Catat! Inilah 21 Jenis Sablon Kaos Paling Lengkap dan Unik

0
560
views

Ciptaloka. com – Jika kamu pingin mempunyai kaos dengan mutu cetakan sablon yang bagus, tentu kamu wajib ketahui dahulu jenis-jenis sablon yang umumnya terdapat di setiap kaos.

Setelah itu, apabila kamu ingin sablon tersebut tercetak pada kaos yang bagus serta nyaman ketika dikenakan, berarti kamu juga wajib ketahui tentang tipe kaos apa aja nih yang cocok dengan tinta sablon tersebut.

Nah dari kedua uraian di atas, Ciptaloka bakal bantu jawab rasa penasaran kamu dengan:

21 Jenis Sablon Paling Lengkap dan Unik

1. Jenis Sablon Karet ataupun Rubber

Ilustrasi | pernik.co.id

Ini merupakan kategori tinta sablon kaos yang sangat banyak digunakan di pasaran.

Pasalnya selain dapat diaplikasikan pada hampir seluruh media kaos baik kaos hitam ataupun kaos cerah, tinta sablon rubber juga memiliki kemampuan untuk menempel pada setiap lapisan rajutan kain.

Artinya tinta sablon rubber ini bakal menutup maupun melapis di atas susunan serat kain.

Tentu dibutuhkan pengetahuan serta pengalaman yang cukup guna menggabungkan tinta sablon ruber agar hasilnya sesuai dengan kelenturan bahan pakaian kaos yang hendak disablon, sehingga hasilnya lebih tahan lama.

2. Jenis Sablon Plastisol

Ilustrasi | xmockdx.files.wordpress.com

Berikutnya ada sablon plastisol yang bisa jadi cukup dikenal di pasaran. Merupakan tipe tinta salbon jenis oil based atau dikenal sebagai cat sablon berbasis minyak.

Berkat campuran itu plastilos termasuk jenis sablon yang memiliki kemampuan istimewa semisal mencetak dit (titik) super kecil namun dengan hasil yang sangat high definition.

Plastisol pun banyak digunakan khusus untuk sablon raster karena memiliki hasil lebih terperinci dengan jaminan mutu besar.

Namun sablon tipe ini lebih mahal biayanya, sebab instrument yang dibutuhkan berbeda dengan sablon manual biasa.

Kemudian tidak seluruh jasa sablon di Bandung mempunyai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Salah satu contoh prasarana yang dibutuhkan ialah pengeringan dengan dibantu oleh cahaya infrared.

Umumnya usaha sablon iyang mempunyai sarana dan prasaran memadai pun tidak mau menerima order dalam jumlah sedikit.

3. Jenis Sablon DTG Pigment

Sablon Pigment memang umum digunakan pada kaos yang memiliki corak warna terang atau lebih spesifik berwarna putih.

Kelebihan yang dimilikinya ialah karena setiap bubuk tinta pigment, dikenal mudah menyerap pada lapisan kain kaos.

Alhasil setiap sablon yang dihasilkan lebih rata dan solid, lalu lapisan testur kain pun akan tetap terlihat meski sudah disablon oleh tinta pigmen. Paling bagus untuk digunakan mencetak kaos dengan desain besar dan lebar.

Kendati demikian penggunaan tinta ini terbilang lebih hemat daripada yang lain. Hal yang harus kamu hindari ketika menggunakan tinta ini adalah pencampuran kimia-nya ya.

4. Jenis Sablon Discharge

Ilustrasi | konveksi.me

Dikenal sebagai sebuah metode sablon dengan cabut warna yang banyak dipakai oleh pelaku sablon nan membutuhkan solusi screen printing berbasis air.

Discharge memiliki keistimewaan dalam hal menipiskan warna dasar kaos, kemudian menempel atau menggantinya dengan warna baru sesuai kebutuhan.

Dikatakan dalam membuat tinta sablon discharge dibutuhkan penggabungan antara tinta sablon superwhite dengan bubuk binder khusus.

