Intip Yuk 15 Fakta Singkat dan Lengkap Tentang Kaos Gildan

Kamu sudah tahu belum?

6
4139
views

Ciptaloka.com – Bila kita berbicara tentang kaos polos import dengan kualitas terbaik, kira-kira merek apakah yang kamu pikirkan? Apakah itu Kaos Gildan? Jika benar, kenapa harus demikian?

Daripada Kamu bingung mau jawab apa, Admin punya fakta singkat seputar sejarah kaos gildan.

Intip Yuk 15 Fakta Singkat dan Lengkap Tentang Kaos Gildan yang Belum Banyak Diketahui oleh Orang-Orang Ini

Apa saja ya kira-kira? Simak nih!

1. Chamandy Brother sebagai pendiri Gildan

Glen Chamandy diambil dari https://storage.googleapis.com
Glen Chamandy diambil dari https://storage.googleapis.com

Ada 2 orang yang tercatat sebagai pendiri dan saksi sejarah kaos Gildan di tahun 1984. Mereka adalah Greg Chamandy dan Glen Chamandy, yang merupakan kedua bersaudara nan tertarik untuk menggeluti bisnis di dunia garmen.

2. Mengorbankan usaha keluarga

Dimabil dari https://cdn2-img.pressreader.com
Dimabil dari https://cdn2-img.pressreader.com

Dalam mendirikan perusahaan Gildan, mereka pun mengorbankan bisnis keluarga yang telah dibangun selama beberapa dekade oleh Kakek mereka, yakni; Joseph Decades.

Awalnya perusahaan kakeknya itu hanya fokus pada pembuatan pakaian anak-anak. Kemudian dengan ide baru Chamandy Brother pun mengubah haluan bisnis dan  nama usaha mereka mencjadi Gildan TextileKoleksi Kaos Gildan Satuan KLIK INI

3. Beranjak pada bisnis kain

Salah satu karyawan Gildan Sewing dari https://www.oeko-tex.com
Salah satu karyawan Gildan Sewing dari https://www.oeko-tex.com

Mendekati tahun 90-an, Gildan banyak dilirik oleh para pengusaha lain di bidang yang sama. Terlebih Gildan Textile sudah mendapati reputasi sebagai kain dengan kualitas terbaik dan harga yang murah.

Hal itu didapatkan karena Gildan Textile sangat concern pada biaya produksi yang rendah. Alhasil harga kain murah yang mereka pasarkan itu didapat karena dalam proses merajut, mewarnai, memotong, dan finishing kain mereka lakukan di parbiknya sendiri di Montreal.

4. Tahun emas, dan kelahiran Gildan Active Wear

Gildan Team http://www.gettyimages.com
Gildan Team http://www.gettyimages.com

Pada tahun 1994, Gildan tercatat berhasil meraup keuntungan penjualan sebanyak $32.000.000. Tahun berikutnya, Gildan Textile pun berubah nama menjadi Gildan Acitive Wear.

Kelahiran nama baru mereka di tahun emas itu karena sang pemilik mulai melirik peluang menyediakan kaos polos gildan, di mana waktu itu banyak dibutuhkan untuk keperluan sablon para pebisnis clothing atau sablon kaos gildan dtg.

5. Produk Gildan Active Wear pertama

Gildan golf-stylled collar via e-bay
Gildan golf-stylled collar via e-bay

Dalam sejarah kaos gildan, penetrasi awal yang digunakan oleh Gildan Active Wear adalah dengan menyediakan Kaos Polos Gildan dengan banyak warna, serta kaos olahraga bernama golf-stylled collar.

6. Melebarkan sayap produksi

Suasana Karyawan Gildan di Honduras dari http://www.genuinegildan.com
Suasana Karyawan Gildan di Honduras dari http://www.genuinegildan.com

Langkah taktis pun dilakukan oleh Gildan Active Wear dengan mendirikan pabrik di luar Amerika Serikat.

Pada tahun 1997, Gildan memilih negara Honduras sebagai poros baru yang kelak akan menjadi pabrik produksi baru mereka.

Gildan pun banyak mempekerjakan orang lokal di sana sehingga mereka pun turut andil dalam pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

7. Perusahaan grosir pertama yang mendapatkan sertifikat internasional

Gildan Memecahkan Rekor Kaos Terbesar di Dunia via Google.com
Gildan Memecahkan Rekor Kaos Terbesar di Dunia via Google.com

Penghargaan lain pun mulai disandang oleh Gildan Active Wear di tahun yang sama. Salah satunya yaitu Sertifikat Internasional sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

Mereka dinilai berdasarkan pada produk yang memiliki tingkat zat berbahaya rendah, reproduksi ramah lingkungan, dan pengelolaan limbah yang baik.

Gildan memang selalu melakukan prosedur manajemen limbah biologis di setiap pabriknya. Jadi, dalam setiap aktivitas produksi yang mereka lakukan, tidak akan mencemari lingkungan sekitar.

