10 Hal Wajib Ini Patut Kamu Persiapkan Sebelum Natal

Ceklis satu-satu, ya?!

8
1014
views
by Ciptaloka Creative Team

Ciptaloka.com – Udara dingin mulai terasa, awan sudah sering mengabu, dan salju turun di Negara Eropa. Artinya apa? Christmas is coming, guys! Sudahkah kalian mengecek hal-hal wajib yang patut kamu persiapkan ketika Natal?

Karena bagi para umat Kristiani di seluruh dunia, momen tanggal 25 Desember ini selalu menjadi hari besar yang paling ditunggu. Natal yang merupakan Hari Kelahiran Yesus Kristus akan menjadi sebuah titik awal bagi mereka untuk berkumpul dengan keluarga, sanak-saudara, pun orang yang mereka kasihi.

Desain kado natal unik, sekarang!

Oleh sebab itu, supaya Hari Natal kamu semakin dikenang oleh banyak orang, Ciptaloka akan berikan tips tentang;

10 Hal Wajib Ini Patut Kamu Persiapkan Sebelum Natal

Ceklis satu-satu, ya?!

Pengetahuan Singkat tentang Natal

Photo by Walter Chávez on Unsplash
Photo by Walter Chávez on Unsplash

Dalam sudut pandang Etimologi (asal usul kata) Natal berasal dari bahasa latin. Ia terdapat dalam sebuah kalimat lengkap berbunyi Dies Natalis, atau yang berarti (hari kelahiran). Karena itu, dalam alkitab berbahasa Indonesia kata Natal jarang ditemukan, yang ada hanyalah (kelahiran yesus).

Hari Natal diperingati setiap tahun oleh umat Kristen. Umumnya terbagi ke dalam dua sesi, pertama tanggal 24 Desember yang diisi oleh kebaktian malam, kemudian tanggal 25 Desmeber yang diisi pula dengan kebaktian. Namun, ada beberapa juga yang kadang merayakan Natal di luar tanggal tersebut.

Nah, berhubung sudah pada tahu soal Natal, sekarang kita bahas langsung hal-hal apa sih yang harus dipersiapkan agar Hari Natal kita bisa dikenang;

1. Membersihkan Rumah

Photo by Kipras Štreimikis on Unsplash
Photo by Kipras Štreimikis on Unsplash

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali dalam menyambut Hari Natal ialah membersihkan rumah. Kenapa? Karena nanti rumah yang kita huni itu akan banyak dikunjungi oleh keluarga. Tentu kamu gak mau rumah kamu dicap tak terawat dan kotor bukan?

Selain itu, dengan kamu membersihkan rumah, kamu akan mempermudah proses dekorasi natal yang akan kamu lakukan pada tempat tinggalmu. Jadi, langkah selanjutnya sudah jelas adalah…

2. Mendekorasi Rumah Luar dan Dalam

Photo by Arun Kuchibhotla on Unsplash
Photo by Arun Kuchibhotla on Unsplash

Dalam hal dekorasi rumah, kamu bisa mulai dari tampilan luar dulu. Mumpung sekarang masih h-7 ke Hari Natal, kamu bisa pikirkan untuk mengecat rumah bagian luar bila perlu.

Bisa juga kamu pikirkan untuk menaruh lampu keda-kedip pada pintu, halaman depan, pun taman. Jadi, baik tetangga atau tamu yang berkunjung bisa langsung merasakan suasana Hari Natal kendati dari luar.

Sisi lain atau bagian dalam, kamu bisa mulai dekorasi ruangan utama dengan aksesoris natal, glitter, pohon natal, dan lampu warna. Bila perlu, kamu juga bisa memakai bantal-bantal merah bertema natal seperti ini:

by Ciptaloka Creative Team
by Ciptaloka Creative Team

Mereka sangat cocok buat kamu jadikan sebagai dekorasi natal atau pun kado unik.

3. Hadiah/Kado Natal

Photo by Ben White on Unsplash
Photo by Ben White on Unsplash

Guna memperkuat dekorasi di dalam rumah, kamu juga bisa menaruh beberapa kado yang diletakkan di bawah pohon natal. Kami menganjurkan beberapa kado unik natal di bawah ini, agar perayaan kamu semakin ciamik;

by Ciptaloka Creative Team
by Ciptaloka Creative Team

Atau kamu punya ide lain? Boleh loh desain kaos sendiri atau desain kado natal lain kamu di sini!

