Rekomendasi 12 Kegiatan Ngabuburit Berfaedah, Mulai dari yang Umum sampai dengan Ngabuburit Online

Mana favorit kamu?

0
252
views

Ciptaloka.com – Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.

Pada saat prosesi ibadah itu berlangsung, mereka tidak boleh makan dan minum terhitung sejak matahari menjelang terbit sampai dengan terbenam.

Menunggu waktu yang lama itu, tentu haruslah diisi dengan kegitan yang mengasyikan sekaligus bermanfaat guna membunuh waktu.

Di Indonesia sendiri menghabiskan waktu sore sambil menunggu buka, memiliki terminologi yang unink nan disebut dengan istilah “ngabuburit”.

Kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda yang bila diartikan secara harfiah memiliki maksud menghabiskan waktu sambil menunggu waktu makan (berbuka) tiba.

Supaya lebih afdol, kegiatan ngabuburit haruslah bermuatan positif. Beberapa diantaranya ialah yang dirangkum oleh Ciptaloka ini:

Rekomendasi 12 Kegiatan Ngabuburit Berfaedah, Mulai dari yang Umum sampai dengan Ngabuburit Online

Mana favorit kamu?

1. Berolahraga sore-sore

Gif via Giphy.com

Olahraga pas puasa? Kenapa tidak. Dengan melakukan aktivitas itu justru waktu ngabuburit kamu gak akan kerasa lho.

Eits! Tapi inget, lakukan kegiatan olahraga itu ketika waktu sore hari ya. Jadi pas kamu udah lelah, keringetan, dan haus, jos deh langsung buka dengan yang seger-seger dan manis.

Dijamin seketika tenaga kamu yang hilang akan langsung tergantikan kembali.

Untuk kegiatan ngabuburit sambil olahraga nya, bisa kamu mulai dengan hanya; jalan kaki yang jauh, jogging keliling komplek, atau sekedar senam manja di rumah. Jangan yang berat-berat dulu ya?

2. Bersih bersih rumah

“Gini min, gue tuh males kalau harus olahraga pas puasa. Ada yang lain gak?”

Okay, mimin ngerti. Jika dirasa olahraga bikin kamu malas, kamu bisa melakukan kegiatan ngabuburit yang satu ini, yaitu: Bersih-bersih rumah.

Gambar via Giphy.com

Kamu mungkin punya gudang yang tidak tertata, ruangan yang terabaikan, pun juga kamar yang berantakan. Nah, dari masalah kebersihan itu, kamu bisa mulai bersih-bersih ‘kan?

Selain mudah, waktu menunggu buka puasa kamu pun akan terasa singkat.

3. Beristirahat tidur

Berikutnya, bila bersih-bersih masih males juga, udah mending kamu tidur aja. ‘Kan tidur di waktu bulan puasa itu katanya ibadah. So, kegiatan ngabuburit ini bisa kamu lakukan juga.

Gambar via Giphy.com

Namun kamu harus sadar diri, tidur hanya secukupnya dan mengistirahatkan diri saja, jangan sampai tidur dari waktu subuh selesai sahur sampai dengan bangun jam 5 sore menjelang waktu buka.

Kalau gitu, namanya pingsan, bukan istirahat tidur, fix. Ya?

4. Bersantai ria

“Kalau cuman tidur, emang malesin juga sih min. Bagusnya apalagi ya?”

Waduh, kalau tidur udah males, kamu bisa ngabuburit dengan bersantai ria saja di rumah. Sambil relaks kamu bisa nonton TV, rebahan, disambi juga baca buku.

Yang pasti santainya berfaedah, ya? Jangan saking santainya malah jadi nirfaedah. Bahaya tuh!

5. Beribadah Sunah

Berbicara soal ngabuburit berfaedah, kegiatan yang satu ini pasti termasuk ke dalamnya lho, serta sangat pas pun tepat untuk dilakukan di bulan suci Ramadhan.

Gif via Giphy.com

Terlebih di bulan yang penuh berkah ini, sudah selayaknya kamu menggandakan amalan dengan mengisi kegiatan ngabuburit lewat  ibadah Sunnah (tidak wajib, tapi berpahala bila dilakukan). Beberapa yang bisa dilaksanakan ialah:

Tadarrus Al-Quran (membaca Al-Quran/mengaji)

– Mengkhatamkan Al-Quran (membaca dari awal-selesai)

I’tikaf di Masjid (Menetap/menghabiskan waktu ibadah di masjid)

– Berdzikir

Tentu semuanya akan bisa kamu manfaatkan untuk menunggu waktu berbuka. Sehingga pas saatnya tiba, semua ibadah kamu akan terasa lebih berkesan pastinya.

