Hey Kamu! Ini 7 Cara Mencari Supplier Fashion Tangan Pertama

0
148
views

Ciptaloka.com – Bisnis jual-beli produk fashion bisa dibilang sebagai salah satu yang tidak akan pernah punah termakan usia. Alasan tersebut didukung dengan data perkembangan trend di dunia fashion, yang selalu berputar stabil.

“Hah? Maksudnya gimana min?”

Jadi berputar dalam hal ini adalah ketika fashion memiliki trend terbaru, lalu kemudian trend tersebut mentok (tidak bisa berkembang) mereka bisa putar balik ke belakang. Dalam hal ini Ciptaloka menamainya dengan istilah “rotasi trend fashion”.

Gambaran lebih mudahnya ya seperti celana jeans. Let’s say di tahun 2021 yang lagi hits adalah style fashion ripped jeans yang slim fit. Namun lama-kelamaan trend itu berkurang karena sudah terlalu banyak yang memakai, nah ada seseorang  berinisiatif kembali ke trend celana cutbray yang sempat hits di tahun 80-an..

Lalu karena menarik perhatian akhirnya banyak pula orang yang memakai lagi celana cutbray tersebut dan jadi trend deh. Begitu yang dimaksud dengan rotasi trend fashion.

Sekarang balik lagi ke masalah bisnis fashion. Sebab rotasi-nya yang abadi serta banyak peminat atau pembeli, maka terjun dan sukses di dunia tersebut tentu bukanlah mimpi lagi. Ya, di mana ada peluang bukankah di situ ada jalan, ‘kan?

So, untuk kamu yang hendak memulai bisnis fashion Ciptaloka akan bantu dengan informasi tentang supplier bisnis baju fashion.

“Supplier buat apa Min?”

Ya, untuk mendukung penyediaan produk fashion nan hendak kamu jual. Kalo gak ada supplier mau jualnya gimana, dong? Jadi daripada tambah panjang langsung aja kamu baca:

7 Cara Mencari Supplier Fashion Tangan Pertama

Berikut tahapan nya:

1. Memulai dari Kontak Handphone

Photo by William Iven on Unsplash

Sebelum mencari yang jauh-jauh, kenapa gak dimulai dari yang terdekat dulu? Siapa tahu di kontak kamu ada seorang teman yang memiliki konveksi terbaik supplier di Bandung atau menjadi supplier tangan pertama.

Jika ada, maka kamu akan merasa beruntung sekali. Sebab kamu bisa langsung memulai bisnis sekaligus belajar secara langsung pada teman kamu itu.

Tentu karena dia bukan orang baru pun kamu kenal, proses belajar serta berjualan kamu akan bisa lebih cepat. Artinya kalian bisa bersatu untuk mencapai satu tujuan baru.

2. Jika Bukan di Teman, Bisa jadi di Teman-nya Teman Kan?

Photo by Ben Duchac on Unsplash

Betul sekali. Bisa jadi teman kita memang tidak menjadi seorang supplier baju murah untuk reseller tangan pertama yang kita butuhkan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, bisa jadi kenalan mereka atau pun saudara mereka ada yang menggeluti bidang usaha nan sama.

Kalau begitu jadi kamu bisa dibantu dikenalkan dengan yang bersangkutan. Ya minimal lakukan perkenalan secara virtual dulu begitu seperti video call. Usahakan di waktu luang orang tersebut, ya?

Bilamana dalam pertemuan online itu Ia langsung memperlihatkan barang and then kamu tertarik, bisa coba minta sample untuk dikirim ke kamu dulu. Barulah jika barang dan harga cocok, bisa langsung mulai bisnis supplier baju import atau baju custom.

3. Menemui Langsung Penjual Produk Fashion

Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Meneruskan cerita sebelumnya. Kendati sudah bertemu secara virtual, tetap saja pertemuan dengan tatap muka itu diperlukan. Apalagi bila pertemuan itu dilakukan di tempat si supplier tangan pertama.

