Cek 9 Cara Lengkap Memulai Bisnis Baju, Omzet Jutaan Rupiah!

Begini caranya...

0
246
views

Ciptaloka.com – Banyak sekali orang-orang yang mencari informasi tentang cara memulai bisnis baju atau kaos dengan desain sendiri dan beromzet jutaan rupiah. Guna membuktikannya kamu bisa ketik di mesin pencari kata kunci tersebut.

Sayangnya beberapa situs hanya memberikan tahapan-tahapan tanpa tips penting yang sering dilupakan. Kira-kira tips apa ya yang terlupakan itu? Baiknya Ciptaloka langsung bahas aja dulu dari awal sampai akhir yaps.

Kita mulai…

Cek 9 Cara Lengkap Memulai Bisnis Baju dengan Desain Sendiri, Omzet Jutaan Rupiah!

Begini caranya

1. Memulai pada Sebuah Platform

Source Image by Allthingsweb

Okay supaya gak lama lagi dan kamu bisa langsung mulai, cara pertama adalah membangun atau menentukan platform apa yang akan kamu pakai untuk jualan.

Apakah market place? Social media? Atau bahkan website?

Jika sudah punya modal besar untuk membuat brand baju sendiri, kamu bisa langsung membuat akun di ketiganya. Tapi kalau mau bertahap dan minim modal ada baiknya kamu mulai dari sosial media dan market place dulu.

Sosial media memiliki banyak pengguna yang nantinya bisa kamu sasar. Sementara market place sudah punya market sendiri yang bisa kamu sesuaikan pula.

Jadi kamu tentukan dan buat langsung akun bisnisnya ya~

2. Menentukan Nama dan Logo

Soure Image by Jontyson on Unsplash

Sudah fix platform nya, kamu tinggal tentukan nama apa yang akan kamu pakai sebagai brand atau merek. Sekaligus kira-kira logo apa yang pas untuk merepresentasikan nya.

Soal nama kamu silakan cari sendiri ya, agar lebih personal dan filosofis. Nama itu bisa kamu gunakan guna menamai konveksi untuk brand sendiri.

Nyambung ke proses membuat logonya bisa manfaatkan situs yang menyediakan logo maker seperti Canva, WIx, dan sejenisnya.

Selamat berpikir…

3. Tema yang Sesuai dengan Nama Toko

Soure Image by Kizaru World on Instagram

Dalam cara membuat clothingan sendiri, kamu haruslah memiliki sebuah tema desain.

Hal itu merupakan perihal yang sangat vital, karena di sini akan ditentukan secara garis besar kamu itu mau menjual kaos apa dan yang seperti apa?

Supaya mudah menemukan tema dan market yang pas, kamu lakukan riset kecil-kecilan. Bisa tanya ke temen soal apa yang lagi hits sekarang.

Bisa juga manfaatkan mesin pencari untuk mempermudah menemukan tren apa yang sedang naik sekarang.

Contoh toko bertema menarik dan konsisten adalah @kizaruworld yang konsisten dengan tema kaos berdesain anime atau manga, dan jejepangan. Kalau kamu mau gimana?

4. Mulai Desain Pertama Kaos Kamu

Soure Image by Jeff Sheldon on Unsplash

Well, setelah menemukan nama dan tema toko, saatnya kamu lanjut dengan membikin 1 buah atau 2 buah desain kaos yang akan dipasarkan.

Selalu ingat untuk selalu membuat desain yang sesuai dengan tema dan nama toko ya. Jangan sampai melenceng sebab desain yang tematik akan berperan sangat penting dalam hal membangung brand yang kuat.

Semakin unik, jarang, dan keren sebuah desain tentunya akan menarik para pembeli datang. Jadi usahakan se-kreatif dan semampu kamu ya.

Tapi kalau kamu tidak bisa desain, kamu bisa mengajak teman kamu join yang jago gambar, atau mencari referensi design dari pinterest, society6, design by human.

Ingat kamu hanya mencari inspirasi tidak boleh mencuri desain milik orang lain.

5. Jika Desain Sudah Selesai, Saatnya Meminta Saran

Soure Image by Linkedinsalesnavigator on Unsplash

Santai dulu, jangan buru-buru. Kamu tidak harus langsung memasarkan setiap desain yang sudah kamu buat. Ada baiknya menanyakan dulu pada orang-orang terdekat.

Yap! Sebelum dilempar ke pasar, biarkan teman kamu menilai. Pasalnya kalau dia tertarik bisa juga jadi tolak ukur yang pas, bukan?

Jangan lupa posting juga di sosial media pribadi, tambahkan tulisan Coming Soon atau open PO siapa tahu selagi meminta pendapat sekalian promo dikit-dikit.

6. Mencari Supplier atau Produsen

Soure Image by Rohit Tandon on Unsplash

Selanjutnya, kamu tinggal mencari supplier baju atau produsen konveksi kaos yang siap memproduksi kaos kamu secara masal. Akan tetapi hal ini hanya berlaku untuk kamu yang sudah memiliki banyak modal.