Mulai print desain kaos gildan

8. Bertahan di tengah krisis ekonomi dunia

Gildan in Store via https://infotel.ca/images
Gildan in Store via https://infotel.ca/images

Pada bulan Juni tahun 1998, para kompetitor Kaos Gildan seperti Fruit of the Loom, Oneita Industries, Virginia based T-shirt, Tutex Coorporation, Pulma Inc., terpaksa harus mengalami kebangkrutan.

Akan tetapi Gildan Active Wear justru masih bertahan dan meraih keuntungan di akhir Okotober 1999 sebesar $23.8 juta Dollar.

9. Ekspansi produk

Tampilan situs gildanfinder.com via http://pic.accessify.com/
Tampilan situs gildanfinder.com via http://pic.accessify.com/

Setelah melewati masa krisis, di era milenial sekitar 2000-an Gildan Active Wear kembali bangkit dengan keinginan yang kuat untuk melakukan ekspansi produk keluar dari Amerika.

Mereka pun membangun sebuah website (gildanfinder.com) guna mempermudah konsumen melihat produk-produk mereka.

Jurus tersebut pun berhasil meraih sekitar 20 distributor di negara Eropa. Kemudian Gildan pun membangun kerjasama di tingkat asia dengan Japanese Corporation.

10. Menjadi perusahaan terbaik di Amerika

Best Quility via https://m.media-amazon.com
Best Quility via https://m.media-amazon.com

Pada awal tahun Milenial, Gildan menjadi perusahaan garmen terbaik kedua di Amerika setelah Hanes. Di tahun 2001, Gildan Active Wear pun melakukan perbaikan dengan memperkuat manajemen perusahaan, menyejahterakan 1.200 orang karyawan -, dan membeli mesin canggih.

Berkat usaha kerasnya tersebut, Gildan pun berhasil menyalip Hanes dengan mencuri gelar sebagai perusahaan pemasok garmen no. 1 di Amerika Serikat.

11. Gildan sempat didera “isu” persaingan tidak sehat

Persaingan bisnis antara Gildan dan Fruit of Loom (FTL) sempat membuat keduanya memanas.

FTL menuduh Gildan yang mempekerjakan salah satu mantan karyawannya untuk mengirim dokumen rahasial FTL pada Presiden Ekskekutif Gildan.

Pihak Gildan pun mengomentari bahwa dokumen yang dikirim itu tidak cukup penting bagi mereka.

12. Greg Chamandy meninggalkan Gildan

Sebagai salah satu pendiri Gildan, Greg Chamandy pada tahun 2004 memutuskan kemunduran dirinya dari posisi Co-Founder Gildan Active Wear.

Ia diketahui memiliki ketertarikan bisnis yang baru di luar tekstile.

13. Menambah varian produk

Pada tahun 2005 Gildan mulai menjual dengan nama brand sendiri, dan membuat kategori produk baru selain kaos.

Mereka mulai merambah ke sweater, jacket, fleece, sport wear, dan hoodie. Di tahun 2006, mereka pun membeli perusahaan besar bernama Kentucky Derby Hosiery sebesar $45 juta, dan mulai memproduksi kaos kaki.

Kaos Kaki Gildan via Amazon.com
Kaos Kaki Gildan via Amazon.com

Selain itu, Kaos Gildan pun mulai dibagi-bagi ke dalam 5 kategori umum; Kaos Polos Gildan Ultra Cotton Soft style, Kaos Polos Gildan Ultra Cotton Premium (asian fit gildan t-shirt), Kaos Polos Gildan Ultra Cotton TC (Teterton Cotton), Kaos Polos Gildan Ultra Cotton CVC (Cotton Viscose), Kaos Gildan Ultra Cotton Polyester.

14. Kembali mengakuisisi perusahaan

Di tahun 2010, Gildan pun kembali mengakuisisi sebuah perusahaan yang berada di Asia Selatan. Kali ini Sahriyar Fabric Industries Limited yang berada di negara Bangladesh.

Bangladesh dipilih karena banyak tenaga kerja yang lihai dalam urusan tekstil di sana. Selain itu Gildan pun ingin turut serta membantu pertumbuhan ekonomi di negara tersebut, dengan cara membuka lapangan kerja.

Kuisisi Gildan Pada Satu Perusahan via https://www.cpresence.com
Kuisisi Gildan Pada Satu Perusahan via https://www.cpresence.com

Ada juga perusahaan Gold Toe Moretz yang berada di North Carolina, dan juga Anvil Holdings Inc. yang kembali Gildan akuisisi kepemilikannya.

15. Gildan di era sekarang

Saat ini, Gildan pun tercatat sebagai perusahaan besar pemasok kaos polos ke seluruh dunia. Bila dilihat dari perjalanannya, memang pantas gelar tersebut mereka sandang. Sudah sepatutnya bila Ia menjadi “Raksasa” di dunia garmen.

Gildan Zaman Now via http://www.articlesweb.org
Gildan Zaman Now via http://www.articlesweb.org

Melihat 15 fakta itu, Ciptaloka.com pun turut menggunakan Kaos Gildan sebagai salah satu media yang bisa dijadikan cetakan desain.

Kami percaya kamu-kamu tidak hanya ingin kaos polos Gildan, tapi pengen dikasih desain juga kan?

Makannya buat DESAIN KAOS GILDAN SATUAN di SINI   <—

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here