Ssst! Inilah 14 Rahasia Bentuk Wajah Pria & Model Rambutnya

Pangkas sesuai bentuk wajah

0
21612
views

Ciptaloka.com – Teruntuk para pria, memiliki model potongan rambut dengan gaya terbaru bisa jadi sebuah keharusan. Pasalnya baik memiliki rambut pendek atau panjang, mereka akan selalu menginginkan pembaharuan. Ya kan?

Dari tahun ke tahun pun kebetulan selalu ada saja model rambut pria yang hits. Semisal di tahun 2019, yang banyak dipakai adalah model undercut dan man bun. Sedangkan tahun 2020 kemarin, berhubung adanya pandemi sebagian memilih gaya rambut gondrong. Karena kebetulan sekolah diliburkan, pekerjaan di rumah, jadi kebanyakan enggan guna memotong rambut mereka.

Sebenarnya tidak ada yang salah sih dengan beragam model rambut pria terbaru. Hanya saja sebelum memantapkan hati untuk bercukur, ada baiknya kamu perhatikan dulu gaya potongan rambut sesuai bentuk wajah dan tubuh pria.

Supaya lebih jelas, mari Ciptaloka bahas di sini:

Ssst! Inilah 14 Rahasia Bentuk Wajah Pria & Model Rambutnya

Pangkas sesuai bentuk wajah

Perlu diketahui dahulu bahwasanya manusia selain terlahir dengan gen, warna kulit, dan kelamin yang berbeda, mereka pun dikaruniai rupa dan bentuk wajah yang berbeda. Terdapat kurang lebih 7 bentuk wajah, diantaranya ialah

1. Bentuk wajah oval/lonjong

Ciri khas utama dari bentuk wajah oval adalah memiliki jidat yang lebar, namun pada bagian rahang pipi sampai dengan dagu mengerucut ke bawah. Kurang lebih seperti ini gambarnya:

Found on Pinterest

2. Model rambut pria wajah lonjong kurus, apa ya?

Nah berhubung mereka memiliki wajah yang cukup memanjang ke bawah, para hair stylish banyak merekomendasikan model rambut bergaya classic.

Yakni potongan yang memangkas tipis bagian pinggir rambut namun tetap membiarkan bagian atas rambut memanjang ke atas begitu. Seperti cowok-cowok di bawah ini:

Sauce By thehairstyler.com

3. Bentuk wajah bulat

Berbicara tentang wajah bulat, bukan berarti wajahnya literally round 360 derajat. Sebab tentunya akan terlihat aneh bukan bila manusia memiliki bentuk yang demikian.

Jadi bentuk bulat di sini berarti volume jidat, tulang pipi, sampai dagu memiliki ukuran yang sama. Tidak mengerucut seperti oval tadi. Jika diilustrasikan kurang lebih akan seperti ini:

Sumber Gambar by MenSwag on Youtube

4. Model rambut pendek sesuai bentuk wajah bulat

Guna memiliki rambut keren dengan bentuk wajah bulat, kamu perlu membuat dahulu ilusi height dan angles. Maksudnya height rambut harus dibuat lebih panjang pada bagian atas, sementara angle dibentuk dengan menyisir rambut atas itu ke samping.

Lalu bagian samping rambut bisa dipangkas sedang saja. Supaya lebih terbayang seperti ini nih contohnya:

sauce by haircutinspiration.com

5. Bentuk wajah kotak persegi

Berhenti berimajinasi dulu, maksud wajah kotak di sini bukan berarti Spongebob ya. Ingat! Soalnya kadang ada saja yang mengaitkan wajah kotak dengan Spongebob atau pun Suneo. Hihi.

Pada kenyataannya bentuk wajah kotak, terbentuk karena bentuk pinggir wajah, mulai dari jidat samping dan tulang pipi memiliki ketegasan garis. Sehingga wajah terlihat berisi namun tegas atau berotot, layaknya gambar di bawah ini:

Sumber Gambar by artofmanliness.com

6. Model rambut untuk wajah persegi hidung pesek

Well buat yang satu ini terbilang bentuk wajah yang hampir cocok dengan potongan apa saja. Salah satunya adalah classic undercut.