Khusus yang sedang merintis, kami menyarankan kamu mulai dengan sistem Pre-Order dan bekerjasama dengan supplier P.O.D (print on demand) atau cetak sesuai permintaan.

Salah satu supplier yang bisa demikian, adalah Ciptaloka pastinya. Kamu bisa bikin kaos satuan tanpa minimal pemesanan, desain suka-suka kamu, proses pengerjaan cepat, dan kualitas mantap.

Jadi kamu cuma perlu bikin kaos kalau ada yang mesen saja. Keuntungan langsung kamu dapat, tanpa modal yang banyak. Cocok kali kan?

7. Saatnya Unggah Produk Kamu

Soure Image by Markus Spiske on Unsplash

Yap jika 1-6 sudah kamu kerjakan saatnya unggah produk kaos yang akan kamu jual di platform tadi. Jika pada instagram, bikinlah konten yang menarik dan pasarkan lewat kolom komentar atau hastag.

Jangan lupa promosikan di akun pribadi, kasih tahu temen deket, dan cari follower sebanyak-banyaknya untuk menambah awareness.

Sementara jika lewat market place, tinggal upload saja gambar, judul, deskripsi, harga, dan estimasi produk PO.

8. Mendapatkan Jutaan Rupiah Pertama

Soure Image by Alexander Mils on Unsplash

Mendapatkan jutaan rupiah pertama akan terasa nyata jika kamu terus semangat menekuni bisnis kaos design sendiri ini.

Untuk membuatnya menjadi lebih masuk akal, 1 juta rupiah itu bisa dengan mudah kamu dapatkan loh:

Kita contohkan seperti ini, cara mengambil keuntungan jualan baju:

Jika harga kaos putih Y&S di ciptaloka.com kamu tempelkan desain berukuran 30% , maka harganya menjadi Rp. 49,000 saja.

Misal kamu jual tuh dengan harga Rp.70,000 sudah barang tentu kamu mendapat keuntungan bersih Rp. 21,000.

Bila 1 hari kamu bisa jual 2 pcs dengan untung Rp. 42,000 x 30 hari (sebulan) kamu sudah bisa mengantongi Rp. 1,260,000. Itu dari 2 pcs per hari, kalau lebih? Ya lebih lagi kan?

Jadi jutaan rupiah pertama dari bisnis kaos itu nyata asal kamu konsisten untuk meraihnya. Supaya lebih mudah lagi ada tips tambahan nih:

9. Cara Berjualan Baju agar Cepat Laku!

Soure Image by Artem Beliakin on Unsplash

Bilamana kamu ingin mendapatkan konsumen dari Instagram, maka kamu harus pintar membuat konten yang pas, hastag yang relevan, mengikuti akun influencer yang sesuai, dan banyak komen juga. Lebih jelasnya begini:

– Konten yang pas

Sudah pada tahu kan kalau konten adalah raja. Makanya buatlah konten promosi berupa postingan yang keren. Beberapa contohnya kayak gini nih:

Kalau gak bisa desain dan butuh yang simple kamu bisa pakai template feed yang tersedi di Canva.

– Hastag yang relevan

Sebab di sini kita bicara soal baju, maka pakailah hastag yang setidaknya berhubungan dengan baju, kaos, fashion, design. Untuk mudah menemukannya kamu bisa intip hastag yang dipakai brand besar. Atau mau riset sendiri bisa pakai situs ini allhastag.com.

– Mengikuti akun influencer

Hmm, kalau punya modal sih jangan cuma follow aja, tapi endorse juga. Pasalnya promo lewat mereka itu bisa berpengaruh pada penjualan juga loh.

Cuma kalau gak sanggup, kamu bisa follow saja orang-orang yang follow influencernya. Bisa dm atau komen mereka dan tawarkan produk kamu.

Kalau gak ada respon unfollow lagi, gampang kan?

– Rajin promosi lewat komen

Kamu pasti pernah bukan menemukan komenan olshop di IG artis, atau influencer? Tak ada salahnya tiru mereka, cuma buat kata-kata komen yang coywriting unik siapa tahu jadi top comment dan dibaca banyak orang.

– Libatkan teman dekat

Jika followers kamu masih 0, ya cara paling mudah dapat followers adalah dengan mengajak teman kamu buat follow online shop kamu di instagram. Minta tolong aja pasti mereka bantu kok.

Well, itu tadi kurang lebih 9 cara mendapatkan jutaan rupiah pertama dari bisnis baju desain sendiri. Kalau sudah baca kamu harus tanggung jawab dan memulainya, ya?

BACA JUGA:

1. Mau Tampak Kurus? Ini 10 Cara Memilih Style Kaos Pria Gemuk

2. Yuk! Intip 5 Cara Berpakaian Simple dan Keren untuk Wanita

3. Cara Buat Hand Sanitizer Herbal Non Herbal Sendiri di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here