Jangan Tertipu! Ketahui 7+ Jenis Kertas Undangan Murah

Yok langsung kita bahas satu per satu, ya!

0
2659
views

Ciptaloka.com – Teruntuk kamu yang memiliki rencana menikah di tahun ini, kalau boleh kepo kira-kira sudah sejauh mana nih persiapan nya? Apakah sudah menemukan ide  untuk sebuah souvenir pernikahan? Jika belum, kamu bisa mencoba barang unik dan lucu ini: 6 Ide Souvenir Pernikahan Murah dan juga Mewah.

Terus, salah satu hal yang tidak kalah penting juga dalam mempersiapkan pernikahan ialah kartu undangan. Sudahkah kamu menemukan tempat pembuatannya?

Atau bila bosan dengan template undangan yang begitu-begitu saja dan jangan-jangan kamu berencana untuk membuatnya sendiri saja? Hmm jika itu pun mau kamu, kebetulan banget nih.

Ciptaloka akan membuat sebuah artikel yang membahas tentang jenis kertas undangan pernikahan, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Supaya kamu jadi tahu dan tidak mudah tertipu.

Jangan Tertipu! Ketahui 7+ Jenis Kertas Undangan Murah

Yok langsung kita bahas satu per satu, ya!

1. Kertas Undangan Jasmine

Kertas jasmine adalah kertas undangan yang jika dilihat dari tampilan fisiknya, tentulah sangat unik. Sebab benda itu memiliki gerombolan glitter nan melekat erat pada permukaan kertasnya.

Dari segi gramatur, terdapat jenis kertas jasmine putih dengan gramasi tebal maupun tipis. Kegunaan kertas ini pun memang banyak dipakai sebagai kartu, baik kartu undangan pernikahan pun ulang tahun.

Meski permukaan kertas terbilang halus serta bersih, nyatanya Ia tidak dapat menyerap tinta dengan optimal loh. Makanya teknik cetak yang biasa digunakan pada kertas iundangan jasmine itu hanya terbatas pada emboss dan deboss.

Selain itu, kertas jasmine dikenal karena memiliki aroma wangi nan khusus. Maka beberapa percetakan pun, jadang membuat Ia menjadi sebuah amplop nan tidak kalah keren.

Kamu bisa cek deh semisal amplop kartu ucapan custom Ciptaloka, yang kebetulan memakai jenis bahan kertas nan harum itu

Beginilah ilustrasi tampilan dan juga hasil cetakan embos di permukaannya:

Source Image from https://www.zature.com/

2. Kertas Undangan Art Paper

Dari segi nama saja, sudah jelas memang kertas yang satu ini banyak diperuntukkan bagi percetakan beragam desain gambar maupun karya seni rupa modern. Serta banyak dimanfaatkan juga tuk mencetak sebuah poster, majalah, flyer, maupun brosur.

Kertas undanagn art paper pun memiliki tampilan nan mengkilat atau glosy, dengan tekstur polos lembut baik pada permukaan depan maupun belakangnya.

Beberapa malah mendeskripsikan kertas art paper ini sebagai kertas CTS yang terkenal tebal serta andal dalam menyerap tinta pun menghasilkan gambar dengan gradasi dan warna nan mendetail.

Beginilah contoh tampilan kertas undangan kosong berbahan art paper pada sebuah gambar:

Source Image from https://5.imimg.com/

3. Kertas Undangan Matt Paper

Bila hendak mencari penyedia jasa jual kertas matt paper untuk kartu undangan, dengan budget yang murah, bisa dibilang matt paper adalah salah satu solusinya.  Meski terbilang low price, tapi jangan ragu deh kalo soal kualitas.

Untuk segi tampilan, kertas ini memiliki rupa nan cantik dan mewah loh. Ditambah tampilan kertasnya yang glossy, mampu menunjukkan kesan glamor luar biasa. Saat kamu memegangnya, pastikan pula kamu raba tekstur kertasnya nan se-lembut kulit wanita korea itu.

Soal kemampuan cetak, tidak perlu diragukan lagi deh. Sebab Kertas Undangan Matt Paper ini emang jago banget loh menyerap tinta. Artinya gambar apapun yang dicetak di atasnya, pasti keren banget deh ya.  Ayo kamu cek aja nih contohnya:

Source Image from https://www.mgxcopy.com/

 4. Kertas Undangan Art Carton

Untuk jenis kertas yang satu ini, bisa dibilang hampir mirip dengan kertas undangan art paper yang telah di bahas sebelumnya.

Kamu cek dari segi tampilan saja, baik di bagian depan maupun belakang sama-sama menampilkan sisi putih nan mengkilap atau glossy begitu.

Lantas apa pembeda yang jelas antara art carton dan art paper? Jawabannya ada pada segi ketebalan kertas.

Di mana art carton terbukti lebih tebal, dengan gramasi yang bisa dikatakan 180 gram sampai dengan 400 gram. Tentu beda jauh dengan art paper yang biasanya bergramasi 120 gram sampai dengan 150 gram saja.

