Sudah Tahu Jenis-Jenis Kerah Kemeja yang Ada di Dunia Ini?

0
168
views

Ciptaloka.com – Kemeja merupakan salah satu item fashion yang sering digunakan oleh kaum pria. Adapun alasan kenapa pakaian ini menjadi most used fashion item for men, bisa jadi karena tampilannya yang multifungsi.

Artinya jika kamu pakai untuk kegiatan yang bersifat formal, tentu akan sangat cocok. Pun bila sebaliknya, kemeja masih ok kok untuk dikenakan.

Maka dari itu, tak jarang bila kemeja pun banyak dipilih sebagai pakaian ngantor yang wajib dipakai oleh karyawan pria. Selain title multifungsi yang dimiliki, Ia pun memang menjadi pilihan yang tepat untuk mendobrak “kegantengan”.

11+ Contoh Style Office Look, Gaya Pakaian Casual Pria Cool!

Tapi, apakah kamu tahu bahwasanya setiap kerah kemeja itu berbeda loh. Malahan masing-masing dari mereka memiliki istilah atau jenis tersendiri. Kalo kamu ingin tahu mari cek bahasannya di sini:

Jenis-Jenis Kerah Kemeja yang Ada di Seluruh Dunia

Regular Collar (Kerah yang paling umum)

Memiliki tampilan yang tegas, lewat ujung kerah nan lancip serta bentuk yang tegas dan presisi. Ketika melihatnya, kamu akan langsung merasakan kesan maskulinitas yang ingin diperlihatkan.

Seiring waktu berjalan, kemeja dengan jenis regular collar menjadi salah satu jenis kemeja kantoran yang wajib kamu punya.

Source : Jd Id

Namun tidak berhenti di situ, bila kamu kenakan ke acara atau kegiatan lain, kemeja berkerah ini masih pas dan cocok juga kok.

Golf Collar

Kendati memiliki nama yang identik dengan kegiatan olahraga, nyatanya kemeja ini bisa pula kok untuk dikenakan dalam kegiatan formal.

Ciri utama dari Golf Collar, terletak pada ujung bawah kerah nan berbentuk bundar alias tidak runcing seperti kerah nan umum. Dengan demikian kesan santai casual nan ditampilkan pun masih pas ya kan?

Source : Inside Hook

Ditambah lagi, berdasarkan catatan sejarah awal mula kemeja ini diperkenalkan sebagai seragam sekolah di negara Inggris. Jadi makin ok kan untuk dipakai di event formal or informal.

Button Down Collar

Sekilas, kamu dapat mengatakan bahwa jenis kemeja kerah ini hampir sama dengan regular collar. Namun bila diperhatikan secara lebih, ada perbedaan yang cukup mencolok.

Dan benda itu berasal dari kancing kecil nan tepat berada di ujung kemeja. Lantas apa gunanya kancing itu ya?

Source : Ourdisplays

Usut punya usut, kancing tersebut memiliki maksud untuk menjaga bentuk kerah kemeja agar tetap rapi. Sebab kadang kerah regular mudah kusut dan lepek bila sering dikenakan.

Button down collar pun akan lebih cocok bila di-kombinasikan dengan sebuah dasi loh.

Tab Collar

Jenis kerah kemeja tab, dapat dikatakan memiliki kemiripan dengan button down. Kira-kira dari segi apanya ya? Kalo kamu perhatikan, ada pada bagian kancing juga.

Hanya saja posisi kancingnya berada di bagian tengah, sedang button down ada di bagian bawah. Lalu, apa kegunaan dari kancing tengah itu ya?

Source : Howard’s

Ternyata bagian kerah kemeja dengan kancing di tengah, dimaksudkan sebagai penguat tampilan, agar lebih beda, unik, dan super classy. Bener gak nih?

Begini Cara Mengetahui 7 Jenis Dompet yang Ada di Dunia Ini!

Spread Collar

Tidak memiliki kancing, berujung runcing, dan lebih melebar. Kiranya itulah tiga poin utama dari jenis kemeja spread collar.

Source : Tony Barlow Brisbane

Banyak pria pun memilih kemeja dengan kerah nan satu ini karena memiliki kesan sexy maskulin yang lebih dari biasanya. Mengapa bisa begitu?

Karena kebanyakan para pria membuka spread collar dengan dua kancing dari atas. Dengang begitu mereka dapat dengan mudah memamerkan bagian dadanya.

Pin Collar

Bisa dikatakan bahwa bagian kerah kemeja sama dengan button down. Perbedaan utama hanya berada pada bagian kancing nan diganti pin.

Source : Nines Paris

Bila kamu hendak menggunakan kemeja dengan jenis ini, ada baiknya di-kombinasikan dengan dasi. Karena jika tidak, malah akan terlihat sangat aneh.

Wing Collar

Sesuai dengan namanya, model kemeja dengan kerah wing memang memiliki sayap. Namun bukan di bagian di belakang, tapi di bagian depan ya?

Jadi kalo sebelum-sebelumnya ujung kerah cenderung runcing pun bulat, maka yang ini memiliki tampilan nan seperti sayap burung ketika di-kepakkan.

Source : Gordon Nicolson

Supaya lebih match up, ada baiknya mengombinasikan kemeja jenis ini dengan sebuah tuxedo. Agar bisa memperkuat kesan elegan.

Cuban Collar

Tampil dengan bentuk melebar, dengan dua ujung kerah nan terlihat seperti menempel pada kemeja. Banyak juga yang mengatakan bahwa Cuban collar ini seperti kerah daun yang menyelimuti bagian dada pria.

Source : Portee Goods

Dengan tampilan nan berkesan trendy chill, pas banget loh untuk kamu pakaian dalam acara baik yang bersifat serius pun santai.

Mandarin Collar

Kemeja dengan kerah ini memang terinspirasi dari pakaian zaman dulu di negara tiongkok. Coba kamu carid eh, pasti akan ada pakaian seperti jubah dengan kerah bulat meninggi tanpa ada lipatan dan lebaran.

Source : Shanghai Tang

Lewat keunikan inilah tak jarang banyak yang sengaja dipakai di acara non formal pun hang out atau pun party begitu. Gimana keren gak nih?

Round Collar

Bentuk “round” atau bundar yang dimaksud di sini memang hampir seperti mandarin collar. Bedanya jika mandarin collar hanya satu lipatan, maka round collar ada dua lipatan.

Source : Bykowski

Bagian kerah pun dibuat lebih keras dan tegas, agar bisa dengan mudah match ini dengan dasi. Jadi tidak perlu repot untuk menata kerah agar pas.

Polo Collar

Adalah kerah kemeja yang bisa kamu temukan pada kaos polo custom premium. Tampilan kerah lebih kecil, dengan material kain nan flexible alias mudah diatur.

Source : https://www.ciptaloka.com/editor_custom_kaos_polo_berkerah_redmango-458

Memiliki kesan sporty casual yang kuat, yang tentunya hanya cocok untuk kamu kenakan dalam kegiatan non formal semata.

Well dengan begitu demikianlah 11 jenis kerah kemeja yang ada di dunia ini. Kira-kira kamu sudah punya semuanya apa belum nih? Tulis di kolom komentar boleh ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here