Ini Ulasan Terlengkap dari Ukuran s/d Fungsi Poster Umumnya

0
78
views

Ciptaloka.com – poster adalah salah satu item yang berguna untuk memperindah tampilan dinding, baik di rumah, restoran, pun perusahaan. Isi konten pada benda tersebut bisa beragam, semisal desain atau gambar yang keren pun kata-kata atau quotes yang menyiratkan pesan.

Guna membuat poster yang terkesan indah serta pas di dinding, tentu harus dibuat sesuai dengan rencana. Terlebih lagi, ukuran poster pada umumnya memang tersedia ke dalam ukuran yang dimulai dari paling kecil A3 sampai yang terbesar yakni A0.

Nah, guna mengetahui ukuran poster nan selaras dengan tujuan kamu, berikut Ciptaloka akan mengulas tentang :

Berikut Ulasan Rinci Ukuran dan Fungsi dari Setiap Poster pada Umumnya~

  • Ukuran poster untuk lomba

Biasanya, jika ada sebuah lomba guna membuat sebuah poster bertema khusus maka ukuran yang dipakai ialah A3. Dengan rincian tinggi dari bawah ke atas 42 cm, sedangkan lebar dari kanan ke kiri itu 30 atau 29,7 cm.

Ukuran tersebut terbilang cukup proporsional, asal kamu pun harus memperhatikan konten yang akan dimuat. Agar terlihat bagus dan pas, sebaiknya poster berisi gambar dan tulisan dengan perbandingan 50:50. Jika ingin mendominasi, sebaiknya di bagian gambar saja. Begitu.

Bila dalam hitungan pixels, kamu bisa gunakan rumus ukuran lebar 1080 x tinggi 1526 pixels. Jangan lupa juga untuk set resolusi 72 dpi 2.

  • Ukuran poster album k-pop

Sebetulnya, khusus poster yang satu ini bisa dikatakan beragam, sebab tergantung pada penjual nya. Misal poster yang original saja, bisa berisi ukuran A3 yang umum atau bahkan A4 yang lebih kecil.

Nah, bilamana poster tersebut custom, maka ukuran akan bergantung pada si pembuat sendiri. Mau yang umum? Bisa pakai yang berukuran A3 saja. Namun ingin lebih besar? Gunakan A2 berukuran lebar 42 cm x tinggi 59,4 cm.

Dengan hasil gambar atau poster yang lebih besar, barangkali bisa bikin kamu puas untuk memandang idol kamu tiap hari, bahkan mencium atau memeluknya juga, ya?

  • Ukuran poster film bioskop

Bagi kamu, mungkin sebuah cover film bioskop terlihat biasa saja. Tapi, bagi orang yang nge-fans dengan aktor, sutradara, pun cerita film secara utuh, tentu tidak. Mereka berani loh membayar sebuah poster bergambar cover film di bioskop. Keren kan?

Hanya saja, memang agak susah menemukan poster film bioskop yang official. Tapi jangan khawatir, kamu bisa cetak dan buat sendiri loh.

Ukuran poster film bioskop pun bisa kamu tentukan. Lagi, jika ingin yang standard bisa pakai A3 dengan 42 cm x 29,7 cm. Namun kalo kamu mau bikin sendiri yang lebih besar, boleh cetak di Ciptaloka. Sebab tersedia ukuran sampai A0 loh!!! Klik SINI AJA deh ya.

  • Beragam Ukuran Poster dalam skala Cm ke Inci

Berhubung dari tadi membahas poster dan ukuran yang hanya berpatok pada cm saja, maka Ciptaloka akan tambahkan info pelengkap, berupa konversi dari CM ke Pixels dan Inci biar kamu mudah membandingkannya, ya? Langsung deh nih

Ukuran | cm | inci

  1. A3 | 42 cm x 29,7 cm | 11,7 x 16,5 inci
  2. A2 | 59,4 cm x 42 cm | 16, 5 x 23,4 inci
  3. A1 | 84,1 cm x 59,4 cm | 23,4 x 33,1 inci
  4. A0 | 118,9 cm x 84, 1 cm | 33,1 x 46,8 inci
  • Ukuran Poster dalam Pixels

Sebetulnya ukuran pixels yang satu ini: ukuran lebar 1080 x tinggi 1526 pixels sudah termasuk standar. Artinya pas untuk dibuat secara besar atau pun kecil, mulai dari A4-A3 begitu.

Nah khusus A2 sampai dengan A0 jika kurang jelas tinggal tambahkan saja misal setengahnya jadi +540 px dan +738.  Dengan angka tersebut resolusi gambar akan naik, dan hasil cetak nantinya bisa lebih maksimal ketika ditampilkan, ya kan?

  • Ukuran Poster di Canvas

Selain poster yang tercetak di kertas, rupanya ada pula beberapa jasa percetakan poster pada media kanvas loh. Teruntuk ukuran, poster kanvas pada umumnya mematok ukuran yang lebih pada bilangan bulat begitu. Ini contohnya:

  • 30 x 40 cm
  • 40 x 60 cm
  • 50 x 60 cm
  • 60 x 90 cm

Ada pula biaya dekorasi tambahan jika kamu menginginkan poster langsung tertempel di spanram kayu begitu. Tinggal kamu tentukan saja apa mau poster kanvas saja atau sekalian dipasang di frame-nya?

Bonus info : Web Custom Poster Indonesia Terbaik!

Kebetulan kamu sudah tahu tentang teknik mencetak poster, ukuran, material, dan fungsi, maka sekarang kamu pun perlu info lanjutan tentang di mana tempat membuat posternya, betul gak?

Untuk itu, sebenarnya kamu tidak perlu jauh kok, coba langsung aja di Ciptaloka. Sebab hara promo poster custom sedang menggila! Berikut estimasi harga yang ditawarkan :

A3 | 42 cm x 29,7 cm = Rp, 15,000

A2 | 59,4 cm x 42 cm =  Rp. 27,500

A1 | 84,1 cm x 59,4 cm = Rp. 50,000

Tentu murah sekali bukan?! Dan parahnya lagi kamu bisa mau pesen satuan atau pun banyakan. Jangan lupa, packaging poster di Ciptaloka pasti aman, dan harga keren dan gila-gilaan deh!

BACA JUGA: 

1. 17+ Meme Tentang Seorang Desain Grafis, bukan Desain Gratis

2.  Jangan Tertipu! Ketahui 7+ Jenis Kertas Undangan Murah

3. Dari Harga 3 Ribuan, Ini 9+ Kado Ulang Tahun Murah Berkesan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here