pertama, masih ada loh.

Nah berdasarkan pada sejarah itulah inovasi tampilan dan bentuk hoodie semakin beragam. Beberapa diantaranya ada…

1. Pullover Hoodie

Pullover adalah bentuk hoodie versi awal dan paling sering digunakan di mana-mana, dalam berbagai cuaca. Ciri utama dari hoodie jumper ini adalah bagian depan yang tidak memiliki ritsleting.

Artinya guna memakai pun membuka nya kamu harus menarik bagian bawah ke bagian atas begitu pun sebaliknya. Ya sama seperti saat memakai kaos aja.

Tak heran bila kemudian hoodie ini diberi nama “pullover”. Ya karena pullover sendiri berarti menarik dari bagian bawah ke atas.

Jujurly, proses membuka hoodie jenis pull ini cukup merepotkan, karena tak jarang ditemukan bagian yang tertarik bukan hanya sweater hoodie tapi beserta pakaian nan ada di dalamnya pula loh.  Alhasil kalo buka hoodie ini di publik, sangat tidak direkomendasikan.

2. Zipper Hoodie

Bisa jadi hoodie versi zipper ini adalah inovasi daripada bentuk jaket tarik bagian bawah sebelumnya. Sebab pastinya banyak sekali keluhan akan susahnya membuka pullover sweater di depan umum.

Maka hoodie dengan ciri khas ritsleting di depannya, seolah datang untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebab dengan mudah, zipper hoodie bisa dibuka dan dipasang dengan mudahnya. Tinggal tarik aja mang, ritsleting nya~

Hanya saja karena bagian depan hoodie yang dibagi dua, jadinya setiap gambar nan telah tercetak pada zipper hoodie,akan berakhir menjadi dua bagian.

Jadi kalo kukuh hoodie ritsleting ingin kamu beri gambar, ada baiknya cukup gambar kecil simpan di bagian pinggir dada saja, ya?

3. Fur Hoodie

Men's faux fur hoodie in pink
Photo by Zaful

Sebuah sweater hoodie dengan tampilan nan umum, bisa jadi pullover pun bisa zipper. Akan tetapi material yang digunakan adalah velboa. Bahan ini identik sekali dengan tekstur luarnya nan berbulu. Mengapa harus berbahan demikian?

Simple nya, fur hoodie adalah sebuah outer hoodie nan menghadirkan kehangatan lebih daripada yang lain. Baik dari segi base material sampai aksesoris. Hoodie ini pun bisa jadi hoodie terhangat dalam sejarah umat manusia, ya gak?

4. Training or Sporty Hoodie

Hoodie spesial yang diperuntukkan bagi kamu nan gemar melakukan olahraga. Sebab desain dibuat slim fit, agar dengan mudah menyesuaikan dengan bentuk badan.

Photo by Sebastian Pociecha on Unsplash

Ditambah lagi material nan digunakan berkualitas premium, serta mudah menyerap keringat pastinya. Jadi, dengan sporty hoodie ini latihan kamu akan lebih terasa nyaman, ya kan?

5. Rompi Hoodie (sleeveless hoodie)

Masih hoodie versi sporty, hanya saja banyak digunakan oleh para wanita. Sebab dari segi tampilan, jaket hoodie ini sleeveless yang berarti tidak memiliki bagian lengan/tangan.

Photo by bel-cashmere.com

Dengan begitu, para wanita bisa memperlihatkan sisi sporty sexy-nya bila memakai pakaian nan satu ini. Untuk para pria, yang punya fetish pada bagian ketiak siap-siap kegerahan deh melihatnya.

6. Oversized Hoodie

Sebetulnya, hoodie yang satu ini memiliki model yang sama seperti pullover hoodie. Hanya memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Berdasarkan pada beragam sumber, model hoodie oversize dipopulerkan oleh para pemusik rapper, yang kebetulan menyukai segala item fashion dengan ukuran nan lebih besar dari yang sering mereka pakai. Dari segi tampilan dapat dilihat pada gambar berikut ini:

7. Flanel Hodie x Combination Hoodie

Awal mulanya, flanell hoodie merupakan kombinasi dari 2 jenis pakaian. Yakni hoodie custom sebagai base atau kupluk, kemudian kemeja flanel dipakai sebagai outer pelapis.

Seiring dengan makin populer nya style ini, maka muncullah sebuah hoodie yang langsung menyatu dengan kemeja flanel ini:

Jual FLANNEL HOODIE DOUBLE LAYER ONSTREET Indonesia|Shopee Indonesia

8. Knit Hoodie

Selain daripada bahan baby terry nan umum dipakai untuk material utama hoodie, adapula bahan rajut yang dibuat menyerupai bentuk hoodie.

Tierra Stitchy Hoodie Knitting Pattern – Mama In A Stitch
Photo by www.mamainastitch.com

Yap! Inovasi produk yang satu ini memang patut diacungi jempol, karena beberapa masih ada yang membuat secara manual alias ditenun dengan sabar begitu.

9. Custom Hoodie

Terakhir ada model hoodie yang bisa kamu  buat dengan gambar suka-suka. Tidak lupa untuk model nya pun bisa pilih antara pullover atau zipper. Terpenting custom hoodie ini hanya bisa kamu pesan di Ciptaloka, ya? Bukan di yang lain, awas~

Okay segitu dulu beragam hoodie yang telah Ciptaloka rangkum spesial buat kamu. Berhubung sudah tahu yuk minimal bikin satu.

BACA JUGA:

1. Ada 7 Contoh Desain Jaket Hoodie Keren ala Desainer Ciptaloka

2. Kamu Sudah Tahu Letak Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie?

3. Berikut 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli Hoodie Ciptaloka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here