Simak! 7 Cara Mudah dan Efektif Mengenalkan Puasa Pada Anak

0
127
views

Ciptaloka.com – Cara mengenalkan puasa pada anak sejak dini tentu bukan merupakan perkara mudah. Perlu proses yang cukup panjang bagi mereka untuk sampai pada tahap sedikit belajar dan paham akan makna dari puasa sebenarnya.

Dirangkum dari beragam sumber, dalam hal mengajarkan puasa kepada anak, nyatanya ada beberapa tahapan yang  intinya bergantung pada kemampuan masing-masing anak itu sendiri. Lalu pasti kamu pun mulai bingung dan bertanya-tanya;

“Jadi, kalau begitu, ada cara yang pas untuk mengajarkan puasa kepada anak-anak?

Jawabannya tentulah ada, dan beberapa contoh yang bisa kamu terapkan ialah dengan melaksanakan puasa waktu berjenjang, semisal selama beberapa jam, hitungan seperempat hari, setengah hari, dan sampai dengan full.

Salah satu cara lain yang tidak kalah efektif alam mengajak anak untuk berpuasa adalah dengan memberikan hadiah bilamana ia sudah tuntas berpuasa sesuai dengan kemampuan-nya.

Akan tetapi perlu kamu garis bawahi terlebih dahulu, bahwa hal itu hanya berlaku efektif bagi anak yang memang belum akil baligh saja.

Pasalnya bila cara itu terus dilakukan kepada mereka nan menginjak usia anak-anak sampai dengan remaja, yang ada nantinya mereka akan berpuasa bukan karena niat, melainkan karena hadiah yang kita berikan.

Tapi balik lagi ke tema, dalam cara mengenalakan puasa pada anak sedari dini, kamu bisa mulai dengan tips berikut ini :

1. Mulai Memberitahu Makna dari Puasa Secara Sederhana

Photo by hossein azarbad on Unsplash

Sambil memulai dengan memberikan mereka iming-iming hadiah bilamana berhasil berpuasa, kamu pun sebagai orang tua sudah harus mulai menjelaskan pula pada mereka tentang manfaat puasa, hikmah puasa, dan rukun ibadah puasa itu sendiri.

Berikan anak-anak pemahaman sederhana bahwasanya puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan dan termasuk ke dalam rukun islam. Caranya bisa dengan memberi tahu lewat doa niatan berpuasa, berbuka puasa, dan ajarkan pula artinya.

Atau jika ingin lebih fun dan edukatif bisa dengan menyajikan lewat cerita arti puasa untuk anak-anak, baik dalam bentuk video atau gambar yang ada di Internet. Dengan dibarengi hal tersebut diharapkan si kecil akan mulai belajar puasa karena makna, bukan karena hadiahnya semata.

2. Memberikan Pujian ketika Berbuka Puasa

Photo by ibrahim abdullah on Unsplash

Jika si kecil bisa selesai berpuasa, baik dalam waktu setengah hari, seperempat hari, pun full satu hari, pujilah mereka.

Yap! Yang namanya akan-anak selalu saja ingin dipuji atas pencapaian mereka. No matter itu besar atau kecil, mereka akan menganggap itu sebagai sebuah hadiah nan tak terhingga nilai nya.

Pujilah mereka ketika berkumpul bersama keluarga, ataupun ketika berkumpul dengan tetangga. Niscaya dengan begitu mereka pun akan lebih giat dalam mengejar berkah puasa.

3. Mendorong Semangat Berlomba-lomba dalam Kebaikan

Photo by Allen Taylor on Unsplash

Tips tentang bagaimana cara melatih anak-anak berpuasa selanjutnya adalah dengan mencoba metode kompetisi.

Bila anda memiliki lebih dari satu anak, tidak ada salahnya bila mengibaratkan puasa dengan perlombaan dalam hal kebaikan. Sebab ada banyak pelajaran yang dapat dipetik dari puasa, jangan lupa ajarkan hal itu, ya?

Jadi rasa persaingan sehat pada diri mereka akan muncul dengan sendirinya dan puasa mereka pun akan lebih bergairah. Tidak lupa untuk selalu memberitahu mereka untuk belajarlah berpuasa sejak dari kecil, supaya mereka lebih disayangi sang pencipta nantinya.

4. Memanjakan Anak-Anak ketika Berbuka

Photo by ‏🌸🙌 في عین الله on Unsplash

Sebagai bentuk apresiasi pada anak anda yang tamat puasa, ada baiknya bila ketika berbuka sajikan menu makanan dan minuman yang menjadi kegemaran mereka atau yang mereka inginkan. Anggap saja hal itu sebagai sebuah reward karena Ia telah bekerja keras menahan laparnya.

Tapi tetap jangan lupa untuk menyajikan menu yang tetap sehat dan baik agar si kecil tetap semangat. Jangan hanya karena bisa dimasakan apa saja, jadi lupa menu sehatnya, ya?

5. Menjadi Contoh bagi si Anak

Photo by Artur Aldyrkhanov on Unsplash

Jika tidak bisa memberikan pengajaran lewat lisan pun tulisan, kamu pun bisa melakukannya lewat perbuatan.

Kamu bisa langsung memperlihatkan atau mencontohkan pada mereka bahwa kamu sedang berpuasa. Artinya bila Ia menawari adan memberikan makan, kamu menolaknya dan jelaskan alasan tidak makan serta tidak minum tersebut.

Sembari jelaskanlah alasan mengapa kita haurs berpuasa sejak masih kecil. Melalui cara itu, diharapkan sang anak mulai meniru dan perlahan dapat belajar memahami tentang makna puasa itu sendiri.

6. Buat Puasa Menjadi Sebuah Tantangan

Photo by mostafa meraji on Unsplash

Guna mempermudah pengajaran tentang puasa, kamu pun bisa memberitahukan pada si kecil bahwa yang kamu lakukan bukan ibadah puasa tapi tantangan puasa.

Ya, hitung-hitung memberitahukan pada mereka bahwa ini tuh seperti challenge yang memberikan manfaat dari segi jasmani dan rohani. Apalagi aktivitas ini banyak dilakukan oleh artis di seluruh dunia juga, ya kan?.

7. Memberikan Kejutan

Photo by Ben White on Unsplash

Well, let’s anggap saja kejutan ini sebagai sebuah big achievment bilamana si kecil bisa melaksanakan puasa full, sholat full, atau perjanjian lainnya. Jika sudah kamu dapat memberikan dia sebuah kejutan yang terbilang besar dan istimewa.

Bisa lebih dari ekspektasi atau mengejutkan sekali, bebas, ya?

Begitulah beberapa cara mengajari anak berpuasa tanpa iming-iming hadiah. Kalau anda punya cara lain yang lebih keren, kasih tahu di sini ya!

BACA JUGA:

1. 7 Olahraga Ringan Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

2. Kumpulan Cara Super Ampuh Melawan Ngantuk Ketika Puasa

3. Menu Makanan Sahur yang Sehat dan Praktis. Bisa Untuk Diet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here