Sudah Tahu Rincian Modal Usaha Kaos Distro Secara Lengkap?

Simak baik-baik pembaca sekalian.

0
681
views

Ciptaloka.com – Banyak diantara kamu yang menulis di mesin pencari tentang berapa modal untuk memulai usaha kaos distro? Dari situ timbullah sebuah ide yang brilian dari Ciptaloka guna membantu memberikan jawaban akan hal tersebut.

Hmm, sebagai TLDR (too long didn’t read) intinya modal yang akan Ciptaloka bahas di sini beragam. Artinya bisa dengan skema bisnis tanpa modal sepeser pun. Atau juga dengan angka modal yang cukup  fantastis. Di sini kamu akan memilih berdasarkan pada kemampuan finansial dan skill kamu.

Tentu jika kamu punya skill yang dibutuhkan, modal bisa diperkecil untuk dikeluarkan. Namun jika kamu tidak punya skill namun memiliki cukup uang, bisa investasikan uang tersebut. Tapi jika kamu tidak bisa keduanya, kamu masih bisa kok bisnis kaos distro. Tentu dengan posisi yang sesuai, ya?

Baiklah tanpa basa karena takut keburu basi, ini dia:

Sudah Tahu Rincian Modal Usaha Kaos Distro? Bisa Rp. 0 Loh!

Simak baik-baik pembaca sekalian.

Sebelum membahas modal atau biaya produksi baju kaos, ada baiknya kamu ketahui tentang artikel berikut ini: Cek 9 Cara Lengkap Memulai Bisnis Baju, Omzet Jutaan Rupiah! Sebab pada bacaan tersebut Ciptaloka sudah memberikan sebuah highlight tentang step memulai bisnis dari awal sampai dengan akhir.

Semisal cara memulai bisnis pakaian produksi sendiri, menentukan platform penjualan, tema, logo, dan desain baju, sampai dengan mencari supplier, memulai bisnis dan tentunya meraih keuntungan.

Khusus pembahasan perhitungan modal awal usaha distro online sendiri, kita akan mulai dari sini:

Modal Usaha Kaos Distro Clothing Online

Photo by Keagan Henman on Unsplash

Let’s make it clear. Di pembahasan awal ini, akan kita bahas dari sudut pandang orang yang memiliki skill menggambar atau membuat desain kaos. Untuk yang tidak, bisa terus baca ke bawah untuk versi lainnya. Rincian modal adalah sebagai berikut:

Device

Well, device di sini pun kita asumsikan saja sebagai all in device. Artinya satu device atau alat yang bisa menopang bisnis secara keseluruhan. Dalam kasus paket usaha distro online, alatnya adalah : Laptop.

Photo by Surface on Unsplash

Kisaran harga benda tersebut, berada di kisaran 6jtan (Rp. 6,000,000). Tentunya dengan spek yang bisa dikatakan pas dan menunjang. Namun jika kamu sudah punya laptop atau bahkan komputer maka modal device ini bisa terbilang tidak perlu atau Rp. 0 -, saja.

Konektivitas Internet

Sebab kita berbicara tentang sebuah toko online di sini, maka modal berikutnya berupa konektivitas internet sangat dibutuhkan di sini. Tanpa adanya hal tersebut, bagaimana kita akan memasarkan produk ya kan?

Dalam nominal, modal internet untuk wifi bisa berkisar di Rp. 300,000 -, sampai dengan Rp. 500,000 saja begitu.

Pengadaan Produk Jualan

Photo by The Creative Exchange on Unsplash

Ada 2 (dua)a cara yang bisa kamu lakukan guna memiliki produk yang hendak kamu jual:

Pertama TANPA MODAL.

Yap! Dalam hal ini, kamu bisa memulai bisnis kaos distro tanpa modal biaya atau uang. Caranya yakni dengan mencari supplier cetak kaos custom on demand. Artinya hanya mencetak atau order ketika kamu ada pesanan saja.

Jadi modal yang perlu disiapkan di sini hanyalah gambar dan  desain kaos saja. Nanti kamu cetak kaos nya ketika ada yang beli. Ini terbilang minim atau 0 modal dengan resiko yang kecil, ya kan?

Kedua BERMODAL.

Okay bermodal di sini artinya kamu harus menyediakan kaos yang ready stock dan siap kamu jual. Modal yang akan dikeluarkan cukup besar bergantung pada harga produksi dan quantity pesanan.

