Kenali 21 Bentuk Kerah Pakaian Kaos yang Tidak Kamu Ketahui

Cek satu per satu!

0
214
views

Ciptaloka.com – Memasuki era zaman now kaos tetap menjadi salah satu item fashion pilihan masyarakat Indonesia. Pasalnya pakaian yang simple ini sangat amat nyaman digunakan, juga cocok untuk segala kegiatan, serta punya banyak warna dan varian.

Salah satu variasi nya adalah berupa kerah. Yap! Kamu pasti mengira kaos hanya memiliki rib atau kerah yang bentuknya begitu saja. Yakni bolong atau orang pun sering menyebut bentuk huruf O.

Padahal ada banyak bentuk kerah pada kaos baik yang umum atau pun yang tidak umum. Penasaran seperti apa bentuknya? Ayo kita bahas satu per satu tentang :

Kenali 21 Bentuk Kerah Pakaian Kaos yang Tidak Kamu Ketahui

Cek satu per satu!

Paling Umum Kerah Kaos O-Neck

Well, sebelum jauh-jauh bahas kerah kaos yang lain, baiknya kita mulai dulu dari yang umum ya. Adalah kerah kaos O-neck yang bentuknya bulat dengan pinggiran garis jahitan di sekitarnya.

Kerah kaos jenis ini biasanya bisa kamu temukan pada kaos lengan pendek, lengan 3/4, pun dengan lengan panjang. Bisa juga pada sebuah sweater berbahan baby terry serta banyak lagi deh.

Fakta nya fungsi kerah kaos dengan bentuk round neck atau banyak juga menyebutnya dengan istilah “kerah kaos oblong” ini memudahkan kepala untuk memasuki kaos. Selain itu, berkat bentuknya yang bundar jadi bisa menutupi bagian dada dan pundak dengan baik begitu.

Lumayan Umum Kerah Kaos V-Neck

Ada juga bentuk kaos berupa huruf lain, yakni “V” dan disebut sebagai V-Neck. Kerah kaos ini pun memang termasuk bentuk nan lumayan umum dan mudah untuk ditemukan. Apalagi penggunanya terbilang unisex, artinya ada yang pria pun wanita.

Ciri khas utama dari V-neck adalah bentuk atas yang melebar namun menukik atau meruncing saat ke bagian dada di bawah. Dengan demikian bentuk huruf V yang dimaksudkan berasal dari kerah tersebut karena dua garis rib yang tercipta diantara dua dada.

Kerah Kaos Wanita U-Neck

Dari segi bentuk, kerah dengan huruf awalan “U” memiliki kerah leher yang lebih lebar dari biasanya. Pun kebanyakan dipakai pada pakaian wanita karena mampu memperlihatkan sedikit bagian leher serta punggung. Sehingga mampu menunjukkan kesan yang lebih seksi.

Selain daripada itu, banyak orang pun yang mengira kalau kerah kaos leher dengan bentuk ini merupakan kombinasi antara V-Neck dan O-Neck. Sebab memiliki bagian yang lebih lebar, seperti terlihat pada bagian belakang leher yang membulat seperti O-Neck, dan bagian pinggir nan lebih lebar seperti V-Neck.

Sebagai gambarannya ada baiknya kamu lihat pada gambar berikut:

Source Image by Tokopedia

Memang lebar dan memiliki kesan seksi yang sangat kuat ya kan? Apakah bisa jadi kerah kaos u – neck pria ya?

Kerah Kaos Bentuk Y-Neck

Kerah kaos dengan bentuk huruf “Y” sebenarnya dapat dikatakan sebagai V-Neck yang berkombinasi. Dengan apa kombinasinya? Ya dengan sebuah jajaran kancing.

Jadi ibaratnya begini, pada bagian leher dibuatlah bentuk “v” kecil nah sementara garis lurus bawahnya dibuat dengan bentuk “I” dari sebuah gugusan kancing. Gimana kamu paham kan maksudnya? Kalau belum begini nih gambaran yang pas nya:

Source Image by Situbisa.com

Pasti kamu pun tidak menyangka ada kerah kaos dengan dengan istilah “Y” ini. Padahal tidak jarang kamu pun melihatnya pada sebuah kaos lengan panjang atau pun semi-sweater gitu ya kan?

Kerah Kaos yang Bentuknya Turtleneck

Source Image by klimg.com

Istilah bentuk kerah kaos tidak hanya berhenti pada huruf saja. Bahkan ada pula yang melambangkan nya dengan sebuah binatang. Contohnya ya Turtle Neck atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai kerah kura-kura.

