Kenali 10 Jenis Kain Terbaik untuk Kamu Buat Jadi Tote Bag

0
78
views

Ciptaloka.com – Akhir-akhir ini penggunaan kantung berbahan plastik mulai dikurangi di berbagai negara. Salah satunya adalah Indonesia. Dari zaman dulu, memang di negara kita ini, penggunaan plastik bisa dibilang sangat over.

Sebagai contoh cobalah kamu belanja ke pasar. Di tempat tersebut, setiap kamu membeli pada satu toko akan mendapatkan 1 plastik. Artinya jika belanja misal ke 5 toko saja, kamu sudah bisa dengan percuma membawa pulang 5 kantong plastik yang berbeda ukuran.

Alhasil, sesampainya di rumah kamu pun akan kebingunang menyimpan benda tersebut. Dengan demikian tempat terakhir bagi mereka tentulah di tempat sampah. Ya kan?

Nah kebiasaan tersebutlah yang pada akhirnya memunculkan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik. Dimulai dari lingkungan pasar swalayan, mall, tempat makan, dan seterusnya. Jika belanja di tempat-tempat tadi tidak mendapatkan kantung plastic, lantas bagaimana cara kita membawa barang yang dibeli ya?

Tentu jawabannya dengan membawa tas belanja sendiri, yang umumnya didominasi oleh jenis tas tote atau tote bag. Kantung jenis tersebut pun terbuat dari beragam jenis kain. Mulai dari yang paling mudah rusak sampai dengan yang paling tebal, kuat, sekaligus awet.

Penasaran apa saja jenis kainnya? Kamu bisa langsung cari tahu di artikel berikut ini:

10 Jenis Kain Terbaik untuk Tas Tote Bag!

Coba kamu ingat satu per satu ya!

1. Bahan Tote Bag Kain Spunbond

Di urutan yang pertama, ada bahan tote bag dari kain spunbound yang bisa dibilang sebagai bahan tote yang paling umum. Biasanya pula diberikan sebagai hadiah atau suvenir kegiatan seminar, pernikahan, pun hadiah dari brand-bradn terkenal.

Dari segi daya tahan, spunbond terbilang paling lemah karena kadang penyatuan bahannya hanya melalui penempelan dengan suhu panas bukan dengan cara dijahit. Supaya lebih jelasnya, berikut contoh fisiknya:

 

Saat sudah lihat gambarnya, coba kamu cek tas tote yang ada di rumah. Ciptaloka jamin pasti salah satu diantara barang-barang itu ada yang berbahan sejenis spunbond ini ya?

2. Bahan Tote Bag Blacu

Ini sih bisa dibilang sebagai salah satu tote bag yang banyak gaya. Kenapa? Karena doi ini blagu eh maksudnya blacu. Hihi.

Bahan yang satu ini, jika dibandingkan dengan spunbond jelas lebih baik kain blacu. Sebab Ia lebih kuat, lebih tebal, dan umumnya dijahit bukan ditempel begitu.

Ciri utama dari kain tote bag berbahan blacu adalah warna yang khas. Bila spunbond tersedia ke dalam warna putih, maka dari warna dasarnya saja blacu ini adalah putih gading.

Sebab bahan dasarnya terbuat dari benang mori yang tidak melalui proses pemutihan. Jadi memang warna gading merupakan warna natural dari jenis tote bag yang satu ini.

3. Bahan Tote Bag Baby Canvas

Kendati memiliki jenis nama “canvas” di bagian akhirnya, tidak berarti kualitas baby canvas bisa setara dengan canvas. Ya bisa dibilang masih satu tingkat lebih rendah dari kanvas namun setingkat lebih tinggi dari blacu begitu.

Berkat kualitas middle-nya, tak heran bila banyak brand distro yang sengaja membuat tote bag dari bahan yang satu ini. Selain harganya lebih murah dari canvas, daya tahan nya pun bisa dibilang lumayan awet jika dibandingkan dengan dua bahan sebelumnya.

4. Kain Kanvas untuk Tote Bag

Yap! The real canvas is here! Dari segi tekstur kasar, berbentuk kaku, dan jelas lebih tebal. Banyak brand atau mereka yang terkenal memilih tote canvas sebagai suvenir belanja mereka.

