Pasti kamu Tidak Tahu, 7 Tips Agar Air Tetap Panas di Termos

Baca pelan deh…

0
271
views

Ciptaloka.com – Pastinya kamu sudah tahu jika fungsi utama dari sebuah botol thermos indonesia adalah memastikan isi cairan di dalamnya tetap hangat dan terjaga.

Dengan demikian hal itu akan sangat mendukung kebutuhan kamu akan air panas ketika melakukan perjalanan yang jauh. Supaya tidak perlu lagi repot-repot cari warung atau mini market yang menyediakannya. Toh kamu pun sudah membawanya, ya kan?

Lagipula memang air panas dalam perjalanan amatlah sangat dibutuhkan. Karena bisa untuk membuat kopi, bilamana kamu ngantuk ketika bepergian. Lalu membuat susu bayi, kalo si kecil rewel di mobil. Kemudian bisa pula menjadi teman yang hangat untuk dipeluk di perut. Agar meredakan gejala masuk angin atau begah perut.

Secara umum air panas pada sebuah botol termos, diklaim mampu bertahan paling cepat 6 jam dan paling lama 10 jam.

Durasi tersebut bergantung pada beberapa hal penting loh. Mau tahu apa sajakah itu? Yuk kamu cek di sini:

Jangan Lupa! Ini 7 Tips Agar Air Tetap Panas di Botol Termos

Baca pelan deh…

1. Mencuci botol termos custom dengan air panas sebelum digunakan

Gif Source from Giphy

Guna melakukan hal tersebut, kamu tinggal siapkan terlebih dahulu air putih biasa (air mentah) sebanyak kapasitas botol. Setelahnya kamu panaskan air tersebut sampai mendidih.

Bila air sudah menunjukan gelembung-gelembung panas, kamu tinggal langsung masukkan air itu ke dalam termos. Usahakan 80% saja, jangan terlalu full. Jika sudah selesai kamu tutup botolnya dan kocok, kemudian buang air nya.

Baru sekarang panaskan air minum dan isikan ke dalamnya. Mencuci botol termos dengan air panas, membuat dinding di dalam botol ter-trigger sehingga mampu mengonduksi panas dengan sangat baik, jadi panas air di dalamnya jadi awet.

2. Jangan menaruh termos yang telah dicuci terlalu lama di wastafel atau rak

Gif Source from Giphy

Ini sih bisa jadi sudah menjadi kebiasaan kamu, ya kan? Sebab apa-apa kalau selesai dicuci langsung deh ditaruh di pinggir wastafel atau rak piring yang lembab. Apalagi durasi nya suka lama pula. Bener gak?

Oh iya, kebiasaan mencuci seperti itu memang benar dan tidak apa-apa untuk alat rumah tangga lainnya. Namun please, itu tidak bagus untuk sebuah botol thermos.

Fungsi thermos ialah wadah untuk menyimpan panas, sebaiknya ditaruh pula di tempat yang suhunya normal dan tidak dingin. Dengan demikian kemampuannya menyimpan panas akan terjaga.

Selain itu bila sering dijauhkan dari tempat lembab, termos pun jadi tidak mudah berkerak, berkarat, dan berbau. Paham kan sekarang? Kalo mau langsung bikin botol minum custom nama bisa langsung ke SINI ya.

3. Termos custom berbahan stainlees, terbaik!

Gif Source from Giphy

Untuk yang ini, pastinya kamu semua pun sepakat bahwasanya thermos botol berbahan stainless jauh lebih baik menyimpan panas daripada yang bukan.

Contoh yang bukan itu, seperti termos luar plastik dalam kaca, termos tiruan, dan juga termos keramik.

Contoh termos custom terbaik itu bisa dicek di sini, kebanyakan menggunakan bahan stainless steel 304 yang tebal dan berkualitas premium.

Didukung dengan teknologi insulator terkini. Dengan begitu, kemampuan menyimpan panasnya menjadi lebih baik dari termos-termos yang lain.

4. Mengisi dengan porsi air yang pas, tidak melewati batas

Gif Source from Giphy

Di setiap termos pasti ada ambang batas air yang dapat ditampung. Nah jika kamu sudah menemukannya, cukup isi sesuai dengan garis. Jangan biarkan lebih atau kurang begitu karena keduanya akan merugikan.

Misal air panasnya kelebihan, akan sangat berbahaya ketika di buka. Ditakutkan ada guncangan atau dorongan sehingga ketika tutup dibuka airnya malah menjadi mudah tumpah ke mana-mana bahkan ke kulit anda.

Kalo isi air panasnya yang kurangan, akan ada space atau jarak antara air panas dan bagian isi penutup. Nah ruang itu pun bisa jadi merugikan karena akan membuat air panas cepat dingin, dengan uapnya yang berada di batas air dan tutup nan jauh.

5. Usahakan pula airnya yang mendidih

Gif Source from Giphy

Supaya lebih awet, kamu pun bisa mengisi termos dengan air mendidih yang langsung dituangkan ke dalamnya. Jangan air dari termos rumah dipindahkan ke termos traveling ya?

Pasalnya air yang mendidih dan langsung dipindahkan ke dalam botol termos akan bertahan panas lebih lama loh.

Kalo nggak percaya, yok langsung bedakan dan coba di rumah kamu sendiri, ya?

6. Pilih botol termos custom dengan penutup yang bagus dan rapat

Gif Source from Giphy

Pastinya kamu akan bertanya-tanya, maksud dari penutup botol yang bagus serta rapat ini seperti apa, ya? Apakah itu yang dikunci, flip, atau diputar?

Sebenarnya ini lebih kek jawaban subjektif, tapi kalau kamu gak setuju boleh ya. Menurut Ciptaloka penutup botol termos yang bagus adalah yang dilengkapi dengan karet dan diputar.

Karet berguna untuk menutup segala celah pada botol, sementara metode menutup dengan memutar akan lebih mengunci tutup begitu.

Dengan demikian hawa air panas di dalam botol tidak mampu menyelinap keluar, jadi cairan tetap panas ketika akan digunakan, ya kan?

7. Simpan di tempat yang terhindar dari angin dan hawa dingin

Gif Source from Giphy

Yap! Namanya juga wadah untuk menampung air panas, maka menyimpannya pun haruslah di tempat yang dikelilingi hawa panas.

Misal jika di dalam tas, bisa ditaruh di posisi tengah-tengah kaos. Atau bisa juga ketika di motor taruh di dalam bagasi. Intinya terhindar dari angin dan hawa dingin begitu.

Nah demikianlah 7 tips untuk menjaga air tetap panas di dalam termos. Dengan metode ini tidak menutup kemungkinan kalau kamu bakal bisa menahan hawa panas termos selama 10 jam loh.

BACA JUGA:

1. Sudah Tahu 7 Jenis Botol Minum Kekinian di Ciptaloka?

2. Cara Sederhana Membersihkan Botol Plastik yang Kusam dan Bau!

3. Rahasia Botol Tumbler Custom, Ternyata Bikin Sehat dan Hemat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here