Penjelasan Terlengkap! Tentang 40+ Simbol Laundry Pada Baju

0
73
views

Ciptaloka.com – Pada umumnya dalam setiap kaos custom yang ada di Ciptaloka, memiliki sebuah label pakaian yang terletak pada bagian dalam kerah. Dalam label tersebut tersedia informasi tentang size kaos  serta cara mencuci kaos yang benar.

Jadi, buat kamu yang pingin memilki kaos custom nan sablon nya awet serta tidak mudah rusak, ada baiknya selalu mengikuti protokol pencucian sesuai dengan anjuran pada label tersebut.

“Tapi Min, saya sudah mencoba membaca simbol pada label perawatan tersebut, namun malah jadi bingung.”

Hmm, Admin lupa kalo beberapa instruksi pencuciannya memang dibuat dengan simbol yang identik dan berbahasa inggris. Tapi tenang kamu gak perlu khawatir. Di sini Admin akan jelaskan:

Penjelasan Terlengkap! Tentang 20+ Simbol Pada Label Pakaian

Langsung baca perlahan ya kan~

Logo temperatur pada label baju sablon

Biasanya digambarkan dengan sebuah gambar berupa huruf (U) dengan garis tegas ditambah dengan lekukan seperti ini (~~) guna menggambarkan maksud air nan ditampung di dalam ember.

Barulah diikuti dengan tulisan angka dan huruf yang maksudnya:

Gambar dari http://www.breezyindonesia.com/
  1. Machine wash normal dengan logo ember dan air kosong tanpa angka, menandakan pakaian dapat dicuci dengan mesin tanpa temperatur tertentu.
  2. Machine wash cold dengan logo ember dan air serta tulisan 30, berarti dicuci dengan mesin dan temperatur air dingin 30 derajat.
  3. Machine wash warm dengan logo ember dan air ditambah tulisan 40 berarti mencuci dengan mesin dan air hangat bersuhu 40 derajat.
  4. Ember dan air dengan tulisan 50 s/d 90 menandakan bahwa kamu bisa mencucinya dengan mesin dan air panas sampai dengan 90 derajat

Logo metode pencucian pada label baju 

Khusus penggambaran hampir mirip dengan yang temperatur, hanya saja kali ini huruf (U) tegas dan agak tinggi nan menggambarkan tentang cara pencucian yang bisa digunakan pada pakaian. Cek gambarnya dulu di sini ya:

Gambar dari http://www.breezyindonesia.com/

Baik pada label baju satin maupun label baju woven, masing-masing logo memiliki penjelasan seperti di bawah ini:

  1. Machine wash, permanent press yang digambarkan lewat logo ember dan satu garis hitam di bawahnya menandakan bahwa kamu dapat mencuci dengan mesin nan didesain untuk permanen press.
  2. Machine wash, gentle or delicate yang digambarkan lewat logo ember dan dua garis hitam di bawah, berarti mencuci dengan mesin nan memiliki putaran tertentu misal Gentle (kuat) dan delicate (lemah).
  3. Hand wash digambarkan lewat logo Ember dan logo tangan, tentunya menandakan bahwa teknik pencucian yang dapat dipakai pada label baju kertas ialah yang hanya menggunakan tangan saja.
  4. Do not wash yang bergamgar ember dan huruf X, sudah jelas menandakan bahwa pakaian tidak boleh dicuci dengan air. Artinya metode pencucian yang bisa dipakai hanya dry clean (cuci kering.)

Laundry simbol tentang mengeringkan pakaian

Setelah tahu temperatur air, juga cara mencucinya, maka sekarang kamu wajib tahu tentang cara mengeringkan. Pasalnya terdapat banyak simbol untuk cara pengeringan yang baik dan benar.

Untuk itu, sebelum kamu salah dalam mengeringkan, yuk lihat pengertian simbol pada pakaian di bawah ini dulu:

Gambar dari http://www.breezyindonesia.com/

Baca di sini penjelasannya :

  1. Tumble dry, normal berlogo kotak dan didalamnya ada bentuk bulat artinya kamu bisa menggunakan mesin pengeringan putaran dan suhu normal.
  2. Tumble dry, normal, low heat berlogo bentuk kotak dan bulat serta satu titik yang bold, mengartikan pengeringan dengan mesin, menggunakan temperatur suhu yang di bawah hangat saja.
  3. Tumble dry, normal, medium heat dengan logo bentuk kotak dan bulat ditambah dua titik, berarti penggunaan mesin pengering plusu suhu hangat level medium.
  4. Tumble dry, normal, no heat berlogo kotak dan bulat berwarna hitam, maka kamuboleh menggunakan mesin pengering untuk mengeringkannya tanpa suhu panas.
  5. Tumble dry, permanent press berbentuk kotak dan bulat serta satu garis di bawah kotak, berarti boleh dikeringkan dengan mesin tumble dryer, dengan putaran cepat serta suhu yang diinginkan.
  6. Tumble dry, gentle dengan logo lingkaran di dalam kotak serta dua garis di bawah.  Menandakan pengerigan bisa menggunakan mesin tumble dry dengan putaran lambar. Cocok untuk pakaian yang lembut dan rapuh.
  7. Do not tumble dry dan Do not dry menandakan bahwa pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin, pun dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Untuk cara pencuciannya berarti hanya mengandalakan dry cleaning serta spotting cleaning. Begitu.
  8. Lalu bisanya logo tersebut akan diikuti logo lain semisal : Line Dry (dijemur dengan posisi di balik dan di gantung), Drip Dry (dijemur pada bagian tengah kaosnya), Dry Flat (dijemur dengan dihamparkan pada bagian bawah), Dry in Shade (dijemur di tempat teduh).
  9. Terakhir ada logo seperti permen dengan huruf X di bagian tengahnya. Yang menandakan bahwa pakaian tersebut tidak boleh diperas.

