Yuk Bernostalgia ke Zaman SD Kamu, dengan Mengingat 5 Sampul Buku Pelajaran Legend Ini!

Mana yang kamu suka? 

1
118
views

Ciptaloka.com – Mengingat pada tanggal (02/05) kemarin telah diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional, maka dari itu Ciptaloka pun akan sedikit membahas artikel ringan seputar Pendidikan.

Tapi… kita harus menjelajah waktu dulu, karena kita akan bernostalgia mengingat masa pendidikan kita di Sekolah Dasar. Apa saja ya kira-kira? Simak deh!

Yuk Bernostalgia ke Zaman SD Kamu, dengan Mengingat 5 Sampul Buku Pelajaran Legend Ini!

Mana yang kamu suka? 

Sampul Buku Bacaan Jilid 5a

Buku pelajaran yang satu ini, pasti pernah menjadi bacaan wajib anak-anak zaman old. Momen pertama kali mereka bertemu dengan buku terbitan Balai Pustaka itu adalah ketika menginjak bangku sekolah dasar, tepatnya kelas 5.

Dari segi tampilan, buku Bacaan Jilid 5a memiliki sampul hijau, dengan ilustrasi gambar seorang remaja pria di tengah, anak wanita di samping kanannya, dan seorang anak lelaki kecil di samping remaja pria tadi.

Menurut kabar yang berkembang tiga tokoh dalam salmpul buku tadi bernama Irma, Arman, dan Andi.

Untuk isi bukunya, lebih pada kumpulan cerita-cerita pendek yang memberikan pelajaran hidup yang mudah dicerna oleh anak-anak. Lebih unik lagi, berikut ada beberapa parodi cover buku yang legend bagi anak 80-90’an ini:

Gambari dari https://goo.gl/QQeWQF

Kalau kamu kangen sama bukunya tapi susah nemu, gak ada salahnya bila cetak di kaos saja, coba klik gambar kaos gambar sampul buku jadul tadi.

Cover Buku “Pelajaran Bahasa 4a”

Kalau yang tadi ketemunya di kelas 5 SD, nah buat yang ini kamu pasti ketemu di tingkat sebelumnya, yakni: Kelas 4 Sekolah Dasar.

Untuk tampilan, buku pelajaran bahasa ini memiliki ilustrasi gambar yang berbeda. Terlihat ada tiga orang anak lagi, yang katanya bernama; Irma, Arman, dan Andi yang menggantikan peran dari Budi, Iwan, dan Wati (di cover buku kelas I-II)

SABLON KAOS SATUAN KAMU DI SINI!

Mereka nampak sedang berjalan bersama, tiba-tiba Andi, adiknya Arman nampak menunjukkan sesuatu pada Kakaknya, yang diikuti juga oleh refleks tatapan Arman pada wajah Andi, dan tatapan Irma pada sesuatu yang ditunjuk Adik kecilnya.

Supaya lebih mengingatkan memori kamu, coba lihat gambar sampul-nya di kaos custom ini:

Isi daripada buku Pelajaran Bahasa 4A ini pun masih terfokus pada cerita sehari-hari sembari diisi dengan beberapa dialog, pertanyaan, dan ilmu dasar Bahasa Indonesia.

Sampul Buku “Ilmu Pengetahuan Sosial 2”

Nah, spesial buat yang ini kamu bakal nemu ketika kelas 2 SD deh. Terlebih kebanyakan yang pakai itu mereka yang hidup di era kaos Jadul tahun 70-80an gitu.

Kalau dari cover bukunya, didominasi oleh warna orange dengan ilustrasi gambar berupa 1 orang gadis kecil yang tampak cuek, di sebelahnya ada 1 lagi seorang anak gadis lagi yang memperhatikan telunjuk anak laki-laki, dan terakhir si anak lelaki yang nampak menunjukkan sesuatu pada sebuah peta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Isi dari Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD ini pun ialah berupa pelajaran sejarah, dan ilmu sosial yang dikemas dengan sangat mudah guna dipahami dan dipadukan dengan cerita sehari-hari.

Begini penampakan cover bukunya dalam sebuah kaos sablon satuan, agar kamu bisa bernostalgia:

Cover Buku “Pendidikan Moral Pancasila”

Di tahun 80-an, tercatat bahwasanya buku ini telah dicetak selama 3 kali, dan didistribusikan ke seluruh sekolah di Indonesia.

Ya, pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) telah menjadi legenda karena di era sekarang pelajaran dari buku itu sudah berganti dengan Pendidikan Kewarganegaraan.

Secara visual, tampilan di buku PMP didominasi oleh logo Pancasila yang merupakan jati diri dari Bangsa Indonesia. Tidak lupa, warna dasar seperti hijau muda dan biru pun menjadi penguat cover visual nya.

Banyak generasi 80 sampai 90an merindukan kembali buku ini. Pasalnya bagi mereka, bukunya pas untuk mengajarkan tentang how to do or how to be a real human.

Agar kamu bisa mengenang, ini ada tampilan cover bukunya di sebuah kaos custom satuan:

Sampul Buku “Bahasa Indonesia Jadul”

Last but not least, ada buku sekolah dasar jadul, untuk kelas 2. Nama pelajarannya waktu itu adalah Bahasa Indonesia.

Menariknya dari buku ini dalah 3 tokoh yang ada di ilustrasi gambarnya itu masih diwakilkan oleh Wati yang sedang melambaikan tangan, Iwan yang di tengah, dan Budi yang paling tinggi berada di belakang Iwan.

Buku ini memiliki cerita nostalgia bagi kamu yang lahir di zaman 80-90an. Sebab lewat isinya, kamu akan belajar membaca tentang “Ini budi, Ini Adik Budi, Ini wati.” Seketika kamu pasti ingat apa kerjaan dari Ayah dan Ibu budi kan?

Begini deh penampakan cover-nya biar makin inget sama mereka:

Demikianlah 5 cover buku pelajaran yang legendaris dan bikin kenangan manis ketika SD kamu ya gaiss? Mana favoritmu?

BACA JUGA:

1. Rekomendasi 11 Kopi Lokal Terbaik yang Berasal dari Tujuh Pulau di Indonesia

2. Kumpulan Mug Lucu Hingga Magic, yang Cocok Jadi Teman Kopi Kamu Biar Makin Asyik!

3. 9 Alternatif Hadiah Pernikahan yang Berguna, Selain Uang dan Ucapan. Dijamin Terunik!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here