6. Berkegiatan sosial di sekitar rumah

Maksud dari kegiatan sosial di atas ialah melakukan suatu hal yang bermanfaat bagi banyak orang sekitar.

Contohnya, kamu bisa membuat sajian menu takjil yang banyak, kemudian kamu bagikan kepada tentangga, orang-orang sekitar rumah, atau juga orang yang lewat.

Gambar via Giphy.com

Hal itu tentu akan memberikan manfaat besar bagi mereka yang telat buka puasa di rumah, atau juga mereka yang tidak memiliki sajian takjil di rumahnya.

Apalagi memberikan makan pada orang yang berbuka puasa, termasuk ke dalam ibadah Sunnah dan 100% kegiatan ngabuburit ini berfaedah.

7. Buat menu-menu makanan untuk buka puasa

Gif via Giphy.com

Lanjut lagi, aktivitas ngabuburit lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan memasak menu-menu makanan yang hendak disantap pas waktu berbuka puasa tiba.

Sambil kamu motong-motong, ngaduk-ngaduk, goreng-goreng, dan masak-masak, waktu gak akan kerasa banget lho. Pas makanan beres, tahu-tahu udah buka aja gitu.

8. Berburu hidangan untuk buka puasa

Namun, bila kamu lagi gak mood masak, bisa juga kamu ngabuburit dengan cara berburu hidangan lezat untuk berbuka di lapak jualan di pinggir jalan.

Gif dari Giphy.com

Momen bulan puasa memang selalu menghadirkan banyak pedagang dadakan dengan kuliner-kuliner enak dan kekinian.

Cocok banget kan sambil jalan-jalan sore serta menghabiskan waktu, carilah makanan yang sesuai budget dan selera kamu.

Tapi inget! Jangan kelupaan waktu, nanti kalau telat malah buka dan makan di luar, bukan di rumah. Kasihan orang rumah kan ya?

9. Berselancar di internet

Gambar via Giphy.com

Beberapa kegiatan ngabuburit sebelumnya, mungkin terdengar konvensional atau lumrah setiap tahunnya. Nah, kalau kamu mau ngabuburit versi online, bisa deh cobain dengan nungguin waktu berbuka sambil berselancar (browsing) mencari manfaat di internet.

Kamu bisa memperdalam soal ilmu keagamaan, dakwah, sajian menu khas ramadhan, trend ramadhan, budaya ramadhan di negara lain, pun informasi seputar ramadhan secara universal.

Yang paling penting dari semuanya, informasi yang kamu dapat haruslah bermanfaat. Dengan demikian nantinya kamu bisa juga ngabuburit lewat cara:

10. Berbagi info bermanfaat di grup media sosial

Sembari bercakap secara daring (online) dengan teman, kamu bisa turut membagikan info bermanfaat ke mereka.

Gif by Giphy.com

Siapa tahu mereka juga punya hal yang sama. Intinya saling berbagi hal yang berfaedah itu indah ya?

11. Bermain game online

Buat aktivitas ngabuburit online yang ini, cocok banget deh buat dilakuin anak millenials. Kebanyakan dari mereka bisa jadi males ke mana-mana ‘kan?

Then, sambil nunggu waktu buka, bisa tuh main game online aja. Asal tahu waktu dan durasi yang pas untuk memainkannya, ya? Jangan keseringan dan malah gak bermanfaat waktunya.

12. Berbelanja produk custom satuan di Ciptaloka.com

Ngabuburit online versi terakhir ini cocok untuk kaum hawa yang doyan berbelanja. Sembari mereka nunggu waktu berbuka tiba, bisa sekalian deh lihat-lihat produk yang dijual di online-nya.

Salah satu situs yang pas buat mereka kunjungi adalah Ciptaloka.com. Di sana kamu akan menemukan banyak barang yang bisa dikustom dengan gambar sesuka + semau kamu.

Siapa tahu iseng-iseng bikin design, eh jadi deh kaos keluarga buat lebaran, sweater keluarga untuk liburan, atau juga ucapan selamat lebaran melalui media custom lainnya.

Menarik kan? Coba main-main dulu ke situsnya gan!

Demikianlah 12 Kegiatan Ngabuburit Berfaedah, Mulai dari yang Umum sampai dengan Ngabuburit Online. Selamat melakukan salah satunya, dan semangat puasanya. Ya~

BACA JUGA:

1. Kumpulan Case HP Unik, Artistik, serta Koleksi Terbaik dari Ciptaloka. Kamu sudah punya?

2. Cara Membedakan Aksesoris HP; Softcase, Hardcase, Silicon Case, Fuze Case, dan Flip Case.

3. Berikut 9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan, Sebelum Membeli Tas Tote di Pasaran!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here