24 Tips Hidup Hemat yang Kamu Cari Selama Ini. Siap Lakukan?

0
477
views

Ciptaloka.com – Bila kamu ingin memulai menjalani hidup yang hemat, tentu kamu harus bersiap guna mengurangi beberapa hal. Misal jika sebelumnya doyan belanja online sampai dengan nominal, maka harus mulai dikurangi menjadi misal Rp. 500,000. Setengahnya dulu perlahan nanti dikurangi.

Nah sama halnya dengan makan, bila keseringan membeli secara online meski sedang promo, mulai lah mengurangi menjadi semisal hanya boleh 2x dalam seminggu.

Berdasarkan dari gambaran di atas, tentunya kamu sudah mulai mengerti ke mana arah hidup hemat ini. Yap! Hemat di sini memang diartikan untuk mulai me-reduce daily budget yang sekiranya over begitu. Sebab bila dikelola dengan baik, kamu akan sadar bahwa untuk belanja pun makan, gak harus sebanyak itu loh. Beneran.

Nah, selain dua tips di atas, Ciptaloka akan tambahkan lagi deh dengan:

Ingin Kaya? Coba Praktikkan 24 Tips Hemat Ini!

Dijamin Relate loh!

1. Membuat Budgeting Harian

Artinya setiap hari kamu harus menentukan berapa uang yang kamu butuhkan? Misal dihitung dari biaya transportasi, makan, dan tambahan. Secara umum bisa dianggap saja begini. Sebelumnya, tiap hari kamu memerlukan Rp. 50,000 dengan rincian;

  • Makan Rp 20,000
  • Transportasi Rp. 20,000
  • Rokok/Camilan : Rp. 10.000

Otomatis dengan rincian itu kamu membutuhkan sekitar 1,500,000 dalam sebulan. Ya kan? Padahal budget tersebut terlalu besar loh, bisa dihemat lagi.

Cara menghemat uang setiap hari adalah dengan mengurangi hal yang bisa kamu kurangi. Misal makan, dari 20K bisa jadi 15K lalu camilan dari 10K jadi 5K. Artinya kamu punya sisa Rp, 10,000 kan?

Nah uang itu kamu pakai untuk budget hari berikutnya, jadi dari yang sebelumnya harus 50k jadi 40K. Saat punya uang 40K itu, kamu pakai lagi dan coba skema hemat yang lain. Dengan demikian dari yang sebelumnya Rp, 1,500,000 dalam 1 bulan bisa jadi cuma 1,200,000.

Baru Rp. 300,000 nya bisa disimpan untuk dana darurat pun menutupi pengeluaran yang kurang, ya kan?

2. Mulai Membawa Bekal Makanan

Cara menghemat uang bulanan rumah tangga berikutnya masih berhubungan dengan budget harian, hanya saja secara spesifik di sini kamu akan fokus pada pengeluaran makanan/camilan.

Adalah fakta, membawa makanan dan camilan sendiri dari rumah, akan sangat mengurangi beban pengeluaran kamu. Bisa saja dari tadinya Rp. 20,000 jadi hanya Rp. 10,000 atau bahkan tidak perlu pengeluaran sama sekali.

Photo by ivan Torres

 

Selain itu, dengan Rp. 20,000 tadi sebetulnya kamu bisa membuat makanan yang bisa dibawa selama 2 hari loh. Serius.

Namun bila ternyata membawa makan susah karena tidak ada yang menyiapkan nya, minimal bawa nasi saja. Nah kamu bisa beli lauk-pauk nya, yang jelas selalu dipatok dengan harga murah ya kan?

3. Bawa Minuman Juga

Membawa minuman sendiri, tidak hanya membantu kamu dari segi keuangan tapi juga kesehatan loh. Sebab kamu bisa melegakan pun menghidrasi tubuh kamu setiap saat.

Pernah kan kamu mengalami kehausan lalu membeli air minum dalam kemasan? Padahal minuman itu sebetulnya bisa gratis jika kamu bawa dari rumah. Membelinya hanya akan menambah pengeluaran serta tumpukkan sampah di lingkungan.

Jadi, biasakan bawa minum ya? Kalo malu punya botol yang kurang oke untuk dibawa, kamu coba dengan membuat custom kayak gini aja, sudah pasti murah :

Jadi siap menikmati manfaat hidup hemat dan sekaligus sehat ini?

4. Membagi Uang Cash dan Digital

Tidak semua uang kamu harus dimiliki secara cash, ada baiknya pula memilikinya secara virtual atau digital. Kenapa? Sebab kamu bisa lebih tahu keluar/masuk uang, serta menikmati banyak promo dana penawaran terbaik.

Apalagi bila awal bulan, biasanya banyak diskon makanan dan itu bisa kamu manfaatkan jika sedang ingin menikmati makanan luar ya kan? Belum lagi promo untuk keperluan transportasi dan belanja bulanan.

