Mengenal Fungsi dan Jenis Apron yang Tidak Kamu Ketahui

Langsung kita mulai checklist satu per satu ya~

0
569
views

Ciptaloka.com – alat pelindung diri bernama apron adalah salah satu peralatan tempur di yang dapur berupa kain, kemudian dikaitkan pada leher dan umumnya berguna sebagai penghalang dari cipratan minyak, noda ketika memasak dan banyak lagi.

Yes! Dikatakan banyak lagi karena memang pada dasarnya apron memiliki banyak fungsi juga beragam jenis. Untuk itu, supaya kamu tahu tentang benda bernama celemek dalama Bahasa Indonesia ini, berikut Ciptaloka akan menyajikan artikelnya untuk kamu:

Mengenal Fungsi dan Jenis Apron yang tidak kamu ketahui

Langsung kita mulai checklist satu per satu ya~

Kegunaan Apron Secara Umum

– Melindungi bagian tubuh

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Teruntuk kamu yang suka memasak, pastinya pernah bukan merasakan yang namanya terkena cipratan minyak, cipratan air, atau bahkan cipratan cairan lainnya, yang kemudian menyisakan luka pun noda di badan dan pakaian.

Nah berangkat dari situ lah, para juru masak terdahulu menciptakan apron atau celemek ini. Jelas fungsinya sebagai tameng pelindung manakala kamu memasak. Jadi cipratan-cipratan tadi, yang dulunya mengganggu kamu, sekarang tidak akan lagi.

Pasalnya sang apron custom akan melindungi kamu dari mereka. Demikianlah fungsi dari alat pelindung diri apron yang pertama.

– Memudahkan Kamu ketika Beraktivitas di Dapur

Photo by Nick Karvounis on Unsplash

Berikutnya, kami akan kembali menanyai kamu. Pernahkah ketika memasak kamu kesulitan menemukan beberapa alat masak? Atau ketika sedang memotong daging, kamu menggunakan pisau yang salah karena pisau yang biasa kamu gunakan hilang entah ke mana?

Sebetulnya jika kamu memasak menggunakan apron custom bandung, agaknya tidak perlu lagi merasakan itu semua. Sebab pada alat pelindung itu biasanya sudah tersemat sebuah saku.

Fungsi dari saku itu, bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan masak seperti; pisau, gunting, sendok, atau garpu.

Jadi momen memasak kamu dijamin akan lebih mudah dan cepat. Karena ketika kamu butuh alat-alat penting itu, semuanya sudah ada di saku apron. Ya kan?

– Membuat Kesan Penampilan yang Profesional

Photo by Steven Cleghorn on Unsplash

Bilamana kamu perhatikan, setiap acara memasak kebanyakan para chef yang mengisi acara tersebut akan terlihat memakai sebuah apron.

Dengan begitu, mereka seolah memberikan pesan bahwa tukang masak sejati akan selalu memakai celemek ketika di dapur.

Lalu dengan melihat mereka, kamu pun pasti membayangkan betapa keren nya jika kamu yang berada di sana dengan menggunakan apron bukan?

Makanya jangan cuma membayangkan, kamu pun bisa kok seperti mereka, memiliki tampilan ala professional chef dengan bermodalkan sebuah celemek.

Apalagi pada celemek apron tersebut kamu pun meng-custom nya dengan nama kamu. Wah! Tak dapat dipungkiri lagi nih, kalo kamu akan terlihat bak seorang juru masak terkenal atau koki profesional.

Kalau gak percaya, coba dulu deh kamu bikin desain dan cari yang jual apron custom. Supaya lebih cepat kamu tinggal klik di sini kalau sudah ok langsung deh gunakan.

Itulah beberapa fungsi apron secara umum. Setelah mengetahuinya sekarang Ciptaloka akan move on dengan membahas beberapa jenis apron.

Kendati hampir semua terlihat sama secara fungsi, tapi beberapa ada yang khusus dibuat untuk satu jenis pekerjaan loh. Penasaran kan? Langsung saja.

Aneka Jenis Apron

Dishwasher Apron

Photo by Nikita Ignatev on Unsplash

Seperti dibilang sebelumnya, bahwa ada beberapa apron atau celemek custom yang dibuat untuk pekeraan tertentu. Salah satunya adalah Dishwasher Apron ini.

Sesuai namanya memang celemek apron ini dibuat khusus untuk orang yang bekerja di area basah pada sebuah restoran. Semisal bertugas mencuci bahan makanan, alat makan, dan peralatan dapur.