Dari segi ketahanan, jelas lebih baik. Ditambah salah satu kelebihannya bisa di-kategorikan sebagai bahan tote bag anti air. Bukan cuma itu, Ciptaloka pun…

Memilih tote berbahan kanvas premium untuk pembuatan tote bag custom baik yang portrait pun yang landscape. Bahan itu dikenal tidak hanya mampu menahan air, tapi juga mudah menyerap tinta sehingga setiap gambar/desain yang tercetak di bahan canvas dijamin lebih awet, tidak mudah luntur atau memudar oleh waktu.

Kalo mau coba buat ilustrasi, kamu bisa cek di sini: https://www.ciptaloka.com/custom_tas_tote_bag

5. Jenis Tote Bag Kain Drill

Merupakan bahan campuran antara material polyester ditambah dengan katun. Bahan drill pun selain dibuat menjadi tote bag, kadang dibuat pula sebagai bahan sarung bantal begitu.

Ciptaloka pun menggunakan bahan drill pada produk tote bag full print mereka. Bahan itu dipilih karena mampu menyerap tinta dengan baik sekaligus merata. Pun cukup kuat ketika dipanaskan.

Hasil gambar atau warna yang tercetak pada tote bag full print custom berbahan drill terbukti lebih baik, lebih tajam, dan lebih memunculkan warna nan stand out loh. Coba cek aja di SINI

6. Kain Jenis Tote Bag Berbahan Corduroy

Well, Corduroy tidak selali digunakan sebagai bahan celana loh. Jika kamu punya ide kreatif dan inovatif maka muncullah tote berbahan corduroy.

Sudah jelas, dari bahannya, memang identic dengan ketebalan, kelembutan, serta  tamplannya yang retro abis. Kalo gak percaya bisa cek di bawah ini:

 

Gimana contoh tas tote corduroy-nya, keren juga kan?

7. Kain Denim untuk Tote Bag

Ada juga bahan celana lain yang cocok kalo dibikan jadi tote bag. Yakni kain denim berwarna biru navy yang khas. Kenapa ada tote denim ya?

Hmm bisa jadi tas ini sengaja dibuat bukan hanya untuk kegunaan  utama semata, tapi juga mendukung tampilan fashionable kamu.

Kalo di match up sama material denim dalam jenis baju, jaket, pun aksesoris tentunya akan lebih catchy, yak an?

8. Tote Bag Berbahan Kain Goni

Satu lagi, jangan kamu pandang sebelah mata. Sebab kain goni yang dibuat menjadi tote bag ini, bisa terbilang sebagai kegiatan recycle.

Yang awalnya barang yang tidak berguna, kemudian diubah menjadi tas tote yang tidak kalah keren dengan bahan yang umum atau biasa. Coba tengok di bawah ini:

Bahan goni oke juga kan buat jadi tote?

9. Bahan Scuba, Tote Bag Anti Air

Dari segi nama saja, pasti kamu sudah tahu kalo scuba adalah material yang digunakan untuk membuat pakaian selam. Jadi kalo ditanya apakah anti air atau tidak? Maka jelaslah jawabannya iya.

Selain itu, ciri khas utama bahan scuba ialah permukaannya yang lembut ditambah dengan rata-rata ketebalan nan cukup tips 1-3 mm saja.

Berkat kelebihannya, jangan heran kalo tote bag bahan scuba lebih mahal dari yang sebelumnya-sebelumnya, ya? Sebab ada harga ada kualitas pastinya.

10. Bahan Kulit Sintetis

Kalo yang ini jelas anti air, juga jelas anti panas, dan juga jelas paling awet jika dibandingkan dengan yang di atas sana. Kenapa bisa?

Karena materialnya kulit dong. Selain berpartisipasi dalam kampanye pengurangan bahan plastik, kalo kamu tenteng bahan ini untuk berbelanja dijamin style kamu pun jadi lebih aestetik.

Well. Demikianlah kumpulan bahan tote bag yang bagus. Sekarang kamu tinggal tentukan kira-kira berapa meter kain untuk membuat tote bag?

BACA JUGA:

1. Swag Abis! Gaya 7 Artis Pria Lokal & Hollywood Pake Tote Bag

2. Berikut 9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan, Sebelum Membeli Tas Tote di Pasaran!

3. Ini 9 Trik Memakai Tote Bag Agar Tampil So Formal dan Keren!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here