Mau Bikin Banner? Baca Dulu 7+ Jenis, Bentuk, dan Fungsinya

0
540
views

Ciptaloka.com – Dalam setiap bisnis jual-beli, seorang penjual tentu haruslah bisa memberikan informasi nan rinci tentang produk apa yang Ia tawarkan ke pembeli. Alhasil selain penjelasan dengan komunikasi, tentu dibutuhkan pula penjelasan dengan sebuah media promosi.

Salah satu yang biasa digunakan ialah banner. Apakah kamu sudah tahu tentang benda itu? Kalo belum, nih Admin bisikin. Jadi banner ini adalah salah satu media, yang biasanya berbahan lembaran plastik nan dapat dicetak dengan gambar serta tulisan, bertujuan untuk memberikan informasi.

Pada umumnya, banner sering kamu jumpai di pusat perbelanjaan, pagelaran, pameran, pun dalam sebuah kegiatan semisal workshop, seminar, dan sejenisnya. Biasanya benda itu akan berada di suatu stand pusat informasi guna menarik para pengunjung yang hadir.

Nah, sebetulnya ada loh fungsi utama dan ragam bentuk dari sebuah banner. Tapi supaya lebih afdol, mari bahas di bawah sini ya:

Beragam Jenis Banner; Jenis, Bentuk, Kelebihan, dan Fungsi-nya

Langsung deh ya~

1.  Banner Berbentuk “X” atau X Banner

Sumber Gambar dari https://s.yimg.com/

Yah, bisa dibilang ini adalah salah satu nama banner yang berdiri dengan bentuk paling umum, serta biasanya memiliki kelebihan dari segi harga. Kenapa?

Karena memang X-Banner ini cukup murah loh. Hanya berkisar antara 45-65rban begitulah. Dari segi bentuk, jelas disebut X karena penyangga-nya yang memiliki 4 penahan, menyebar di setiap sudut-nya. Bilamana direntangkan akan menyerupai huruf X begitu.

Biasanya X banner akan mempunyai ukuran 60 cm lebarnya x 160 cm tingginya begitu. Alhasil jenis banner outdoor ini paling pas untuk digunakan sebagai media informasi bergambar, dengan tulisan nan minim.

Secara spesifik, sangat pas bila dipakai para penjual kulinern nan ingin mempromosikan makanannya dengan gambar nan menggugah selera.

2. Banner Pull Up atau Roll

Jika yang di atas adalah versi X maka yang ini jelas versi Pull Up (tarik) atau Roll. Apanya yang digulung (roll) ya kira-kira?

Jadi cara kerja banner ini mirip seperti rolling door, artinya baner akan muncul bilamana ditarik dari dudukan roll-nya itu. Sebagai gambaran atau ilustrasi boleh dicoba lihat gambar di bawah ini:

Sumber Gambar dari freepik.com

Kelebihan dari pull up banner, adalah dari segi tampilan jelas lebih profesional, dari segi kekuatan jelas lebih baik karena bisa menahan serangan angin yang ingin menumbangkan nya *yelah.

Tentulah dibalik kelebihan itu tersimpan harga yang harus dibayar lebih mahal, kan? Ya berkisar di angka 140-150rban. Atau hampir dua kali lipat dari X banner ya. Hehe

Maka mengingat budget yang lumayan itu, roll banner banyak digunakan oleh perusahaan, semisal yangg bergerak di bidang property.

Banner tarik ini akan berfungsi sebagai media nan menampilkan infografis menarik, promo-promo, pun info harga dan seterusnya.

3. Bentuk Y Banner

Sumber Gambar dari freepik.com

Selain daripada huruf X yang dibuat menjadi penyangga banner, ada juga loh yang berupa huruf Y. Hmm apa bedanya ya kira-kira?