Untuk kamu yang penasaran dengan look-nya, Admin sertakan contohnya di bagian ini ya:

Source Image from https://cf.shopee.co.id/file/c0ee4739517a3907b28a184e65eebc2c

5. Kertas Ivory

Kalau kamu mencari kertas yang bisa semuanya, alias kombinasi dari art paper, art carton, dan matt paper, maka kertas ivory adalah pilihan yang tepatnya.

Kertas undangan bergaya rustic ini pun memiliki karakteristik khusus di bagian sisi luar kertas, nan lembut seperti art paper. Kemudian mengkilap seperti mat paper, dan tebal seperti art carton.

Hanya saja untuk permukaan dalam dari kertas Ivory terbilang agak kasar bila dibanding ketiganya. Kertas jenis ivory pun secara umum banyak digunakan untuk keperluan packaging makanan, semisal jadi paper bag, food box, dan package box.

Kendati demikian, banyak juga kok mereka yang menggunakannya untuk kartu undangan dengan tema nan unik. Semisal contoh di bawah ini nih:

Source Image from https://www.thepapermillstore.com/

6. Kertas Kartu Undangan Bahan Concorde

Ada juga kertas yang memiliki ciri khusus berupa garis timbul beraturan di bagian permukaannya. Ia disebut sebagai Concorde Paper.

Banyak orang sebetulnya menggunakan kertas jenis Concorde untuk mencetak sertifikat, kartu nama, dan juga kartu undangan.

Terkhusus kartu undangan, biasanya kertas undangan wangi ini akan dipakai hanya sebagai bagian isi daripada undangan dan dicetak dengan menggunakan warna hitam/putih saja.

Source Image from https://cf.shopee.co.id/file/163ad4fc689112e2fdd2eb46a4e73b51

Artinya kalau mau, kamu bisa gunakan kertas ini sebagai bagian isi undangan sementara packaging di bagian luar-nya bisa gunakan amplop dar kertas jasmine yang sebelumnya. Dijamin keren banget, ya kan?

7. Kertas Undangan Samson Craft

Untuk yang satu ini, bisa disebut sebagai kertas dengan harga paling murah. Alasannya jelas karena Samson Craft dibuat dari proses daru ulang kertas.

Tidak heran, bila kesan pertama ketika menyentuh-nya kamu akan merasakan permukaan nan kasar, beserta sensasi dusty karena kertas berpasir begitu.

Source Image from https://kreasiundangan.com/

Tapi jangan salah loh, kalau kamu kreatif, Kertas undangan berbahan Samson bisa jadi invitation card unik, bertemakan kertas undangan rustic. Berikut ada contoh kartu undangan berbahan kertas samson Craft.

8. Kertas Linen

Perlu kamu tahu, Linen bukan hanya bahan untuk pakaian. Tapi juga bisa menjadi material untuk membuat sebuah kertas atau kartu undangan.

Source Image from https://id-test-11.slatic.net/p/e25367bdd7843f20a217247ac1d349ba.jpg

Dari segi tekstur, memang kertas undangan yang satu ini terbilang kasar juga bergaris dan mudah meninggalkan jejak ketika dilipat. Namun masih tetap fleksibel loh untuk digunakan.

Dengan tingkat gramasi 150 gram sampai dengan 200 gram, kamu bisa memanfaatkan kertas ini guna membuat sebauh kartu undangan unik.

Lewat karakternya yang kuat serta kemampuan menyerap tinta nan baik, bisa deh jadi tema kartu undangan klasik nan asik. Kayak gini nih:

9. Kertas Aster

Termasuk ke dalam salah satu jenis kertas berharga mahal. Sebab kualitasnya memang lebih bila dibandingkan dengan kertas-kertas sebelumnya.

Source Image from https://cf.shopee.co.id/file/2f1e6edd1b6dd000be862f04e6205ba7

Untuk itu, jika kamu memang mau bikin kartu undangan yang premium dan eksklusif bisa pakai jenis ini.

Dijamin deh kartu undangan kamu akan terlihat sangat menawan sekaligus berkesan bagi setiap tamu yang diundang.

10. Kertas Akasia

Source Image from http://www.margonopaper.com/

Terakhir masih berbicara soal kertas dengan harga yang mahal. Terlebih lagi dari segi fisik, Akasia paper memang lebih condong menyerupai kain ketimbang kertas.

Bertekstur garis yang khas berupa tenunan-tenunan nan timbul. Menciptakan kesan yang tentunya lebih premium sekaligus mahal, ya kan?

Baiklah itu semua informasi yang dapat adimin sampaikan tentang Jangan Tertipu! Cari Tahu Nih 7+ Jenis Kertas Undangan Murah. So, jika sudah tahu silakan bikin sendiri atau nego dengan tukang undangan secara pribadi 😀

BACA JUGA:

1. Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Souvenir Pernikahan

2. 25 Ucapan Selamat Pernikahan Menyentuh Hati Untuk Sahabat

3. 11 Ucapan Ulang Tahun Pernikahan yang Paling Romantis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here