Cara Sederhana Membersihkan Botol Plastik yang Kusam dan Bau!

Just check~

0
160
views

Ciptaloka.com – Selain menyediakan produk botol custom satuan, Ciptaloka pun akan memberikan beberapa tips berupa cara sederhana agar kamu bisa membersihkan botol plastik yang kusam dan bau.

Tidak dapat dipungkiri lagi ternyata masih banyak orang yang abai loh perihal merawat kebersihan pada botol. Kadang ada yang hanya mencuci 2 hari sekali, atau bahkan 1 minggu sekali.

Proses pencucian pun terbatas, hanya menggunakan protokol sederhana. Baik direndam, dibersihkan dengan sabun, kemudian dan bilas.

Hal itu jelas masih kurang. Botol yang tidak dibersihkan dengan baik akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebab fakta nya botol yang tidak higienis hanya akan menjadi sarang kumat, lumut, dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Alhasil setiap cairan yang dimasukkan ke dalamnya akan sangat mengganggu keenakan dan kenyamanan. Untuk itu, berikut baca tips penting dari Ciptaloka di bawah ini:

Cara Sederhana Membersihkan Botol Plastik yang Kusam dan Bau!

Just check~

Pembukaan

Sebelumnya perlu kita ketahui dulu bahwasanya flex atau noda pada botol tercipta karena cairan yang mengendap pada botol terlalu lama. Cairan tersebut bisa berasal dari air minum biasa, air teh, atau pun kopi.

Noda tersebut umumnya berwarna coklat kusam. Tak jarang pula menimbulkan aroma tanah yang tidak sedap.

Nah guna mengetahui cara membersihkan botol plastik yang kusam, kamu bisa langsung lakukan step berikut:

1. Siapkan bahan berupa baking soda (jika ada), cairan pencuci sabun, dan air hangat

Photo by manu schwendener on Unsplash

Ketiga bahan di atas dapat dikatakan sebagai pondasi yang krusial untuk membersihkan sebuah botol. Kita bahas fungsinya satu per satu.

Baking soda bertindak sebagai bahan serbaguna untuk urusan dapur, sebab dapat membersihkan noda pada wadah maupun pakaian tanpa merusaknya.

Cairan pencuci sabun akan bertindak sebagai pembersih sekaligus pemberi aroma yang tidak menempel pada botol.

Sementara air hangat bisa berguna sebagai pembilas dan pembersih di akhir.

2. Tuangkan 1/3 baking soda, 2 tetes sabun pembersih, dan 1/4 kapasitas air pada botol

Photo by The Creative Exchange on Unsplash

Jika ketiganya sudah masuk ke dalam, kamu langsung kocok dengan perlahan agar semuanya melarut menjadi satu. Setelah muncul busa atau buih kamu tinggal mendiamkan nya semalaman.

Biarkan ketiga bahan tersebut melakukan tugasnya, yakni mengangkat partikel yang menempel dan menyerap aroma tidak sedap pada botol. Sementara itu kamu tinggal sabar menunggu bagaimana hasilnya di keesokan harinya.

3. Buang cairan yang ada pada botol, kemudian bilas dengan air hangat

Setelah 1 hari atau 1 malam, kamu tinggal buka tutup botol yang sedang kamu bersihkan. Buang cairan yang ada di dalamnya.

Photo by Brian Yurasits on Unsplash

Setelah itu pastikan bagian dalam sudah bersih dari busa ada buih yang menempel di dinding dalam botol. Supaya lebih cepat, kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

Fungsi air hangat atau panas, bisa menjadi salah satu cara untuk mensterilkan botol plastik minuman.

4. Lanjutkan pencucian bagian dalam dengan cairan pencuci plus sikat botol

Berikutnya supaya memastikan bagian dalam botol lebih bersih, kamu bisa melanjutkan proses pencucian dengan menyikat bagian dalamnya menggunakan sikat botol seperti ini;

 

Dengan begitu, kamu bisa mengangkat flex membandel yang belum terangkat oleh beking soda tadi. Tambahkan cairan pencuci untuk memperbaiki aroma yang ada pada botol.

Begitu proses sterilisasi sekaligus untuk membuat wangi.

5. Jangan lewatkan bagian mulut botol dan bagian dalam tutup botol

Setelah selesai dengan botolnya, kamu jangan melupakan untuk membersihkan bagian tutup botolnya. Yap! Di sana juga bisa jadi sarang noda dan kuman yang berbahaya loh.

Untuk mencuci bagian itu , kamu cuma perlu menggunakan cairan pencuci botol. Setelahnya bilas deh dengan ari hangat.

6. Terakhir, kembali bilas semuanya dan keringkan

Jika dirasa semuanya sudah kamu bersihkan, tinggal bilas lagi semuanya dengan air hangat agar memastikan kumannya bersih dan sudah terangkat.

Untuk mengeringkan nya, kamu bisa menaruh dengan posisi di balik bagian bawah di atas dan sebaliknya, alias tengkurap. Selesai deh.

7. Menghilangkan aroma tidak sedap pada botol

Agar aroma botol tetap segar dan tidak merusak cita rasa air di dalamnya, kamu bisa memasukan beberapa hal di bawah ini :

– Koran

Bila kamu punya koran bekas di rumah, gunakan benda itu untuk menghilangkan bau yang menempel di dalam botol. Cukup diremuk asal saja, dan langsung memasukannya ke dalam botol.

Diamkan selama satu malam, biarkan aroma tidak sedap terserap ke dalam kertas koran.

Kamu pun bisa menggunakna trik ini sebagai cara membersihkan botol plastik baru, yang umumnya masih tercium aroma plastikanya.

– Serbuk kopi

Buat yang demen banget dengan aroma kopi, bisa coba deh masukkan bubuk itu ke dalam botol agar menghilangkan bau tidak sedap yang menempel.

Diamkan selama beberapa jam, dan langsung keluarkan. Dengan info tersebut, kamu pun jadi bisa tahu cara menghilangkan bau botol plastik baru.

– Daun teh kering

But kalau gak suka kopi, bisa juga dengan bubuk teh kering. Caranya hampir sama, cukup masukkan lock dan diamkan.

Biar aroma teh yang kalem membenuh aroma tidak sedap nan menempel pada dinding botol.

Well, kiranya segitu dulu tips tentang cara merawat botol dan menghilangkan bau yang menempel di dalamnya.

Cara-cara di atas bisa berguna untuk membersihkan botol minum merek apa saja, mau tupperware atau botol custom sama aja, ya?

BACA JUGA:

1. Rahasia Botol Tumbler Custom, Ternyata Bikin Sehat dan Hemat!

2. Manfaat dan Kelebihan Membawa Botol Air Minum Sendiri dari Rumah

3. 9 Barang Custom yang Bisa Jadi Souvenir Perusahaan Eksklusif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here