Yang mana bila dibayar dengan saldo digital akan banyak cashback pun poin yang akan sangat berguna loh. Beneran.

5. Membuat Membership

Tips hidup hemat agar bisa menabung berikutnya adalah memiliki kartu tanda member atau akun, ternyata memberikan manfaat yang pas untuk mendukung gaya hidup hemat kamu loh.

Sebab hampir di setiap belanja, kamu akan mendapatkan poin yang bisa digunakan sebagai potongan di belanja berikutnya.

Tidak hanya itu, hampir di setiap bulannya akan ada potongan harga atau pun cashback dengan nilai yang bisa dikatakan lumayan loh.

Mengapa bisa begitu? Ternyata menjadi member atau memiliki akun toko swalayan tertentu menunjukkan loyalitas kamu sebagai konsumen mereka. Setiap coin, voucher, dan promo dibuat sebagai reward. Enak kan?

6. Pentingkan Fungsi Ketimbang Gengsi

Dari sini, kamu harus belajar untuk menjadi orang yang picky atau dalam artian pemilih. Percayalah, cara hidup hemat dan sederhana ini akan membantu hidup kamu agar segera kaya begitu. Hehe.

Sebagai contoh, bila kamu hendak membeli kopi rencengan, tidak perlu fokus pada brand/merek. Fokus lah pada harga dan promo, toh kopi tetaplah kopi. Soal rasa bisa dibiasakan pula, ya kan?

Begitupun dengan alat mandi, kamu hanya butuh pembersih gigi, sampo anti ketombe, dan sabun pengharum badan. Pilih aja yang promo tidak perlu yang mahal atau bermerek. Yang penting fungsi dan tujuannya sama, ya?

7. Jangan Remehkan Recehan!

Tentu di setiap harinya kamu akan menerima kembalian dalam bentuk koin recehan, ya kan? Nah mulai sekarang jangan dianggap remeh uang itu. Simpan di sebuah tempat bisa toples custom seperti ini:

Photo by Damir Spanic

Atau yang lainnya. Jika kamu terbiasa melakukannya, percayalah benda itu akan sangat membantu kamu kala kesusahan di akhir bulan. Lalu, bila tidak kamu gunakan pun teruslah kumpulkan.

Dalam satu tahun, coba hitung. Anggap itu sebagai uang yang bisa kamu habiskan suka-suka ya?

– Seperti Biasa, Untuk Sisanya Ciptaloka Rangkum:

  1. Suka Belanja Online? Manfaatkan Cashback & Promo
  2. Doyan Ngemil? Mulai Bikin Camilan Sendiri. Dijamin Lebih Hemat dan Sehat!
  3. Perbanyak Kopi Sachet atau Bikin/Ngopi di Rumah Saja
  4. Manfaatkan Relasi, Kurangi Transportasi dengan Nebeng ke Temen yang Satu Jalan
  5. Mau Hemat Listrik? Selalu Pastikan Aliran Listrik Padam Saat Keluar

 

  1. Mau Hemat Kuota? Maksimalkan Wifi di Kantor Anda, Download Selagi Bisa.
  2. Selalu Membersihkan Ruangan dengan Lap, Kurangi Tissue
  3. Jangan Lupa Olahraga, Biaya Kesehatan itu Mahal Ya!
  4. Mulai Utamakan Kebutuhan bukan Keinginan!
  5. Remember your Daily Outcome. Ingat Beli Apa Aja Seharian!

 

  1. Gemar Pesan Makanan Online? Ajak Teman-Teman, Gunakan Promo Banyakan.
  2. Cek Lemari, Pasti Banyak Pakaian yang Jarang Digunakan. Lelang Pre-loved Langsung Gan!
  3. Perokok Berat? Mulai Ganti ke Rokok Murah atau Linting Sendiri Saja.
  4. Kurangi Rokok Bungkusan, Beli Ketengan Agar Males Beli Keluar Lagi Gan.
  5. Belajar Mengonsumsi Sayuran.

 

  1. Periksa Gudang atau Storage, Pilah Barang Bekas dan Jual. Selain Menghemat Uang, pun Menghemat Ruang.
  2. Tantang Diri Anda untuk Bertahan Hidup dalam Penuh Kehematan.

Wel, demikianlah tips hidup hemat yang bisa Ciptaloka bagikan. Selebihnya kembali ke kamu lagi nih. Siap praktekkan?

BACA JUGA:

1. Rahasia Botol Tumbler Custom, Ternyata Bikin Sehat dan Hemat!

2. Kaku Pas Prewed? Coba 11 Gaya Foto Prewedding Sederhana tapi

3. Biar Gak Mati Gaya, Ini 29 Ide Pose Foto Keren Untuk Cowok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here