Hasil cetakan sablon jenis Discharge cenderung lembut seta terlihat seperti warna kaos yang alami. Paling cocok dipakai pada kain kaos katun alami, semisal warna hitam dan biru navy.

5. Jenis Sablon Glitter

Ilustrasi | rhinoflex.co.id

Guna menghasilkan sablon dengan efek glitter yang gemerlap, biasanya diperlukan perpaduan antara bahan utama sablon dengan serbuk glitter itu sendiri.

Kaos yang dicetak dengan sablon ini pun akan lebih menonjolkan kesan glamour dan ramai yang kuat dari sablon lainnya.

6. Jenis Sablon Glow in the Dark

Ilustrasi | dabilsablon.com

Pertama kali ada di pasaran sablon glow in the dark ini cukup laku keras karena memiliki banyak sekali peminat.

Hasil sablon yang ditampilkan mampu terlihat di tempat gelap, seolah menyala. Buat yang penasaran mengapa bisa demikian, sebab tinta yang dipakai memiliki fosfor yang dapat menyerap sinar.

Setelahnya sinar tersebut mampu memancarkan dengan sendirinya. Umumnya tinta yang dipakai berjenis rubber, pigment maupun plastisol.

7. Jenis Sablon Foam atau Cat Timbul

Ilustrasi | vendorpedia.co.id

Kebanyakan orang ada yang menyebutnya sebagai jenis sablon puffy atau foaming. Alasannya karena pertama, memang tinta yang digunakan adalah jenis foaming. Kedua sablon yang dihasilkan tersebut memiliki efek timbul seperti karet yang diisi dengan udara begitu.

Guna menghasilkan efek sablon yang demikian diperlukan proses pemanasan khusus. Meski terbilang unik, sablon foam kurang laku di pasaran karena sablon jenis tersebut mudah rusak dan kurang-lebih bertahan selama 8-10 kali pencucian.

8. Jenis Sablon Reflektif

Ilustrasi | googleusercontent.com

Jenis sablon yang ini pun tidak kalah unik. Sebab sablon gambarnya akan memantulkan sebuah cahaya bilamana disorot oleh cahaya misal senter atau lampu motor.

Sudah pasti dalam mencetak sablon jenis ini memerlukan tinta spesial dan khusus. Biasanya banyak diproduksi oleh pabrik 3M yang cukup langka.

9. Jenis Sablon Flocking

Ilustrasi | berkaos.com

Jenis sablon yang dibuat timbul dengan bantuan material beludru. Beludru adalah bahan plastik sintetis nan memilki serat seperti kulit.

Dalam menciptakan sablon jenis ini, pengerjaan teknis nya ialah dengan menempatkan taburan bubuk beludru pada lem flocking atau pasta.

10. Jenis Sablon Foil

Ilustrasi | captainkonveksi.com

Menghasilkan sablon yang memiliki efek mengkilat yang kuat karena disablon manual dengan bantuan dari bahan lain seperti aluminium foil.

Alhasil setiap desain atau gambar yang dihasilkan seolah memiliki pantulan yang sangat prestise.

Dalam proses pembuatan sablon ini, lapisan kertas logam direkatkan bersama alat perekat khusus.

Sayangnya bahan sablon foil memiliki kekurangan dari segi warna dan kemampuannya dalam mencetak gambar yang sederhana saja begitu.

Demikianlah 10 Teknik Sablon yang Hasilnya bisa kalian temukan dengan mudah di pasaran. Akan tetapi, di samping teknik di atas ada juga lho 11 teknik sablon dengan hasil cetakan yang unik. Diantaranya:

11. Jenis Sablon Unik: Sugar Printing

Ilustrasi | andalasclothing.co.id

Teknik sablon ini akan mampu menghasilkan sebuah kaos dengan efek butiran-butiran putih transparan seperti gula. Tak heran bila kemudian dinamakan dengan teknik sugar printing kan.