Dengan memanjangkan rambut bagian atas, sehingga bisa dibuat meninggi atau memanjang ke atas-belakang atau samping. Sementara bagian belakang dan pinggir rambut dapat dipangkas habis. Gini nih:

sauce by pinterest

 

7. Bentuk wajah segitiga

Lanjut ke bentuk wajah segitiga. Sesuai dengan namanya, ciri utama wajah segitiga dapat terlihat dari dahi yang agak kecil atau menyempit sementara bagian pipi dan dagu lebih melebar. Begini kira-kira ilustrasi wajahnya:

Sumber Gambar by funtouzy.com

8. Gaya rambut sesuai bentuk segitiga wajah lelaki

Bagi kamu yang memiliki wajah segitiga, cara mengakali agar terlihat keren adalah dengan memilih model rambut fauxhawk pun pompadour.

sauce by haircutinspiration.com

Adalah jenis rambut yang bagian atasnya menjulang sampai ke belakang. Namun pada bagian pinggirnya tipis saja. Namun jangan sampai membuat kesan jidat nan lebih menyempit.

9. Bentuk wajah diamond (segitiga terbalik)

Kalo ini sih bisa terbilang sebagai bentuk wajah terbalik dari si segitiga sebelumnya. Ia cenderung memiliki jidat yang lebar, namun pada bagian pipi terlihat pipih dan kokoh sampai dengan ke dagu. Inilah ilustrasi nya:

sumber gambar by karenhenriksen.co.uk

10. Model rambut sesuai bentuk wajah segitiga

Cocok nya sih memilih model rambut dengan volume yang tebal. Artinya bisa dibuat gondrong namun tetap memiliki kesan maskulin dan rapi.

Sangat direkomendasikan untuk tidak memangkas rambut pendek, karena akan memperkuat ketegasan rahang sehingga wajah malah terlihat lebih garang.

11. Bentuk wajah panjang

Seperti namanya, bagian wajah dari atas ke bawah terlihat lebih panjang atau rectangle oblong. Kadang ada yang menyangka nya mirip dengan bentuk wajah bulat nan berkolaborasi dengan oval. Begini  penampakan nya:

Sumber Gambar by artofmanliness.com

12. Model rambut untuk wajah panjang

Sebab wajah kamu sudah panjang, jadi jangan pernah memilih model rambut yang turut membuatnya lebih panjang lagi. Lebih baik memakai potongan rambut pendek saja. Pastikan bagian atas rambut terpotong pula ya.

sauce by meredithcorp.io

13. Bentuk wajah love (hati)

Terakhir ada bentuk wajah yang menyerupai hati. Hmm sebenarnya ini sama saja dengan yang diamond tadi, hanya saja bagian rambut di atas dahi menukik hingga membentuk hati, seperti tokoh anime Vegeta. Ini dia:

sumber gambar by valextino.com

14. Gaya rambut yang cocok untuk wajah love

Kamu bisa memilih style yang tidak berponi. Boleh undercut, pompadour atau sejenisnya. Biarkan jidat itu terlihat supaya jadi ciri khas kamu.

sauce by beautyhealthtips.in

Well demikianlah beberapa opsi model rambut yang keren bila disesuaikan dengan bentuk wajah. Oh iyah masih banyak model rambut pria lainnya yang kamu bisa temukan di sini: Yuk Intip! 51 Model Rambut Pendek Terbaru untuk Pria?

BACA JUGA: 

1. Rekomendasi Tote Bag Pria Brand Lokal Terbaik nan Pernah Ada

2. Kenali 21 Bentuk Kerah Pakaian Kaos yang Tidak Kamu Ketahui

3. Mau Tampak Kurus? Ini 10 Cara Memilih Style Kaos Pria Gemuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here