Kumpulan Cara Super Ampuh Melawan Ngantuk Ketika Puasa

Dijamin berhasi nih!

0
358
views

Ciptaloka.com – Melakasanakan ibadah puasa di tengah pendemi Covid-19 merupakan hal   yang baru bagi bangsa kita. Tantangan dan godaan yang melanda selama berpuasa pun jadi bertambah dengan adanya virus Corona tersebut.

Jika dulu biasanya tubuh kita hanya ditantang untuk menahan lapar, sekarang Ia pun harus ditantang lagi supaya tetap sehat dan segar.

Nah, salah satu godaan yang  paling sering menyerang kesegaran tubuh ketika kita berpuasa ialah rasa kantuk. Bener gak? Pastinya kamu merasakan sendiri kan betapa mudahnya kita mengantuk saat puasa di siang hari. Pertanyaan pun muncul;

Sebenarnya kenapa sih kita mudah Ngantuk ketika puasa?

Jawabannya ada dari Journal of Sleep Research yang menyatakan bahwa penyebab mudahnya tubuh kita mengantuk saat puasa ialah karena siklus tidur yang terganggu, yang menyebabkan kita harus bangun lebih awal dari biasanya karen harus bersantap sahur.

Hal itu jelas berdampak pada REM Rapid Eye Movement atau durasi tahap tidur yang berkurang. Alhasil kurangnya  waktu istirahat itulah yang menyebabkan waktu siang hari kita menjadi ngantuk dan lemas.

Kalau hari biasa, kamu bisa saja menahan hal tadi dengan makan camilan atau minum kopi. Namun bagaimana sih melawan rasa ngantuk ketika puasa? Gak mungkin kan kalau harus ngopi juga?

Nah, ketimbang kamu harus ngebatalin puasa, sebaiknya simak tips dari Ciptaloka di bawah ini!

Kumpulan Cara Super Ampuh Melawan Ngantuk Ketika Puasa

Dijamin berhasi nih!

Mengoptimalkan waktu tidur di malam hari

Photo by Gregory Pappas

Supaya kalian bisa menahan ngantuk di siang hari, maka kalian harus bisa tidur pulas ketika malam hari.

Menurut kesehatan, waktu yang cukup untuk tidur di malam hari adalah 6-8 jam. Jadi usahakan kalian mengoptimalkan waktu istirahat kalian itu dengan cara istirahat lebih awal.

Misalkan kamu sahur pada pukul 04.00 pagi, maka kamu tinggal tidur ketika pukul 08.00 malam bila ingin optimal 8 jam. Bilamana kamu rasa terlalu cepat, kamu bisa tidur dari pukul 10.00 malam saja dan sahur di pukul yang sama seperti di awal.

Tidur selama 5-25 menit ketika siang hari

Photo by Lance Grandahl

Jika cara pertama gagal kamu lakukan, dan kamu masih merasa ngantuk, opsi keduanya kamu bisa melakukan tidur singkat di siang hari.

Berdasarkan pada keterangan dr. Barry Krakow, seorang spesialis penyakit gangguan tidur asal Amerika, mengatakan durasi tidur siang selama 5-25 menit ternyata sudah cukup untuk meyegarkan tubuh.

Kendati singkat, faktanya hal itu akan mampu memberi kalian dampak yang bermanfaat.

Jalan-jalan

Photo by Brooke Cagle

Dikutip dari Hellosehat.com, sebuah survei di Amerika sana menjelaskan bahwa dengan berjalan kaki akan memberikan energi sampai durasi 2 jam.

Jadi, kalau ngantuk siang-siang coba deh jalan-jalan dan gerakkan tubuh kalian, ya!

Membasuh Muka

Photo by Tadeusz Lakota

Bila rasa ngantuk sudah sulit sekali ditahan, ada baiknya kalian ke kamar mandi dan basuh muka kalian dengan air. Rasakan kesegaran mereka, niscaya kamu akan bugar seketika.

Memulai obrolan

Photo by Priscilla Du Preez

Mengobrol pun bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengusir kantuk ketika puasa.

Namun pastikan untuk tidak ngobrolin orang ya. Bisa-bisa pahala puasanya malah berkurang nantinya.

Mendengarkan musik yang energik

Hentakan musik yang keras pada telinga, akan mampu memberikan energi tersendiri bagi kamu lho.

Jangan lupa untuk ikut bernyanyi, supaya ngantuknya lari. Tapi jangan keras-keras dan mengganggu orang sekitar, deh ya.

Demikianlah kumpulan cara ampuh melawan rasa ngantuk ketika puasa. Silakan kamu coba!!

BACA JUGA:

1. Rekomendasi 12 Kegiatan Ngabuburit Berfaedah, Mulai dari yang Umum sampai dengan Ngabuburit Online

2. 7 Jokes atau Candaan Ramadhan yang Sudah Basi Banget!

3. 11 Karakter dan Sifat Orang yang Lahir di bulan Mei

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here