Rekomendasi 11 Kopi Lokal Terbaik yang Berasal dari Tujuh Pulau di Indonesia

3
801
views

Ciptaloka.com –  Berhubung pas kemarin bahas soal artikel Mug buat ngopi, kayaknya kali ini lebih enak lagi kalau kita bahas juga kopinya.

Secara Indonesia ini kaya akan biji kopi yang pasti khas di setiap pulau maupun daerahnya. Oleh karena itu, yuk langsung aja:

Berikut 11 Rekomenadsi Kopi Lokal Terbaik yang Berasal dari Tujuh Pulau Ternama di Indonesia

Apa saja ya?

Kopi Malabar

Gambar dari: https://media.minumkopi.com

Untuk deretan kopi lokal terbaik yang pertama, ada sebuah kopi dari pulau Jawa yang tepatnya berada di provinsi Jawa Barat. Namanya adalah Kopi Malabar.

Cita rasa khas dari kopi itu adalah after taste yang berasa di lidah, yang akan memberikan rasa buah, atau bisa juga jeruk. Dari segi lainnya, Kopi Melabar pun mengeluarkan sweetness serupa coklat, yang tentu bisa membuat para penikmat kopi terpikat.

Proses penanam kopi lokal terbaik ini pun tidak berada di dataran terlalu tinggi seperti yang lain. Kendati demikian, proses panen para petani yang sistematis dan terstruktur mampu menghasilkan rasa kopi nan bersaing dengan kopi sejenisnya.

Kopi Jawa

Gambar dari https://coffeetalk.id

Masih di pulau Jawa, tapi kali ini kita bergeser ke Jawa Timur. Menurut pecinta kopi, di daerah kawah Ijen tertanam sebuah biji kopi lokal terbaik, nan terkenal dengan nama asing Java Arabica.

Ciri khas rasa dari Kopi Jawa cukup pedas di mulut namun manis manakala dialirkan ke tenggorokan.

Dengan proses penanaman di wilayah yang tinggi, tidak heran bila rasa yang dihasilkan tadi mampu membuat para pecinta kopi mencarinya sampai ke Timur Jawa sekalipun.

Kopi Sindikalang

Gambar dari https://goo.gl/gt5ehZ

Keluar daerah pulau Jawa, kita mulai masuk ke pulau Sumatera dulu. Yang pertama akan kita ulas adalah Kopi Sindikalang. Jenis kopi tersebut disinyalir sebagai ikon kopi lokal terbaik Sumatera Utara.

Ciri khas rasa dari Kopi Sindikalang ini ada pada tingkat keasaman yang rendah, dan rasa pahit menyerupai coklat yang mudah dicap oleh lidah.

Penanaman Kopi Sindikalang pun dilakukan di daerah Gunung yang memiliki kadar mineral yang sangat baik. Alhasil tidak heran bila Kopi Lokal itu sangatlah memiliki rasa terbaik nan unik.

Kopi Lintong Sumatera

Gambar dari mediaindonesia.com

Kali ini kita punya sebuah kopi yang ditanam di Selatan Barat Danau toba. Nama Kopi Lintong, diambil dari daerah tempat mereka tumbuh yakni Kabupaten Lintong Nihuta.

Ciri khas rasa yang dihadirkan oleh Kopi Lokal Lintong berupa pedas lengkap dengan aroma rempah-rempah yang nikmat. Kamu tertarik buat coba seperti apa sensasi nya? Cari segera!

Kopi Gayo

Gambar dari https://goo.gl/U57m1a

Bergesar ke lebih ujung Sumatera, kita akan membahas Kopi Gayo yang berasal dari daerah Ujung Barat Indonesia, yakni: Naggroe Aceh Darussalam.

Tanggapan rasa utama dari kopi lokal terbaik yang satu ini beragam; Ada yang bilang strong (pahit), ada juga yang bilang pedas seperti rempah. Cocok banget sih buat bikin otak melek deh.

Terlepas dari semua itu, popularitas Kopi Gayo sebagai kopi lokal terbaik agaknya sudah banyak orang ketahui. So, soal rasa kamu bisa nilai sendiri ya?

