Tanya-Jawab Seputar Mesin Sablon DTF. Teknologi Terbaru?

0
1248
views

Ciptaloka.com – Bisnis cetak sablon kaos di era digital semakin menunjukkan kemajuan. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan mulai marakknya inovasi mesin sablon kaos berteknologi terbaru.

Salah satu yang sedang on trending adalah mesin printer sablon DTF. Pernah dengar istilah mesin yang satu ini? Sebelum kita bahas, baca intro dulu deh ya.

Bila kamu seorang pelanggan setia Ciptaloka tentunya dulu sering mendengar bahwasanya mesin sablon kaos yang digunakan oleh Ciptaloka adalah DTG.

Sablon DTG adalah sebutan untuk mesin cetak sablon dengan metode direct to garment. (Selebihnya tentang DTG bisa kamu baca di sini: True Story! Kamu Gak akan Percaya Bahwa Ternyata Mesin Sablon DTG Ini yang Bisa Bikin Baju Kamu Warna-Warni) Namun seraya dengan kemajuan zaman sekarang Ciptaloka pun menambah amunisi baru yang bernama mesin sablon DTF. Apalagi nih?!

Santai dulu. Kita bahas bareng, dar segi penamaan. Baik DTF printing maupun DTG hampir mirip dan hanya beda 1 (satu) huruf. Bahkan istilah F dan G pun malah terkesan saling berurutan.

Secara definisi DTF meaning atau artinya adalah direct to film yang berarti langsung (dicetak) pada (kertas) film. Untuk proses selebihnya, kita bantu jawab di sini:

Hal yang Tidak Kamu Tahu Tentang Sablon Kaos DTF

Kita buat dengan ala-ala Q&A

Q : Apa itu mesin dtf?

Singkatnya DTF merupakan sebuah mesin sablon kaos dengan metode printing paper design. Artinya desain yang akan dicetak pada kaos nantinya dicetak dulu pada secarik kertas. Kertas-nya itu berjenis kertas film.

mesin dtf source rhinotec.co.id

Jadi, jelas di sini kalo maksud dari si Direct to Film itu adalah mencetak (desain) langsung pada kertas film.

Q: Kalo Perbedaan DTG dan DTF itu apa aja?

Jelas yang pertama bisa dilihat dari segi cara kerja mesin. Untuk DTG sesuai artinya yakni Direct to Garment. Berarti si desain akan diprint atau dicetak secara langsung pada sehelai kain atau kaos.

perbedaan hasil cetak by channel youtube: hobby print Indonesia

Sementara cara kerja mesin sablon DTF sesuai dengan penjelasan di bagian atas tadi. Barulah setelah desain tersebut tercetak pada kertas, nantinya kertas itu ditempel pada kaos/kain, kemudian dipanaskan.

Dengan hitungan satu, dua, tiga desain pada kertas akan langsung berpindah pada media kaos/kain itu loh.

Q: Untuk segi ukuran desain pada DTF?

Mesin sablon kaos DTF mampu memproduksi atau mencetak desain dengan skala ukuran A4, A3, dan A5. Kertas yang disediakan pun berbentuk roll dengan beragam ukuran.

contoh desain di kertas film source olx

Selain itu, bila butuh desain yang relatif lebih kecil dari biasanya tinggal dicetak kemudian di cutting (potong) sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Q: Bagaimana dengan kualitas sablon yang dihasilkan?

Dapat dikatakan bahwa hasil daripada sablon DTF terbilang memuaskan. Sebab dari segi tekstur sablon sangat halus ketika diraba, sablon-an solid tanpa ada bolong atau titik, dan dari segi warna terbilang sangat prima.

Q: Perihal ketahanan sablon, gimana?

Mengingat proses cetak sablon yang memakai teknik transfer gambar atau paper, menghasilkan kualitas sablon yang kuat dan elastis (mirip plastisol). Dengan demikian hasil sablon DTF memang memiliki ketahanan yang baik.

perbedaan hasil cetak by channel youtube: hobby print Indonesia

Bisa kamu coba dengan menarik atau melebarkan bagian kaos yang dicetak dengan gambar. Pun mencoba menyikat bagian tersebut.

