Cara Buat Hand Sanitizer Herbal Non Herbal Sendiri di Rumah

0
455
views

Ciptaloka.com – Semakin bertambahnya kasus penyebaran Covid-10 atau Corona membuat sebagian orang lebih menjaga dirinya masing-masing. Ada yang sengaja membatasi gerak sosial atau social distancing. Ada juga yang semakin rajin meminum air putih. Serta ada juga yang bertambah rajin mencuci tangan.

Berbicara soal mencuci tangan, banyak dari mereka yang menggunakan hand sanitizer sebagai cairan yang membantu agar membuat tangan bersih dan terbebas dari kuman. Alhasil produk-produk hand sanitizer kenamaan pun mulai sulit di pasaran. Pun jika ada akan dibandrol dengan harga yang lumayan mahal.

Hmm, sebenarnya kita bisa lho membuat hand sanitizer sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran. Berikut Ciptaloka akan berikan:

Beragam Bahan dan Cara Guna Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Ada apa saja ya?

Membuat Hand Sanitize dari Bahan Alkohol dan Baby Oil

Photo by Noah on Unsplash

Dikutip dari laman kompas.id petugas laboratorium di Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi membeberkan bahwasanya sesuai standar WHO (World Health Organization) cairan pembersih tangan dapat dibuat dengan memanfaatkan bahan kimia seperti; Etanol, Hidrogen Perokside, Gliserol, dan Air Destilasi.

Suapay lebih mudahnya, lanjut merek dalam menciptakan 100ml hand sanitizer kamu haya memerlukan 90ml alkohol dan 10ml baby oil.

Fungsi dari baby oil sendiri membuat tangan tidak kering karena bila kulit terus dibasuh dengan alkohol akan membuatnya lama-kelamaan kering.

Untuk tempatnya gunakan saja botol semprot yang mudah didapatkan.

Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Herbal

Photo by Jackie Huthcinson on Unsplash

Seperti Dilansir dari timlo.net Hand Sanitizer ini bernama Kemayu yang artinya kombinasi dari Kemangi, Lidah Buaya, dan Kulit Jeruk Purut.

Cara membuatnya yakni lidah buaya diambil dagin bagian dalamnya. Kemudian daun kemangi dicuci bersih. Blender kedua bahan itu untuk diambil ekstarkanya, lalu campurkan dengan serbuk kulit jeruk perut. Jadilah sebuah handsanizer herbal.

Kandungan dari daun kemangi disinyalir hampir setara dengan alkohol.

Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Vitamin E

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Dari theasianparet.com dikatakan bahwa hand sanitzier bisa dibuat dengan minyak esensial dan vitamin E.

Cara membuatnya sama seperti yang pertama, kamu harus siapkan cairan alkohol terlebih dahulu. Cairan tersebut berguna sebagai antiseptik yang akan membunuh kuman.

Baru campuran minyak esensial dan vitamin E diperuntkkan bagi kulit agar tidak kering dan rusak.

Tips Bonus: Cara Mencuci Tangan Efektif dengan Hand Sanitizer

Photo by Allie Smith on Unsplash

Jika kamu sudah punya hand sanitizer-nya, sekarang saatnya kamu mulai mencuci tangan. Nah berikut Ciptaloka berikan tips mencuci tangan yang baik dan efektif menggunakan hand sanitizer:

  1. Bersihkan dahulu tangan kamu dengan air mengalir
  2. Setelah itu keringkan, baru oleskan hand sanitizer pada permukaan tangan
  3. Oleskan pada telapak, punggung tangan, sela jari-jari
  4. Diamkan selama 20 detik agar mengering

Kendati sudah bersih dengan hand sanitizer tetep kamu harus tetap waspada pada sekitar ya? Karena virus tetap berterbangan di luar sana. Tetap jaga diri dan tetap membersihkan diri.

BACA JUGA:

1. Cara Agar Kamu Bisa Belajar di Rumah Secara Efektif dan Fun

2. 7 Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah Aja

3. Tips & Cara Merawat serta Membersihkan Tas Kanvas Custom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here