Jadi jenis banner Y ini ternyata memiliki penyangga tambahan di bagian bawah, nan berfungsi untuk membuatnya lebih kuat/kokoh ketika berdiri. Dengan begitu Ia lebih steady ketika diterpa angin begitu.

 

Y-Banner bisa dibilang lebih mahal sedikit dari X-Banner. Ya karena dudukan yang lebih kuat ternyata berpengaruh ke harga. Catat itu ya teman-teman.

Untuk kisaran nya bisa dibilang di 60-70rban begitulah. So, tinggal kamu pilih aja nih mau yang X atau Y banner.

4. Mini X Banner

Sumber Gambar dari https://www.maestroprinting.com/

Kalo dari ketiga banner di atas kamu cuma punya budget yang di bawah rata-rata, tidak ada salahnya pilih saja banner yang mini. Sudah pasti harga lebih murah karena ukurannya pun lebih kecil dari ketiga yang di atas ya?

So, kalau yang X bisa berukuran sekitar 60 cm x 160 cm maka yang kecil hanya 26 cm x 38 cm saja. Lantas si kecil ini berguna untuk apa?

Fungsi banner kecil ini hampir sama dengan X banner. Mengingat dari segi ukuran pun sama pula. Hanya yang membedakan dari segi harga.

Kalo mau kamu jadikan sebagai banner wisudah juga bisa loh, lebih unik gitu jadinya, ya?

5. Banner Gantung

Tidak hanya dibuat berdiri, banner juga bisa loh dibuat menggantung. Contohnya kayak yang ada di gambar ini:

Sumber Gambar dari https://dexprint.co.id/

Nah, banner gantung ini bisa berfungsi sebagai promosi repetisi. Artinya mencetak iklan dan gambar yang sama, lalu ditaruh secara beriringan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dengan begitu, banner ini akan mampu menarik perhatian orang  lain dan secara tidak sadar menyimpan pesan dari banner ke dalam pikirannya, karena saking banyak dan mengulang ketika dilihatnya. Gimana?

6. Backdrop Banner

Sumber Gambar dari jyadprint.com

Kalo jenis banner yang ini, memiliki ukuran yang cukup besar. Misal 200 cm x 200 cm. Mengapa bisa hampir 2 meter begitu?

Ternyata memang banner ini difungsikan sebagai latar belakang dalam sebuah kegiatan di atas panggung. Dengan begitu, audience atau penonton jadi tahu info event, penggagas, crew, w.o, dan pengisi acara begitu.

7. Tripod Banner

Sumber Gambar dari https://printonline.intirimbo.com/

Adalah kombinasi antara banner berukuran  100 cm x 50 cm dan sebuah tripod penyangga. Sebetulnya banner ini hampir sama dengan yang X dan Y namun yang membedakan, adalah tampilan serta kemampuan penyeimbang nya.

Dari segi fungsi, pas banget loh dipakai untuk sebuah event workshop atau open house. Banner ini akan memberikan banyak informasi, dengan tampilan yang bagus sekali.

Supaya tidak kepanjangan, seperti biasa untuk jenis banner lainnya akan kita ringkas di sini:

8. Banner/Spanduk Aksi

Sumber Gambar dari https://rembangkab.go.id/

9. Banner Tiang Pole

Sumber Gambar dari https://www.decolore.net/

10. Banner Bulu/Bendera

Sumber Gambar dari https://bannerworld.co.za/

11. Backwall Banner

Sumber Gambar dari https://www.yindo-digital.co.id/

Baik begitulah ragam jenis dan fungsi dari sebuh banner. Silakan kamu pilih, yang mana kiranya yang pas buat mendukung kebutuhan dan bisnis kamu, ya?

BACA JUGA:

1. Catat! 9 Produk Custom yang Berguna Ketika Musim Hujan Tiba

2. Transfer Sticker, Stiker Motor Keren yang Bisa Kamu Custom!

3. Jangan Asal! Ini 9+ Contoh Tempat Pasang Stiker yang Pas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here