Kopi Sampit Kalimantan

Gambar dari beritasampit.co.id

Beranjak ke pulau lain, sekarang kita ada di Kalimantan. Kopi Lokal yang akan dibahas kali ini adalah Kopi Sampit, yang berasal dari Kampung Bapinang.

Ciri rasa yang unik dihadirkan oleh Kopi Sampit dengan menawarkan 2 paduan rasa. Kamu dapat memilih antara kopi hangat bercampur Jahe, atau rasa kopi yang murni yang strong (pahit).

Penanaman Kopi Sampit sendiri masih dilakukan oleh para petani lokal dengan cara sederhana bermodalkan pada pengetahuan atau referensi mereka.

Kopi Toraja

 

Gambar dari https://goo.gl/QguRjK

Bergeser dari Kalimantan, kita masuk ke Sulawesi. Di sana ada sebuah kopi terkenal yang berasal dari Tanah Toraja.

Ciri rasa utama dari Kopi Toraja, berasal dari perpaduan antara manisnya coklat, harumnya tembakau, serta segarnya caramel. Tekstur kopi pun lebih kental dan bubuknya sangat mudah mengendap di gelas.

Daerah penanaman biji kopi dilakukan di daerah dataran tinggi tenggara pulau Sulawesi. Lokasi yang pas sekali lagi terbukti mampu menghasilkan kopi lokal terbaik dan berkualitas.

Kopi Benteng Alla

Gambar dari https://philocoffeeproject.files.wordpress.com

Lewat tanah kemerahan, cokelat, serta kuning, daerah penanaman Kopi Benteng Alla berada di Kecamatan Baroko, Enrekang, Sulawesi Selatan. Komposisi tanah yang demikian, merupakan lahan yang tepat bagi para petani kopi dan palawija.

Ciri khas rasa Kopi Benteng Alla menghasilkan sesuatu yang maksimal berkat faktor daerah yang pas tadi. Rasa yang dihadirkan jadi berupa manis, asam, pedas, serta fruit sejenis jeruk.

Kopi Kintamani Bali

Gambar dari https://webicdn.com

Beranjak jauh ke bawah Pulau Sulawesi, kita sampai di Bali. Di sini ada sebuah Kopi Kintamani yang menjadi salah satu Ikonnya.

Rasa dari kopi lokal terbaik ala Kintamani sangatlah manis, cocok buat mereka yang demen kopi manis agar hari-harinya makin eksotis.

Kopi Flores

Gambar dari http://www.lintaskopi.com

Bergeser dari Pulau Bali, sampai juga di daerah Nusa Tenggara Timur. Kopi yang ada di timur ini ialah bernama Kopi Flores.

 

Ciri khas rasa utama dari Kopi Lokal ini sangatlah bervariatif. Ada Strong, Manis, Asam, Pedas, Citrus, Bunga, sampai dengan Kayu.

Lewat penanaman yang sedemikian rupa, Kopi Flores pun mampu menghasilkan satu gelas kopi yang memiliki kekentalan yang kuat, menandakan tingkat keasaman yang lumayan tinggi.

Kopi Wamena

Gambar dari www.kopiwamena.com

 

Terakhir kita sampai di daerah Timur Indonesia, yaitu Papua. Di sini kita akan menemukan yang namanya Kopi Wamena.

Ciri utama dari kopi ini adalah bright acidity atau tingkat keasaman tinggi namun tetap nikmat di lidah.

Dengan letak geografis papua yang penuh dataran tinggi, tidak heran bila hasil keasaman tinggi dari kopi lokal terbaik pun bisa ditemukan pula di sini.

Itulah 11 nama-nama kopi lokal terbaik yang berasal dari tujuh pulau di Indonesiaa. Kamu sudah coba yang mana?

BACA JUGA: 

1. Kumpulan Mug Lucu Hingga Magic, yang Cocok Jadi Teman Kopi Kamu Biar Makin Asyik!

2. Koleksi Segera 5 Tas Kustom Satuan nan Unik, yang Cuma Ada di Ciptaloka.com Ini!

3. Berikut 9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan, Sebelum Membeli Tas Tote di Pasaran!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here