Yuk Coba! 5 Outfit Style Celana Cargo plus 7 Fakta Uniknya

0
145
views

CIptaloka.com – Apakah kamu punya celana cargo di rumah? Lalu kebingungan mencocokkan gayanya? Baiklah sini, Ciptaloka akan bantu kamu ya.

Tapi sebelum mengarah ke Outfit Style Celana Cargo, sebaiknya mari kita baca dulu fakta unik tentang item fashion ini, dimulai dari sisi:

1. Sejarah

Pada tahun 1938, celana ini kebanyakan dikenakan oleh pasukan tentara di Britania Raya. Ciri paling khas dari celana cargo adalah banyaknya saku yang tersedia. Mulai dari saku paha kanan dan kiri yang umum ditemukan.

Source : https://www.militarytimes.com/off-duty/military-culture/

Lalu berlanjut ke dua saku di bagian belakang yang dilengkapi penutup, serta kancing untuk menguncinya. Plus tambahan dua samping saku di bagian lutut kanan serta kiri dengan model yang sama. Jadi total semuanya ada 6 saku.

Berdasarkan info sejarah pula, ditemukanlah fungsi dari saku-saku tersebut. Yang ternyata bukan untuk gaya semata tapi juga berfungsi sebagai wadah menyimpan amunisi seperti peluru serta alat komunikasi berupa radio pada zamannya.

2. Pengembangan Kegunaan

Sebab banyaknya saku yang tersedia, model outfit celana cargo pun mulai dipakai oleh beragam bidang pekerjaan. Misalnya teknisi di lapangan, engineer, montir, plumber, dan bahkan para traveler atau pencinta alam (campers).

3. novasi Celana Cargo

Semakin banyak pengguna, tentunya dibutuhkan pula pengembangan atau inovasi. Dari situlah tercipta model celana cargo two in one (2 model celana dalam 1 bentuk). Maksudnya gimana min?

Jadi secara tampilan mirip celana cargo yang Panjang seperti biasa. Akan tetapi pada bagian dalam paha, dilengkapi lagi dengan ritsleting. Hal tersebut berfungsi agar para pengguna bisa memakainya baik dengan model celana cargo panjang atau dicopot di bagian ritsleting tadi, sehingga celana cargo berubah menjadi outfit celana cargo pendek yang keren. Seperti gambar berikut ini:

Nah dengan demikian, kamu bisa beli 1 celana namun bisa mengubahnya sesuai kebutuhan. Mau jadi Style Calana Cargo Panjang Standar? Bisa. Mau jadi Style Celana Cargo Pendek bernuansa santai pun bisa. Keren kan?

4. Puncak Kepopuleran

Menginjak tahun 1990-an, celana kargo mulai di-produksi massal dan menjadi salah satu komoditi fashion populer berkat modelnya yang adaptif, bisa menjadi ootd celana cargo kekinian. Barang itu kemudian banyak dikenali sebagai celana fashion tactital.

Pada era sekarang ini pun para pengguna celana cargo memiliki latar belakang yang berbeda. Mulai dari para musisi, aktor, aktris, dan bahkan para petinggi negara. Hal tersebut juga mendorong persepsi baru akan saku atau kantong pada celana cargo. Yang dulunya sangat fungsional, sekarang dinilai hanya sebatas aksesori semata.

5. Genderless Pants

Mereka yang memakai celana cargo tidak hanya sebatas para pria semata tapi juga para Wanita. Bahkan brand-brand terkenal dan selebriti kesohor di negeri Paman Sam ramai-ramai mempopulerkan kembali style celana cargo ini loh.

Diantara mereka ada nama : Hillary Duff, Jessica Alba, dan Chloe Kardashian yag pernah tertangkap layar menggunakan style celana cargo wanita loh. Tidak hanya sampai di situ, baik Girl Band maupun Boy Band asal Korea Selatan pun tidak mau kalah trend.

Tak jarang, banyak dari mereka memakai celana kargo seragam untuk kebutuhan stage perfomane mereka. Yang terkenal diantaranya adalah AESPA, GIDLE, BLACK PINK, BTS dan banyak lagi deh.

