7 Tips Lengkap Memilh Flashdisk yang Bagus untuk Data Kamu

Perhatikan deh…

1
952
views

Ciptaloka.com – Di era teknologi yang super canggih ini, flashdisk masih menjadi media penyimpanan data yang setiap orang favoritkan.

Pasalnya di balik bentukan benda nan terbilang kecil tersebut, ternyata mampu memiliki fungsi yang mendukung baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun kuliahan/sekolahan.

Flashdisk dapat digunakan sebagai media penyimpanan data, juga aplikasi portabel untuk mengoperasikan file umum, seperti; microsoft word, excel, pun power point.

Meski Kamu pasti telah mengenal fungsi flashdisk sejak lama, tapi tahukah kamu tentang kriteria sebuah flashdisk yang bagus? Jika tidak, sebelum beli mending baca dulu nih

7 Tips Lengkap Memilh Flashdisk yang Baik untuk Menyimpan Data Kamu

Perhatikan deh…

1. Teliti bagian luar flashdisk atau casing

Sebelum mendalami, mending kamu coba dulu mengenali luarnya.

Bagian terpenting yang pertama ini meliputi bagian casing atau badan luar flashdisk.

Umumnya elemen tersebut dibuat dari beragam bahan, ada yang plastik, karet, dan aluminium. Ketiga bahan tadi sangat kuat dan bagus.

Hanya saja kamu harus teliti lagi apakah bahan tersebut melekat erat pada bagian dalam atau inti flashdisk?

Perlu diingat bahwa benda ini akan kamu gunakan keluar-masuk slot USB serta akan dibawa ke mana-mana.

Jadi, meneliti bagian luar guna memastikan kekokohannya menjadi poin penting kan?

2. Memahami ukuran

Setelah kenal dengan bagian luarnya, kamu sekarang harus memahami ukuran yang dimilikinya. Memang yang sering kamu temukan itu pasti flashdisk berbentuk kecil, kan?

Dan mengapa hal ini begitu penting?

Supaya kamu tidak salah ukuran saja. Sebab ada beberapa flashdisk unik yang lebih dari ukuran normal, dan itu terbukti merepotkan meski hanya untuk dibawa di saku.

Prisnsip dalam memilih flashdisk yang baik ialah yang easy to carry. Inget itu ya?

3. Menentukan bentuk flashdisk

Nah, soal bentuk, yang kamu pastikan adalah apakah kamu lebih butuh flashdisk berbentuk apa? Biasa atau beda? Lalu yang memiliki tutup atau tidak?

Kalau menurut Admin, apapun bentuknya yang lebih baik adalah yang tidak pakai tutup pasti saja.

Karena akan fleksibel digunakan (tinggal colok) pun kalau kebasahan tinggal jemur, dan yang pasti kamu gak akan pernah kehilangan tutup flashdisk (akibat keseringan hilang tutup).

Contoh bentuk-bentuk flashdisk yang bagus itu seperti di gambar ini:

4. Pilih kapasitas sesuai prioritas

Sekarang kita mulai membahas ke bagian dalam dari flashdisk.

Sebagai awalan dalam memilih flashdisk yang baik, tentu kamu harus pastikan kapasitas yang kamu butuhkan. Apakah  8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, atau bahkan flashdisk 128 GB.

Semakin besar kapasitas tentu semakin mahal juga harganya lho. Untuk yang umum digunakan biasanya adalah 8 GB dan 16 GB.

Jika hanya untuk simpen tugas kuliah, sekolah, atau file kantor. Segitu (8 GB dan 16 GB) juga sudah lebih dari cukup.

Terkecuali buat naruh film atau anime. Kamu butuh hardisk bukan flashdisk kalau itu.

5. Kemampuan mentransfer data

Dalam mengetahui kemampuan suatu flashdisk terbaik, dapat dilihat dari kecepatan yang terbagi antara mentransfer dan membaca data. Keduanya beda lho guys.

Untuk kecepatan tertinggi dalam membaca data, suatu flashdisk bisa menacapai angka 34 Mbyte/s (272 Mbit/s).

Jika mentransfer data, bisa berada di kisaran angka 14 Mb/s sampai dengan 24 Mb/s. Sayang kecepatan ini tidak mutlak karena bergantung pada kabel USB atau USB hub.

6. Keamanan dalam dan luar

Tips berikutnya dalam memilih flashdisk yang bagus, adalah dengan memastikan keamanan baik pada bagian dalam maupun luar.

Untuk keamanan di bagian luar, minimal flashdisk itu memiliki lubang untuk gantungan. Kenapa?

Karena kamu bisa menjaganya dengan cara dikalungkan, digantung bersama barang penting lain. Jadi aman kan?

Untuk kemanan di bagian dalam ini sebenarnya berlaku untuk flashdisk yang super canggih. Semisal ada scan fingerprint atau yang sebagainya.

Jika yang biasa, cukup aman kok untuk save data berharga.

7. Harga Dong!

Terakhir yang paling penting ya beli flashdisk sesuai dengan budget yang kamu punya. Harga juga akan menentukan kualitas flashdisk yang dimilikinya.

Untuk yang umum, ada nih di Ciptaloka.com. Harga flashdisk mereka itu, untuk kapasitas 8-16 GB cukup standar eceran yakni kisaran 75.000 s/d 95.000.

TAPI KELEBIHANNYA kamu bisa tempeli desain suka-suka lho. Artinya selain berkualitas tapi unik juga.

Penasaran gimana coba desain di sini nih!

So, kalau begitu, sekarang kamu sudah tahu cara memilih flashdisk yang bagus. Tinggalah tentukan mau yang seperti apa buat kamu gunakan ya?

BACA JUGA:

1. Mengenal Flashdisk Kartu, Alat Canggih untuk Menyimpan Data Sekaligus Promosi?

2. Bukan Boneka dan Bunga Berikut 7 Kado Wisuda yang Bermanfaat

3. Kumpulan Case HP Unik, Artistik, serta Koleksi Terbaik dari Ciptaloka. Kamu sudah punya?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here