Simbol pada pakaian tentang cara menyetrika

Jika kamu sudah selesai dalam mengeringkan pakaian, maka tugas berikutnya adalah menyertika pakain. Proses ini nih yang biasanya paling malas dilakukan ya kan? XD

Tapi jangan salah loh, dengan disetrika pakaian kita tidak hanya jadi wangi namun jadi rapi sekali. Cocok sekali kan untuk menambah keindahan pada tampilan.

Khusus instruksi penyetrikaan pun biasanya terterada dengan logo sebagai berikut:

Gambar dari http://www.breezyindonesia.com/

Masing-masing sudah pasti memiliki arti, diantaranya:

  1. Simbol setrika polos dan tulisan iron, any tempearture, steam or dry menandakan bahwa pakaian tersebut dapat disetrika dengan suhu dan uap berapapun panasnya, sesuai dengan intuisi kamu.
  2. Simbol setrika dan tulisan iron, low dengan satu titik bulat di dalamnya, mengartikan tentang pakaian yang harus disetrika steam dan panas, namun dengan susu yang rendah sekitar 110 cc begitu.
  3. Simbol setrika dengan dua titik bulat dan tulisan iron, meidum menandakan penyetrikaan pakaian panas atau stream dengan cc sekitar 150an.
  4. Lalu simbol setrika dengan 3 titik dan tulisan iron, high mengharuskan penyetrikaan steam atau panas dengan suhu tinggi semitar 200 cc ya.
  5. Sementara simbol setrika dengan bagian bawah yang ditandai X dan tulisan do not steam mengartikan pakain tersebut tidak boleh disetrika dengan steam, press, atau uap.
  6. Terakhir, simbol setrika dengan huruf X di tengah dan tulisan do not iron berarti pakaian tersebut tidak boleh disetrika sama sekali.

Simbol laundry tentang cara dry clean

Perlu kamu tahu terlebih dahulu bahwa dry cleaning yang dimaksudkan di sini adalah pencucian secara kering. Berarti tidak boleh menggunakan air dong? Sebenarnya masih boleh haya saja dengan takaran yang sedikit.

Gambar dari http://www.breezyindonesia.com/

Banyak yang bertanya tentang “apa itu dry cleaning sebenarnya?”  Secara sederhana dry cleaning berarti membersihkan secara kring satu ada dua titik noda yang cukup membandel pada pakaian. Adapun cara yang dapat dilakukan ada pada simbol berikut:

  1. Logo lingkaran tanpa isi, menandakan bahwa pakaian dapat dibersihkan dengan cara dry cleaning biasa.
  2. Logo lingkaran dengan huruf A, berarti dryclean any solvent yang artinya pakaian bisa dicuci dengan dry cleaning, dan solvent (sejenis detergent) kimia jenis apapun.
  3. Logo lingkaran dengan huruf F, bertanda bahwa dryclean petroleum solvent only, yang berarti hanya dapat dibersihkan dengan petroleum solvent only.
  4. Logo lingkaran dengan huruf P bertuliskan dry clean, any solvent expect trichloroethylene, artinya bisa dicuci dengan solvent apa aja, selain trichloroethylene.
  5. Logo lingkaran dengan satu garis serong di kiri bawah bertuliskan dry clean short cycle, menandakan pakaian dapat dicuci dengan solvent apapun tapi dengan waktu yang singkat alias tidak lama.
  6. Logo lingkaran dengan satu garis serong di kiri atas dengan tulisan dry clean. reduce moisture berarti kamu bisa mencuci dengan mesin khusus dry clean dan mengatur tingkat kelembaban tertentu
  7. Logo lingkaran dengan satu garis serong di kanan bawah bertuliskan dry clean, low heat, artinya pakaian bisa dibersihkan secara kering dengan suhu panas nan rendah.
  8. Logo lingkaran dengan satu garis serong di kanan atas plus tulisan dry clean, no steam artinya pakaian dapat dicuci kering, tapi di finishing tanpa steam.
  9. Logo lingkaran dan huruf X di tengah berarti baju tersebut tidak boleh dicuci kering.

Simbol pada pakaian tentang penggunaan pemutih

Yap! penggunaan pemutih kadang dibutuhkan, kadang juga tidak untuk label baju tertentu. Sebab benda tersebut dapat merusak serat kain pada pakaian, sehingga menjadikannya cepat rusah/robek.

Gambar dari http://www.breezyindonesia.com/

Berikut panduan simbol tentang penggunaan pemutih pada label pakaian:

  1. Simbol berbentuk segitiga bertuliskan bleach when needed artinya dapat diuci dengan pemutih berjenis apapun dan kapanpun ketika diperlukan.
  2. Simbol berbentuk segitiga dengan dua garis di dalamnya dan tulisan non-chlorine bleach when needed, artinya gunakan pemutih non-chlorine yang dapat melindungi warna pada pakaian.
  3. Simbol berbentuk segitiga dan huruf X bertuliskan do not bleach, artinya pakaian tidak dapat dicuci dengan pemutih sekalipun.

Demikianlah artikel tentang penjelasan simbol laundry pada pakain. Setelah tahu, kamu jangan asal cuci lagi pakaian kesayangan kamu, ya?

BACA JUGA:

1. Perbedaan Ukuran Baju Lokal dan Internasional Terlengkap!

2. Cara Membuat Desain Baju Keren dan Unik di Ciptaloka

3. Intip! 5 Cara Mudah Merawat Topi Baseball Kesayangan Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here