Cara Mudah Membuat Kartu Ucapan Digital Gratis

0
204
views

Ciptaloka.com – Banyak hal yang jauh berubah di era digital seperti sekarang ini. Hal-hal yang dulunya bersifat fisik atau kebendaan, mulai beralih menjadi bentuk digital. Salah satunya adalah kartu ucapan.

Teruntuk kamu para generasi 80 dan 90-an, pastinya pernah merasakan saat di mana kita harus membuat sebuah surat hanya untuk bertukar kabar dengan seseorang nan jauh di sana.

Tidak lupa, pesan tersebut pun haruslah ditulis menggunakan tangan sendiri serta membutuhkan banyak waktu agar bisa sampai dan menerima balasan kembali.

Berbanding jauh dengan era sekarang, yang hanya membutuhkan sebuah koneksi internet semata. Nantinya isi pesan bisa diketik di sebuah perangkat, lalu kemudian mengirimkannya secara real time dalam hitungan detik, tanpa harus menunggu lama.

Masalahnya, jika pesan tersebut hanya ditulis biasa, tentu kesan nya pun akan terasa biasa saja terlebih tidak ada effort yang dibutuhkan sama sekali, kan?

Makanya mulai dari sekarang, cobalah membuat pesan tersebut menjadi lebih wah, unik, sekaligus estetik. Mau tahu caranya?

Langsung nih! Ciptaloka akan bantu kamu dengan memberikan:

Cara Mudah Membuat Kartu Ucapan Digital atau Online

Sebelum mulai, kamu harus ketahui dulu bahwasanya tersedia banyak situs yang bisa membuat kartu ucapan digital yang berbeda-beda. Ada yang berupa kartu ucapan online saja, adapula yang bisa langsung dicetak bentuk fisiknya, tidak hanya berbentuk digital begitu.

Untuk situs kartu ucapan online gratis yang pertama, pastinya adalah Ciptaloka.com.

Sebagai Langkah awal…

Kamu kunjungi dulu situs www.ciptaloka.com

Langkah ke-2

Pilih menu Aksesoris Custom, lalu pilih produk Kartu Ucapan kayak begini:

Baru deh langkah ke-3

Nanti akan muncul halaman berisikan mock up atau ilustrasi bentuk desain kartu ucapan kosong.

Langkah ke-4

Kamu pilih bagian menu di sebelah kanan, yang bertuliskan Tambah Teks untuk menambahkan tulisan pada lemabaran kartu. Lalu bisa juga Tambah Stiker/Gambar agar nanti kamu pun dapat membuatnya lebih estetik dan menarik.

Bila kamu tidak dapat membuat desainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur Template Kartu Ucapan yang berisi lembaran kertas berdesain dan sudah siap kamu isi teks atau pesan.

Supaya lebih cepat, tinggal langsung KLIK DI SINI saja ya. Selain itu, kalo semisal kamu pun tidak bisa merangkai kata-kata nya, bisa kamu copy paste gratis langsung dari artikel berikut.

Misal isi pesannya bertemakan birthday, maka : 23 Ucapan Selamat Ulang Tahun Singkat Tapi Bermakna ini akan sangatlah pas kamu pakai sebagai desain kartu ucapan ulang tahun online.

Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpan mock up gambar kartu ucapan ini lewat fitur download atau screen shot layar device kamu bila mau lebih cepat.

Namun semisal kamu mau sekalian mencetak dan mengirimkannya, tinggal stay di menu yang tadi dan klik Tambah ke Keranjang. Segera isi alamat penerima, dan bayar saat itu juga.

Setelahnya kamu tinggal menunggu kartu ucapan tersebut sampai ke alamat tujuan.

Selain Ciptaloka, ada juga kok situs lain yang bisa desain kartu ucapan online free, yaitu: Canva. Sebagai Langkah pertamnya, tinggal kunjungi situs: www.canva.com

Kemudian, di sebelah Home, ada fitur DESIGN yang bilamana kamu sorot, akan memunculkan sub menu yang beragam.

Oleh karena kamu mau membuat kartu ucapan, maka pilih sub menu: Postcards atau Greeting Cards. And then, kamu pilih Free Download Template Kartu Ucapan yang bisa kamu sesuaikan dengan kesukaan.

For your information, beberapa template desain yang tertera di situs Canva, tersedia mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar.

Sekiranya kamu hanya pingin coba, pilihlah yang gratis terlebih dahulu. Tapi semisal yang gratis terlalu MAINSTREAM atau sudah banyak yang pakai, tidak ada salahnya kamu pilih yang berbayar ya?

Setelah menentukan template-nya, kamu tinggal menambahkan baik tulisan atau pun gambar pada kartu ucapan tersebut. Jika sudah selesai, tinggal download deh.

Jangan lupa, supaya download-an kamu tersimpan secara aman, boleh buat akun Canva terlebih dahulu lewat menu Sign Up. Agar nantinya history desain dan unggahan kamu akan terekam rapi di riwayat akun.

Berikutnya, kita akan coba cara membuat kartu ucapan dengan perangkat lunak Bernama Word. Yap! lebih lengkapnya adalah Microsoft Word.

Siapa yang sangka bukan? Bila di tahun sekarang software sekelas Microsoft sudah dapat membuat kartu ucapan. Dan tentu bukan hanya itu, mereka juga sudah menyediakan beragam template yang keren dan pastihya siap kamu pakai.

Guna membuatnya pun sangat mudah. Langsung saja:

Langkah Pertama

Buka perangkat lunak Microsfot Word. Usahakan versi yang terbaru yang semisal Microsoft 2021.

Langkah Kedua

Nanti kamu akan diarahkan pada menu Home, dan di sebelah kanan akan muncul beberapa pilhan template. Tentu isi template bukan hanya kartu ucapan saja, tapi ada juga template kartu undangan, CV, dan bahkan kalender.

Namun karena kamu mau buat kartu ucapan pilih tinggal ketikan saja di menu searchnya CARDS atau GREETING CARDS. Nantinya akan muncul beberapa template yang siap ketik.

Tinggal kamu isikan saja pesan, semisal : 25 Ucapan Selamat Pernikahan Menyentuh Hati Untuk Sahabat atau bisa juga 63+ Ucapan Ulang Tahun Lucu dan Simple untuk Suami Tercinta

Mudah sekali bukan?

Nah begitulah isi tutorial mudah dalam membuat kartu ucapan online. So, tanpa banyak basa dan basi, silakan kamu langsung buat sendiri. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

JANGAN  LEWATKAN:

1. Alasan Kompetitor Kamu Pakai Kartu Ucapan tuk Bisnis Olshop

2. Terlengkap! Contoh Kata-Kata Pada Kartu Ucapan Indo-English

3. 11 Ucapan Ulang Tahun Pernikahan yang Paling Romantis