4. Bunga-bunga

Photo by Osman Rana on Unsplash
Photo by Osman Rana on Unsplash

Agar suasa Hari Natal kamu semakin berasa adem dan natural, tidak ada salahnya bila dalam dekorasi rumah tadi kamu taruh banyak bunga-bunga yang berwarna hijau dan harum.

Mereka tentu akan cocok sekali bila di taruh di belakang pohon natal, sebab akan memperkuat keindahan yang dimilikinya.

Mulai desain kado natal sendiri!

5. Topi santa

Photo by Roberto Nickson on Unsplash
Photo by Roberto Nickson on Unsplash

Jangan lupa, kamu pun harus menyiapkan beberapa topi santa yang bisa dipakai oleh orang dewasa atau anak-anak. Hal tersebut bisa berguna sebagai tanda bahwa kalian sedang merayakan natal, bisa juga sebagai penguat dekorasi, atau pun aksesoris ketika berfoto bersama-sama.

6. Kamera

 

Photo by Jakob Owens on Unsplash
Photo by Jakob Owens on Unsplash

Tahun 2017 ini, semua orang sudah memiliki handphone yang sangat mendukung untuk mengambil gambar dengan baik. Namun, bila ingin maksimal, tidak ada salahnya bila kamu mempersiapkan kamera khusus untuk berfoto bersama.

buat desain kado sendiri!

Entah itu kamera digital, SLR, atau polaroid. Intinya kamera itu bisa menjadi satu tempat foto di mana semua momen diabadikan. Jadi, foto-foto saat ketika Hari Natal tidak berceceran di masing-masing individu.

7. Sajian khas Natal

Photo by Gabriel Garcia Marengo on Unsplash
Photo by Gabriel Garcia Marengo on Unsplash

Setiap daerah di Indonesia, punya menu khas yang biasa disajikan ketika Hari Natal. Seperti Gore-Gore di Sulawesi Tenggara, Ikan Kuah Kuning di Ambon, sampai dengan Sayur Pangi di Manado.

Kamu juga bisa menyajikan menu khas Natal ala Barat, semisal; Beef Roast, Roast Turkey, and Lamb Pot Roast.

Akan tetapi, kalau kamu punya menu khas sendiri, masak itu saja ya biar mudah dibuat dan diingat oleh orang yang memakannya.

8. Kue-Kue Natal

Photo by rawpixel.com on Unsplash
Photo by rawpixel.com on Unsplash

Selain dengan makan besar, Hari Natal pun selalu identik dengan makanan kecil. Salah satunya ialah kue. Di luar negeri, pada perayaan ini selalu saja ada yang namanya “Gingerbread” atau kue jahe berbentuk manusia.

Nah, di negara kita, ada juga lho kue-kue umum yang biasa disajikan pas Natal. Diantaranya adalah; Kue Salju, Kus Kastengel, dan Kue Spekulasi (speculaas). Silakan kamu buat atau beli juga boleh lho.

9. Mempersiapkan Kunjungan ke Rumah Saudara

Photo by Jeremy Bishop on Unsplash
Photo by Jeremy Bishop on Unsplash

Karena Hari Natal pun menjadi momen kumpul-kumpul antar keluarga besar, maka sebelum putuskan akan berkunjung ke mana saja, alangkah lebih baik kami buat rute kunjungan. Dengan demikian, kalian bisa lebih teratur, irit bensin, dan pastinya tidak ada yang terlewat, kan?

10. Berlibur

 

Photo by freestocks.org on Unsplash
Photo by freestocks.org on Unsplash

Well, setelah merayakan Hari Natal di rumah, lalu berkunjung ke tempat saudara, terakhir bila ada budget lebih kamu bisa lakukan liburan bersama-sama. Kamu jadi bisa mengistirahatkan pikiran setelah beberapa hari lalu sibuk mempersiapkan 10 hal wajib di atas.

Lengkap kalau begini perayaan Natal kalian ‘kan? Ayo desain kaos liburan keluarga sendiri

Demikianlah hal-hal yang perlu dipersiapkan menjelang natal. Gimana menurut versi kamu? Komen di bawah dong, nanti komentar terunik Admin kasih HADIAH SPESIAL NATAL 😉

by Ciptaloka Creative Team
by Ciptaloka Creative Team

Baca Juga:

1. Kenali Perbedaan Lengkap Tentang Bahan Kain Polyester, TC, Viscose, CVC, dan Hyget

2. Intip Yuk 15 Fakta Singkat dan Lengkap Tentang Kaos Gildan

3. Cara Membedakan Bahan-Bahan Kaos: Cotton Combed, Cotton Bamboo, Cotton Supima, dan Cotton Carded

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here