Tidak heran bila kemudian khusus apron dishwasher terbuat dari bahan sejenis karet begitu. Agar anti air, cairan tidak menyerap, apalgi menyisakan noda.

Tapi ada juga loh celemek cuci piring dengan bahan sejenis yang sengaja dibuat lebih kuat agar tahan terhadap panas, anti gores, dan bahan kimia tertentu.

Untuk dishwasher apron sendiri, kadang dikombinasikan dengan satu boots setinggi lutut. Agar mobilitas lebih maksimal serta tidak mudah terpeleset begitu.

Half Waist Apron

Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Untuk yang satu ini, sering dipakai oleh seorang pelayan di restoran. Kadang juga disebut sebagai apron barista atau waitress.

Akan tetapi secara umum, orang-orang menyebutnya dengan Waist Apron karena memang penggunaannya hanya meliputi bagian pinggang ke bawahnya.

Dengan celemek ini, para pelayan dan barista jadi dapat dengan mudah menyimpan catatan pesanan, bolpoin, pun struk atau bon pembelian serta lap pembersih.

So, manakala ada yang pesan tidak perlu repot mencari buku catatan ke mana-mana, toh sudah ada di pinggangnya ya nggak?

Terus kalau pelanggan sudah selesai dan pergi, mereka pun bisa secara langsung membersihkan meja dengan lap dan spray. Berfungsi sekali kan benda yang satu ini?

Rompi Tuxedo Apron

Photo by bigcommerce.com

Biasanya dipakai oleh pelayan di restoran dengan level bintang 5 begitu. Bisa pula kamu lihat mereka di sebuah bar dan sejenisnya.

Yap! Apron tuxedo ini terbilang salah satu apron celemek custom yang memiliki tampilan elegan. Dengan desain berupa rompi plus lekukan V pada bagian kerah nya dapat menambah nilai plus pada orang yang memakainya.

Apalagi bila dikombinasikan dengan sebuah kemeja putih. Hasilnya bener-bener terlihat seperti bukan seorang pelayan loh.

Sayangnya, sesuai nama dan bentuknya, apron ini hanya mampu melindungi bagian badan saja. Selain itu dengan beberapa variasi kantung, celemek tuxedo dapat menyimpan beberapa barang yang mendukung pekerjaan mereka sebagai pelayan.

Hmm apakah kau tertarik untuk memakainya?

Disposable Apron

Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Ini sih termasuk ke dalam jenis apron medis yang umum, yang dikaitkan di leher dan ditali di bagian punggung belakang. Hanya saja, karena dinamakan disposable artinya apron ini cukup digunakan sekali saja dan dibuang.

Memang celemek jenis ini termasuk apron darurat, yang hanya terbuat dari plastik biasa saja. Untuk itu kegunaannya pun hanya dalam kegiatan nan berhubungan dengan operasi kesehatan.

Apron medis ini pun bersifat sekali pakai pula. Kalau di restoran biasa, celemek sekali pakai ini digunakan oleh mereka yang berurusan dengan daging mentah yang memiliki darah dan berbau amis begitu.

Bib Apron

Terakhir ada bib apron, adalah sejenis apron yang umum kamu temukan seperti yang ada di Ciptaloka.com.

Nama bib sendiri berasal dari kain alas bayi karena dari bentuk dan kegunaannya yang hampir sama.

Bahan yang digunakan oleh apron ini pun beragam, bisa dari kain katun, poliester, atau american drill. Dari ketiganya yang paling bagus adalah apron bib berbahan american drill.

Sebab tidak akan mudah basah, pun andal menghalau noda, dan kalau digunakan sebagai medica cetak desain atau sablon lebih mudah menyerap. Keren kan?

Untuk info bib apron custom kamu bisa langsung temukan di sini.

Baiklah kalau begitu, demikianlah artikel tentang apa itu apron, penggunaan nya, dan jenis-jenis. Sebab kamu sudah tahu semuanya, semoga kamu gak salah pilih apron lagi, ya?

BACA JUGA :

1. Rahasia Memakai Kaos Polo, Agar Kamu Tampil Casual Maksimal

2. Penjelasan Terlengkap! Tentang 40+ Simbol Laundry Pada Baju

3. 17 Ide Hadiah Ulang Tahun ke-17 Untuk Wanita Spesial Custom!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here