Menurut Penelitian, Ini Lho 7 Manfaat Traveling!

Bukan cuma ngabisin duit, ya?

1
870
views
Photo by rawpixel on Unsplash

Ciptaloka.com – “Kamu tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi kamu bisa membeli sebuah tiket pesawat. Dan itu sepadan.

Kalimat pembuka dalam artikel, menurut Ciptaloka seperti menyiratkan bahwa orang yang sering bepergian atau berwisata berarti orang yang bahagia.

Apakah seperti itu kah? Kita ulas di sini:

Menurut Penelitian, Ini Lho Manfaat Penting dari Traveling!

Bukan cuma ngabisin duit, ya?

Dikutip dari situs Phinemo.com, Roger Dow selaku CEO dari Asosiasi Travel Amerika Serikat pernah menulis jurnal berjudul “Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So” yang menjelaskan tentang 6 manfaat penting dari sebuah perjalanan liburan atau traveling.

Nah, salah dua di antaranya yaitu Meredakan Stress dan Meminimalisir Penyakit Jantung dan Stroke. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu-satu:

Menurunkan tingkat stress

Photo by Jonathan Rados on Unsplash

Merujuk pada waktu penelitian, dalam kurun 30 tahun terakhir hasil konsisten ditunjukkan oleh orang-orang yang sering melalukan aktivitas traveling.

Dituliskan bahwa “(seorang) Individu merasa dirinya menjadi lebih baik dan mampu mengatasi stres manakala mereka telah melakukan traveling.”

Pada penelitian di tahun 2011 pun, total sebanyak 3.500 traveler atau pelancong menyatakan dirinya lebih senang dan lebih bahagia setelah melakukan perjalan wisata tersebut.

Kenapa mereka bisa mengatakan hasil yang demikian?

Bisa jadi penyebab utamanya karena mereka bisa terlepas dari kesibukan, dan mulai menapaki perjalanan baru, bertemu orang baru, dan menelusuri tempat baru.

Bila datang ke wilayah yang desa dan jauh dari kota, tentu mereka akan merasa lebih senang karena mampu merasakan segarnya oksigen. suara gemercik air, pemandangan alam yang asli dan indah, suasana yang rileks, dan kepuasan atau ketenangan batin terpenuhi.

Meminimalisir penyakit jantung dan stroke

Lanjut Dow dalam jurnal tersebut, dikatakan bahwa orang yang melakukan aktivitas traveling secara intens, memiliki risiko penyakit jantung serta stroke nan rendah.

Penelitian itu pun dilakukan pada total 12.000 laki-laki yang mempunyai resiko terserang penyakit jantung dan stroke tinggi.

Ternyata selain stres penyakit berbahaya pun bisa sembuh hanya dengan seringnya kamu melakukan perjalanan wisata atau traveling.

Jadi, tunggu apalagi? Ayok mulai sehat dengan berlibur dan rehat.

Selain dari jurnal, manfaat traveling yang tidak kalah keren datang dari situs lifehack.org yang…

Dalam tulisannya dijelaskan secara inti 2 manfaaat traveling, yakni untuk Meningkatkan Daya Kreativitas, serta Menciptakan Kebugaran Tubuh. Lengkapnya ada di bawah:

Traveling untuk pikiran yang lebih kreatif

Bila dalam keseharian kerja atau berkarya kamu menemukan jalan buntu di mana masalah krativitas ada di depan mata, maka kamu harus segera melakukan traveling atau perjalanan wisata sebagai pemecahnya.

Seorang Profesor sekaligus Penulis, Adam Galinsky menuliskan bahwa pengalaman baru mampu menggenjot fleksibilitas kognitif dalam pikiran.

Photo by Raj Eiamworakul on Unsplash

Guna menemukan pengalaman itu, tentu kamu harus traveling, karena aktivitas liburan di tempat baru mampu memberikan banyak bantuan ide baru pada otak kamu. Ya kan?

Para penulis seperti Ernest Hemingway atau Mark Twain pun setelah melakukan perjalanan wisata, ternyata mampu menghasilkan sebuah maha karya berupa novel yang melegenda.

Jadi, kalau mulai suntuk bekerja, kami sarankan segera berwisata!

Traveling untuk kebugaran raga

Namanya perjalan pasti akan identik dengan jalan-jalan.

Semakin sering kamu berjalan menyusuri setiap sudut wisata, tubuh kamu akan lebih aktif bergerak pastinya.

Akibat dari saking sering kamu bergerak, memang awalnya lelah yang kamu dapat. Tapi setelahnya jelas, yaitu sehat.

Photo by Constantinos Panagopoulos on Unsplash

Hal itu didukung dengan hasil penelitian Cornell pada tahun 2004, kebanyakan orang merasakan kebahagiaan lebih ketika mereka tahu akan melakukan aktivitas wisata ketimbang berbelanja.

Jadi, selain sehat, bahagia bisa juga kita dapat.

Ada juga penelitian lain yang menjelaskan manfaat traveling. Duadari mereka menyebut:

Saat traveling adalah saat terbaik untuk memperbaiki jam tidur

National Sleep Foundation pernah melakukan studi yang menjelaskan bahwa aktivitas wisata mampu memberikan dampak positif pada pola tidur dan olah tubuh pelakunya.

Dengan perjalanan yang padat, mata yang termanjakan, pikiran yang terjernihkan, ditambah kuliner lokal, dan keramahan orang baru mampu membuat tubuh mudah luluh ketika berjumpa malam.

Makanya, orang yang sudah melakukan traveling jadi bisa tidur nyaman dan normal lagi, tanpa beban. Enak ya?

Photo by Simon Rae on Unsplash

Travel membuat lebih sejahtera dan bahagia

Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa dengan banyak harta kita akan jauh lebih bahagia. Tapi pernyatan tersebut kurang tepat.

Yang sebenarnya lebih bahagia, menurut studi Universitas Cornell pada tahun 2010 ialah orang

Nan memutuskan untuk berlibur atau travelling, ketimbang orang yang memilik banyak harta tapi tidak bisa punya banyak waktu luang guna menikmati keindahan dunia.

Terakhir, manfaat penting dari traveling  yang ke-7 ialah

Traveling mengajarkan artinya bersyukur

Untuk yang ketujuh ini adalah bonus.

Dengan traveling kamu pasti akan merasakan begitu luasnya ciptaan semesta. Begitu indah setiap tempat yang beliau sediakan bagi kita sebagai manusia.

Selain dari tempat, kamu pun akan belajar mensyukuri apa yang kamu miliki ketimbang orang lain yang bisa jadi lebih susah dari kamu, dan kamu temukan selama perjalanan.

Begitu dulu deh, manfaat-manfaat penting dari sebuah traveling. If one of you is ready to travel, boleh lho cek equip travelnya di sini, biar makin siap 😉

BACA JUGA:

1. Aktivitas Wisata Unik Ala Millenials Sesuai dengan Zodiak-nya. No. 3 kamu ya?

2. Wow! 7 Tempat di Bandung Ini, Paling Pas Untuk Menikmati Pemandangan Kembang Api dari Atas Ketinggian

3. Rekomendasi Tempat Olahraga ala Asian Games Sekaligus Berlibur di Bandung

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here