6. Variasi Bahan, Warna, dan Model

Sebab pada mulanya style celana cargo  dirancang khusus untuk para Tentara, tentunya warna yang populer hanya sebatas meliputi warna khaki, Hijau Army, dan Hitam. Berbeda dengan era sekarang, yang banyak sekali tersedia warna celana kargo mulai dari yang bertema cerah sampai yang dark.

Hal tersebut pun berlaku pada penggunaan bahan. Dulu celana kargo dibuat menggunakan bahan kanvas tebal, agar dapat melindungi tubuh para tentara di segala kondisi.

Namun di era sekarang, celana cargo bisa dibuat dengan aneka bahan mulai dari yang paling murah seperti drill sampai dengan yang premium tebal serta tahan air yakni Ripstip Nilon.

So, sebelum memutuskan untuk menggunakan outfit celana cargo ada baiknya kamu tentukan pula bahan apa yang nyaman kamu pakai, ya?

Barulah kamu tinggal menentukan jenis atau model celana cargo. Umumnya tersedia 3 varian, diantaranya:

Reguler Cargo

yang memiliki ukuran celana standar. Tidak terlalu longgar pun tidak terlalu sempit. Cocok buat kamu yang doyan pakai style fashion simple.

Baggy Cargo

namun bila kamu lebih suka tampil dengan gaya oversize atau pun memiliki ukuran badan yang besar, Baggy cargo bisa jadi pilihan yang tepat.

Slim Fit Cargo

Khusus yang suka memakai pakaian ketat, serta menonjolkan tekukan tubuh pada bagian kaki, bisa pilih slim fit cargo ini. Kendati terkesan sempit, bila kamu memilih bahan yang adaptif atau mudah menenggang seperti karet maka akan nyaman juga kok.

7. Inspirasi Gaya Outfit Celana Cargo

Berhubung sudah tahu fakta uniknya, yuk lanjut ke bahasan tentang pakaian apa yang match sama celana cargo ini ya? Gas yuk!

– Ootd Celana Cargo Baggy Hitam Pria dengan Kaos Oversize

Pertama, kalau kamu ingin memkai gaya ini, usahakan pula atasan kamu baik kaos, sweater, atau jacket memiliki ukuran nan besar pula. Supaya kesan Oversize-nya dapet tidak hanya dari celana saja, tapi juga dari outer-nya.

– Outift Style Celana Cargo Wanita

Kedua, khusus para ladies, celana cargo bisa kamu kombinasikan dengan atasan seperti Tank Top untuk kesan sexy sporty, lalu crop top untuk kesan sexy casually, dan Hoodie Hijab untuk kesan modern hijaber.

– Style Celana Cargo Motif Loreng Pria

Ketiga, semisal kamu memilih celana cargo yang memiliki motif nan ramai seperti corak loreng, ada baiknya kombinasi dengan atasan yang polos saja. Supaya bisa meredam keramaian di celana itu.

– Outfit of The Day Celana Cargo Wanita + Kaos Polos Panjang

Keempat, khusus para hijabers, kamu masihh bisa pakai celana kargo wanita dan kombinasi dengan Kaos Panjang custom yang berwarna sesuai baik itu dengan baju atau celana. Pilih satu saja, tidak harus seragam semua warnanya.

Untuk Wanita yang belum pakai hijab pun, bisa pilih atasan kaos Panjang baik bergambar polos atau bergambar. Nantinya bisa disesuaikan baik dengan warna sepatu sandal.

– Outfit Celana Cargo Pendek

Kelima, untuk memaksimalkan kesan santai, bisa pakai cargo pendek dengan kaos pria custom. Baik bergambar atau pun polos. Kalo kurang, di bagian outernya bisa pakai Vest dengan tema senada cargo, missal memiliki banyak saku atau model tactical begitu.

Nah berhubung semua info sudah Ciptaloka berikan, sisanya tinggal kamu aplikasikan. By the way, kalo ada ide kombinasi outfit lainnya, tinggal tambah di kolom kometar, ya?

BACA JUGA:

1. Begini Outfit dan Fashion Style Ala Anak Kuliah yang Simple

2. 5 Ragam Style Oversize Pria & Wanita Kece nan Bisa Kamu Coba

3. Update Penampilan Kamu, Coba 5 Outfit Sweater Korean Style

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here