Misalnya, kamu ambil vendor kaos Ciptaloka. Di sini tersedia beragam kaos siap custom, dengan biaya yang dikatakan cetak kaos lebih banyak, harga jadi jauh lebih murah lagi loh

Untuk kaos Y&S Custom sebanyak 60pcs dengan luas desain yang cukup besar saja, harganya bisa hanya: 3Jtan (Rp.3,000,000) saja. Selengkapnya  CEK DI SINI.

Tempat Jualan

Photo by Roihan Haidar on Unsplash

Okay jika kita berbicara tentang bisnis offline, maka tempat jualan ini bisa meliputi lapak, ruko, atau tempat usaha sejenisnya.

Khusus untuk online, kiranya ada 2 opsi lapak yang GRATIS dan BERBAYAR.

Berbicara GRATIS di sini meliputi marketplace seperti: Ciptaloka, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Buka tempat jualan di situs-situr tersebut terbilang gratis dan mudah.

Adapun biaya administrasi hanya ditarik bilamana telah terjadi penjualan. Jadi tidak ada penagihan lapak begitu.

Sementara dalam kasus BERBAYAR di sini, manakala kamu berniat membuat website pribadi. Kisarannya untuk web yang bagus bisa Rp. 3,000,000 sampai dengan Rp. 10,000,000. Lumayan banget kan?

Biaya Pemasaran

Photo by Xuan Thu Le on Unsplash

Bilamana punya sedikit modal, bisa lakukan pemasaran berbayar dengan budget Rp. 500,000 misalnya. Kamu bisa gunakan untuk beriklan berbayar baik di media sosial atau juga di market place.

Namun jika tidak punya modal, masih banyak jalan kok menuju roma ya kan? Seperti kata pepatah.

Maka dari pembahasan di atas ada kesimpulan yang bisa kita tarik:

– Jika kamu punya modal skill dan device, memulai bisnis kaos clothing bisa langsung dimulai dengan modal koneksi internet saja: Rp. 300,000. Tanpa modal pemasaran dan jualan di toko online gratis.

– Tapi jika wifi sudah ada yang bayar dan ngulik pemasaran gratis, ya bisa dikatakan untuk memulai bisnis ini kamu bisa dengan MODAL RP. 0 saja tanpa stock pengadaan barang tentunya.

Next, dalam pembahasan berikutnya ini dibuat khusus dari sudut pandang orang yang tidak memiliki skill menggambar atau membuat desain kaos. Maka rincian modal-nya adalah sebagai berikut:

– Device masih Rp. 0 sampai dengan Rp. 6,000,000

– Koneksi Internet Rp. 0 sampai dengan Rp. 500,000

– Pengadaan Produk

Khusus hal ini, jika tidak bisa menggambar maka kamu harus memikirkan pengeluaran tambahan untuk hire designer. Soal harga, tergantung pada creator.

Jika mereka orang yang kamu kenal, bisa dengan sistem share profit. Misal dengan gambar yang dia punya, akan dapat berapa bilamana satu diantaranya terjual. Apakah 10% atau bebas kamu tentukan angka sesuai kesepakatan.

Tentu uang itu akan langsung kau potong dari keuntungan yang didapatkan ya. Jadi misalnya modal 60 Pcs kaos adalah Rp. 3,000,000, lalu terjual semuanya dengan keuntungan bersih Rp. 1,000,000. Jadi desainer berhak atas Rp. 100,000 dari hasil penjualan itu.

So, modal yang dikeluarkan diperkirakan Rp. 3,100,000 untuk 60 kaos dan untung bersih Rp. 1,000,000 jika keuntungan kamu lebih atau kurang, tinggal hitung ulang saja. Ya?

Biaklah berdasarkan pada dua pembahasan di atas ada kesimpulan yang bisa kita tarik:

– Bisa dimulai dengan Rp. 0 jika kamu punya device dan internet, lalu  bisa lobi desainer, pemasaran gratis, dan print on demand setiap orderan.

– Jika device dan internet sudah terpenuhi, namun ingin stock produk maka kamu cuma perlu modal sebanyak Rp. 3,600,000. Dengan hitungan pengadaan produk sebanyak 60pcs, share profit desainer 10%, dan biaya promosi.

– Kemudian kamu perlu Rp. 15,100,000 bilamana belum punya device mumpuni, internet, ingin punya web pribadi, desainer keren, dan memulai dengan modal pemasaran.

BACA JUGA

1. Cari Tahu 9 Alasan Ciptaloka Menjadi Konveksi Kaos Terbaik

2. Inilah 7 Alasan Kenapa Kaos Bisa jadi Media Promosi yang Baik

3. Ini Sih! 1 Aplikasi Website Terbaik Untuk Desain Kaos Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here