Cara Cepat Untuk Mulai Belajar Mencintai Diri Sendiri

0
67
views

Ciptaloka.com – Self-love dalam psikologi diartikan sebagai kondisi di mana kamu harus belajar guna mencintai dan mementingkan diri kamu sendiri, ketimbang orang lain. Hal tersebut dilakukan bukan semata untuk memenuhi ego, tapi juga memenuhi kebutuhan mental health kamu sendiri loh.

Tak heran, bila akhir-akhir ini kamu akan sering mendengar, membaca, pun mulai melakukan self love. Sebab sudah banyak pula orang lain yang menyadari bahwa hal ini penting untuk dilakukan.

Lagian, mencintai diri sendiri itu terbilang lebih mudah loh ketimbang harus mencintai orang lain. Asalkan kamu sendiri sudah tahu, kiranya apa yang diri kamu mau, apa yang diri kamu butuhkan pun apa hal yang mampu membuat kamu sampai pada kebahagiaan diri.

Namun bila merasa sulit, Ciptaloka akan bantu kamu melalui artikel singkat berikut ini:

Beragam Cara untuk Belajar Mencintai Diri Kamu Sendiri

Simak baik-baik

Memulai dengan Self Awareness

Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kesadaran diri. Erat kaitannya dengan kemampuan berpikir, reaksi emosi, dan tindakan yang kamu lakukan secara sadar. Ketahui hal-hal itu untuk memulai proses mencintai diri sendiri.

Barulah Belajar Self-Worth

Sebuah tolak-ukur yang digunakan oleh diri kamu guna menilai apa-apa saja yang pantas diri kamu peroleh.

Lanjut Self-Esteem

Seperti mengetahui kualitas diri berdasarkan pada pencapaian apa yang telah kamu peroleh sejauh ini.

Terus Self-Care

Merawat diri. Tidak hanya dari luar tentunya dari dalam juga dong. Bila in and out kamu sehat, maka kebahagiaan akan mudah kamu dapat.

Itulah 4 cara cepat guna belajar mencintai diri sendiri. Selain 4 hal di atas, ada pula beberapa hal yang tidak boleh kamu lewatkan, karena dapat menyempurnakan 4 tahapan mendasar. Diantaranya adalah…

Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Di jaman dulu, bisa dikatakan bahwa penyakit membandingkan diri itu hampir jarang temukan. Sebab era tersebut belum banyak alat komunikasi yang memungkinkan kita guna mengetahui kabar orang lain secara real time.

Beda dengan sekarang. Lewat social media saja, kita bisa dengan mudah tahu apa yang orang lain lakukan, apa yang telah mereka capai, dan seberapa banyak harta mereka.

Sometimes hal-hal negative itu akan memunculkan penyakit perbandingan diri. Sehingga seolah membuat diri kita sangat tidak bahagia bila dibandingkan dengan orang lain.

Maka dari itu, hal seperti ini harusnya tidak boleh dilakukan. Siapa tahu di balik kebahagiaan yang mereka tunjukkan, terdapat kesusahan yang coba mereka pendam.

Jadikan Kesalahan sebagai Pengalaman

Dalam suatu kondisi di mana diri kamu melakukan kesalahan, cukup anggaplah hal tersebut sebagai pelajaran atau pengalaman. Agar tidak kamu lakukan lagi.

Jangan biarkan rasa bersalah yang berlebih, mengutuk diri. Itu sangat tidak baik sekali loh.

Jangan Pedulikan Pendapat Orang Lain

Hal ini tidak berlaku, bilamana orang lain mengomentari hidup atau bahkan diri kamu dengan maksud menjatuhkan. Namun bila pendapat mereka berisi kritik dan saran, barulah kamu terima. Sebab opini tersebut akan memberikan input yang baik dalam proses self-love kamu.

Tidak Perlu Melawan Rasa Takut

Sebab rasa takut yang dilawan, hanya akan membuat Ia menjadi lebih besar dan mengganggu. Ada baiknya kamu kenali rasa takutmu, cari solusi, dan kendalikan. Bautlah Ia takluk dengan sendirinya.

Pelajari Juga : Terdapat 17+ Contoh Surat Cinta Paling Lengkap. Siap Copas?

Tentukan Pilihan Kamu Sendiri

Kamu boleh saja meminta saran atau bercerita kepada orang lain. Bila Ia memberikan pendapat, kamu ambil yang baiknya. Sementara alih kemudi dan keputusan haruslah berasal dari kamu sendiri. Agar baik atau buruknya kamu tanggung dan terima.

Jangan Asal Bergaul

Pilihlah pergaulan atau circle yang berisikan orang-orang nan mampu memberikan vibes positif terhadap diri kamu. Jangan biarkan toxic vibes dari orang sekitar mengganggu usaha mencintai diri kamu.

Jangan Pernah Membohongi diri sendiri

Bila kamu merasa tidak nyaman dengan pekerjaan baru, atau dipaksa melakukan hal yang tidak sesuai dengan kemampuan diri kamu, ada baiknya kamu utarakan atau langsung saja tinggalkan.

Jangan biarkan diri kamu hidup di bawah kebohongan, nan merusak proses mencintai diri nan sedang kamu lakukan.

Jangan Iya-Iya Saja

Memang masyarakat Indonesia ini terkenal dengan keramahan setiap manusianya. Akan tetapi, keramahan itu kadang berubah kamu menjadi Yes-Men ketika orang lain memerlukan bantuan.

Bila sekiranya ada waktu dan bisa, kamu memang harus bantu. Namun bila ternyata kamu tidak bisa, beranilah menolak bantuan dan katakana Tidak. Hal itu sangat baik loh untuk mental health kamu.

Berdamai Dengan Diri Sendiri

Mendamaikan diri sendiri memang terdengar sangat mudah. Namun saat kamu lakukan, percayalah hal ini tidak akan mudah loh.

Sebab berdamai dengan sendiri berarti kamu harus siap menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Sehingga kamu bisa hidup tanpa rasa bersalah. Dan bisa mencintai diri sendiri dengan sangat mudah.

Jangan Membuang Waktu

Maksudnya di sini adalah membuang waktu untuk sesuatu hal yang sebetulnya tidak perlu. Misal menunda-nunda waktu untuk mengerjakan hal yang perlu. Pun mencari alasan untuk menunda pekerjaan.

Bila waktu tersebut diarahkan untuk kebaikan sih aman. Tapi jika hanya menjadi alasan untuk bermalas-malasan ya jangan dong sayang.

So, kalo kamu sudah membaca semuanya, siapkah untuk melakukannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here