12. Jenis Sablon Unik: Distressed Vintage

Ilustrasi | rushordertees.com

Jenis sablon yang ini mampu menghasilkan sebuah gambar dengan inovasi grafik pecah-pecah seperti sebuah gambar yang usang bernuansa vintage.

13. Jenis Sablon Unik: Sublimation Transfer

Ilustrasi | printgraphicmagz.com

Ada juga jenis sablon yang mampu mencetak gambar secara full print pada kaos. Metode yang digunakan ialah sublimation yang mana mula-mula gambar dicetak pada secarik kertas, kemudian kertas tersebut dipanaskan agar mampu mentransfer gambar pada kaos yang diinginkan.

14. Jenis Sablon Unik: Rock Base

Ilustrasi | sablonitas.com

Adalah sebuah teknik sablon high density dengan memanfaatkan tinta rock base, yang mana mampu menghasilkan cetakan dengan permukaan kasar menyerupai batu.

15. Jenis Sablon Photochromic

Ilustrasi | offsetsecurityink.com

Dapat dibilang sablon jenis ini hanya mampu dilihat di tempat yang terkena matahari secara langsung atau terang. Sebab bila di dalam ruangan apalagi yang redup, gambar atau hasil sablon tidak akan nampak pun terlihat jelas.

16. Jenis Sablon Cukil Kayu

Ilustrasi | infobintaro.com

Sablon menggunakan teknik cetak cukil kayu atau xylografi adalah salah satu teknik dalam seni grafis, yang mana gambar dicetak dalam sebuah lembaran kayu mdf.

Kemudian kayu tersebut dileburi oleh tinta, barulah kaos ditaruh sebagai media pemindahan gambar dari kayu ke kaos.

17. Jenis Sablon Parasit

Khusus jenis sablon polyflex ini dibuat untuk mencetak gambar pada media kain parasit.

Sebab kain tersebut membutuhkan jenis tinta khusus seperti solvent base yang berbasis minyak.

18. Jenis Sablon Aspal

Ilustrasi | satriabajahitam.com

Yap sama seperti namanya, sablon unik ini akan mampu menghasilkan sebuah cetakan sablon dengan efek hitam-abu serta retak-retak layaknya aspal.

Secara umum guna membuatnya memang menggunakan tinta jenis plastisol, hanya saja pada pengerjaan nya perlu keahlian khusus.

19. Jenis Sablon Thermochromic

Ilustrasi | 1.bp.blogspot.com

Merupakan jenis sablon yang unik serta beda dari sablon-sablon sebelumnya. Hal tersebut dapat terlihat bilamana ada hawa panas yang mendekatinya, maka warna pada sablon akan bereaksi atau berubah.

Tintanya bisa dibilang hampir sama dengan yang ada pada mug bunglon custom, karena sama-sama berubah ketika terkena panas.

20. Jenis Sablo Chromicolor

Ilustrasi | ciptaloka.com

Keunikan jenis sablon ini hanya dikembangkan oleh produsen tinta sablon matsui. Ciri khas sablon ini mampu menghasilkan warna yang cerah dan berbeda dari yang lainnya.

21. Jenis Sablon Separasi

Ilustrasi | indysmoke.com

Terakhir ada jenis sablon separasi yang terbilang sablonan paling rumit dan susah karena harus memisahkan masing-masing warna desain menjadi film.

Terlebih ada dua jenis sablon separasi yakni blok atau spot color.

Itulah 21 Jenis Sablon yang Baru, Lengkap, dan juga Unik. Mana nih yang jadi favorit buat ada di baju kamu?

BACA JUGA:

1. Sablon Kaos Full Print Satuan. Apa Menariknya?

2. Mengenal Jenis-Jenis Tinta yang Membedakan Hasil Sablon DTG dan Manual

3. Sudah Tahu 7 Perbedaan antara Sablon DTG vs Sablon Manual Ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here