Kenapa bisa gitu ya? Ternyata memang jika kamu perhatikan kaos ini memiliki bagian kerah berbentuk O namun memanjang ke atas, ke bagian leher. Kemudian jika kamu perhatikan, binatang kura-kura pun memang dikenal sebagai binatang yang memiliki leher panjang. Jadi secara penamaan cocok sudah ya?

Penggunaan kaos dengan model kerah seperti ini pun lebih banyak di luar negeri dengan iklim cuaca dingin, atau memiliki musim dingin. Memang leher kalau diselimuti kain akan menciptakan sensasi hangat tersendiri kan?

Biasanya pula dikombinasikan hanya dengan kaos lengan yang panjang, serta bahan kaos nan lebih tebal. Banyak pula ditemukan di serial Korea dan digunakan oleh Oppa-oppa ya?

Kaos Berkerah Polo Shirt

Untuk yang ini sih jelas berbeda dari kerah-kerah kaos yang sebelumnya. Sebab ini adalah sebuah kombinasi antara uda model pakaian yakni kaos plus kerah menyerupai kemeja.

Lahirlah istilah kaos kerah, polo shirt, atau kaos wangky. Ciri khasnya menggunakan bahan dari drill, lacoste CVC, dan lacoste katun dengan bentuk lengan yang kebanyakan pendek.

Biasa digunakan untuk acara formal dengan kesan elegan casual. Bisa pula dipakai untuk event/kegiatan bertema keolahragaan seperti golf, tenis, dan bulu tangkis.

Khusus kamu yang pingin punya Kaos Polo unik, kamu pun bisa membuat Custom Satuan dengan menempelkan desain, tulisan, atau gambar suka-suka. Agar mampu menunjukan kesan yang sangat berbeda begitu.

Bonus: Macam-macam Pola Kerah Pakaian Kemeja

A = Kerah Clerical, kerah yang berdiri mengelilingi bagian leher. Bentuknya membundar dan biasanya dilapisi pengeras agar bisa jadi model kerah tegak.

B = Kerah Cina, memiliki bentuk yang mirip Clerical, bedanya pada bagian tengah diberikan space atau jarak. Disebut kerah Cina karena mirip dengan pakaian adat mereka di zaman dulu.

C = Kerah Kura-kura, penjelasannya sama dengan kerah kaos turtle neck yang memiliki ciri khas menyelimuti bagian leher.

D =  Kerah Peterpan, mirip dengan pakaian yang dipakai oleh tokoh kartun Peterpan. Ciri khasnya berbentuk merebah, dan biasa dipakai di pakaian anak-anak.

E = Kerah Eton, awal mulanya terkenal dipakai oleh siswa sekolah Eton di inggris. Bentuknya seperti kerah biasa namun lebih pendek.

F = Kerah Kemeja, berbentuk umum seperti pada kemeja yang sering kamu temukan di mana-mana.

G = Kerah Notched, kerah yang sering ditemukan pada jas pria. Dengan bentuk seperti double kerah pada bagian atas dan bawah.

H = Kerah Selendang, kerah kecil menyerupai setali selendang. Biasa dipakai jadi model kerah kemeja wanita.

I = Kerah Kelasi, berbentuk menyerupai V-Neck dengan skala yang lebih melebar dan meruncing.

J = Kerah Lapel, kerah yang lebih merekah serta merebah sampai bagian dada bawah. Berbentuk lebih besar dari kerah pada umumnya, sering disebut sebagai kemeja kerah terbuka.

K = Kerah Bib, kerah yang membentuk pas bahu rendah dan bulat.

L = Kerah Bertha, berbentuk merenda-renda serta mampu menutupi bagian dada dan bahu karena melebar dan besar. Terlihat seperti model kemeja tanpa kerah wanita.

M = Kerah Cape, sama seperti Kerah Bertha, hanya saja dengan tambahan aksen V-Neck.

N = Kerah Scarf, kerah yang memiliki bentuk seperti simpul pada pakaian pramuka.

O = Kerah Surplice, kerah berbentuk setali dengan garis penutup yang setengah muka.

Nah itulah jenis-jenis kerah pakaian yang bisa jadi belum kamu tahu. Sekarang karena sudah, yuk bagikan ke teman-teman kamu.

BACA JUGA : 

1. Percayalah! 5 Warna Kaos Ini yang Bikin Ketek Kamu Basah~

2. 33+ Template Desain Kaos Kelas Unik dari Gambar & Kata-Kata

3. Mau Tampak Kurus? Ini 10 Cara Memilih Style Kaos Pria Gemuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here