Dengan begitu kamu bisa bertemu sekaligus melakukan survey tempat juga cek produk dan proses produksi barang yang mereka jual. Secara tidak langsung pertemuan ini akan jadi pemicu apakah trust kamu gain atau tidak? Setelah bertemu supplier online shop tangan pertama.

Begitupun bila kamu baru menemukan supplier-nya sendiri. Langsung mendatangi tempat pada waktu dan tempat yang disepakati jauh lebih baik loh. Agar menunjukkan ketertarikan dan keseriusan kamu gitu.

4. Perbincangkan Perihal Sistem Pembelian, Pengiriman, dan Pengalaman

Photo by Dylan Gillis on Unsplash

Setidaknya bila kamu sudah melakukan pertemuan, usahakan membuat obrolan yang melingkupi hal-hal berikut ini:

  • Produk, tanyakan produk apa yang sekiranya best seller? Untuk model apa saja? Ketersediaan warna dan ukuran?
  • Lalu masalah pembelian. Tanyakan tentang range harga ketika melakukan pembelian minimal berapa pcs? Untuk diskon apakah ada? Dan jika membeli dalam jumlah besar bagaimana?
  • Peraturan, misal apakah ada batas harga jual yang disepakati. Lalu boleh menggunakan foto yang mereka sediakan atau bagaimana?
  • Terakhir soal pengiriman, apakah jika ada order mendadak bisa langsung dropship dari sini atau bagimana?

5. Di mana Lokasi Supplier Berada

Photo by henry perks on Unsplash

Untuk case sebelumnya, berlaku jika lokasi supplier mudah untuk kamu datangi. Akan tetapi jika supplier berada di luar negeri, misal supplier baju thailand atau supplier baju korea.

Kamu harus mempertimbangkan berapa lama durasi pengiriman dari luar negeri ke Indonesia. Lalu hitung harga barang dan pengiriman. Jadi hasilnya adalah harga jual yang bisa kamu tentukan.

6. Cara Mencari Supplier via Mesin Pencari dan Website

Photo by Sigmund on Unsplash

Daritadi kita berbicara tentang mencari supplier dropship atau online shop tangan pertama dengan metode offline.

Sekarang bisa juga loh mencarinya secara online. Ada dua yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Menggunakan mesin pencari: kamu bisa mulai dengan mengetikan kata kunci, misal: Supplier tangan pertama, cara mendapatkan supplier dari korea, dan pabrik mencari dropshipper.  Nanti akan muncul beberapa website loh.
  • Memanfaatkan market place: kalo ingin lebih mudah, kamu bisa temukan banyak supplier di marketplace. Misal saja supplier di tokoped, supplier tangan pertama di shopee, supplier online shop di Lazada.

Atau mau yang paling mudah? Langsung gabung di Ciptaloka saja, ya? Sebab faktanya memang kami supplier produk tangan pertama yang kamu butuhkan 😀

7. Supplier dari Social Media, Forum Bisnis, dan Komunitas Online

Photo by Sigmund on Unsplash

Nah selain mesin pencari kamu pun bisa memanfaatkan kanal lainnya seperti social media atau pun forum online. Guna menemukan supplier produk fashion pertama di sana akan lebih mudah.

Kamu bisa mulai dengan mengunjungi grup facebook. Bisa pula dengan forum online. Atau dengan hastag di instagram. Gimana mudah banget untuk dilakukan ya?

Well itulah bahasan tentang 7 cara mencari supplier fashion tangan pertama. Berhubung sekarang kamu sudah tahu, silakan mulai bisnisnya, ya?

BACA JUGA:

1. Cek 9 Cara Lengkap Memulai Bisnis Baju, Omzet Jutaan Rupiah!

2. Selain Rupiah, Inilah 12 Keuntungan Pasti Bila Kamu Jadi Dropshipper Ciptaloka

3. Kisah Dropshipper Senior di Ciptaloka.com: 3 Tahun Berjualan dan Selalu Berusaha “Memajukan”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here