Q: Mengapa bisa menghasilkan sablon yang demikian?

Karena desain yang sudah dicetak pada kertas, kemudian ditaburi sebuah bubuk ajaib bernama Powder Lem khusus. Setelahnya taburan tersebut pun dilelehkan dengan hotgun atau oven.

Lelehan yang telah meluber itu pun lalu dipres dengan tekanan yang panas dan kuat. Sehingga hasilnya bisa lebih mantap.

Q: Soal tinta sablon DTF, biasanya menggunakan jenis dan warna apa saja?

Teruntuk jenis tinta  dtfyang digunakan adalah berupa Vator Ink DTF. Adalah sebuah tinta generasi terbaru yang menggunakan polymer binder berteknologi nano.

Mampu menghasilkan bahan baku nan merekat, kemudian memiliki kualitas mirip seperti tinta plastisol, begitu. Adapun keunggulan lain dari tinta ini adalah…

hasil sablon by channel youtube: bengkel print
  • Menghasilkan sablon berkualitas tinggi dengan warna solid vivia.
  • Tampilan sablon pun lebih glossy dari sablon yang biasa.
  • Tekstur sablon lebih mulus dan licin.
  • Sablon pun lebih tahan pada tarikan karena elastisitas yang dihasilkan.
  • Tinta lebih cepat kering, tidak berbau, dan aman.

Q: Apakah tinta tersebut bisa menghasilkan desain apa saja?

Kata “apa saja” yang dimaksud bisa jadi terlalu luas, namun kami akan bantu jawab sesuai dengan kemampuan mesin sablon DTF ini ya.

Desain yang dapat dicetak poleh mesin sablon DTF bisa dikatakan apa saja, asalkan memiliki warna solid dan resolusi yang baik.

Kemudian desain itu harus dibuat mirror dengan format PNG. Ukuran desain bisa A3/A4 dan seterusnya.

Q: Media apa saja yang bisa dicetak dengan mesin DTF?

Hmm yang terpenting berupa kain semisal berbahan cotton, polyester, TC, Scuba , Drill, dan kain nan memiliki serat lainnya.

contoh gambar sebelum dibuat sablon by erasmart.com

Khusus di Ciptaloka sendiri, mesin DTF digunakan untuk mencetak pada media kaos, topi, baju polo, dan coming soon untuk yang lainnya.

Q: Perihal harga mesin sablon kaos DTF atau DTG?

Khusus harga mesin sablon, ada baiknya kamu cari langsung di mesin pencari. Sebab prinsip ada harga, ada rupa sangat berpengaruh di sini.

Biasanya tersedia dengan beberapa paket usaha plus dengan perintilan berupa tinta, cleaner, mesin press dan yang lainnya.

Berhubung hasil cetakan mesin sablon DTF Ciptaloka memiliki kualitas yang baik, sudah jelas mesin yang dipakai terbilang berharga mahal. Agar hasil desain kalian maksimal. Xixixi

Begitupun dengan harga mesin sablon DTG yang dipakai.

Q: Oke deh. Terakhir, kalau mau order kaos dengan mesin sablon DTF di mana min?

Please jangan ditanya. Karena sudah jelas, jawabannya. Tinggal kamu bikin langsung saja di SINI. Boleh pilih mau ditempel di jenis produk apa dengan desain yang kayak apa.

Lalu nikmati deh hasilnya, gampang kan? 😀

Demikianlah sesi tanya-jawab seputar harga mesin sablon kaos dtf, harga printer dtg epson, harga sablon dtg, kekurangan sablon dtg, sablon dtg adalah, dan seterusnya.

Jangan lupa baca juga artikel seputar sablon kaos, di sini:

1. Aneka Bahan Kaos yang Dijamin Pas Untuk Sablon Digital

2. Catat! Inilah 21 Jenis Sablon Kaos Paling Lengkap dan Unik

3. Mengenal Jenis-Jenis Tinta yang Membedakan Hasil Sablon DTG dan Manual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here