Mengejutkan! Inilah 14 Fakta Sejarah dari Kaos yang Sering Kamu Pakai

Pasti kamu belum pada tahu kan? Baca deh!

5
596
views

Ciptaloka.com – Sebelum menjadi pakaian yang populer seperti jaman now, ternyata kaos merupakan sebuah pakaian yang memiliki nilai sejarah yang panjang. Sejarah kaos ini dapat dikatakan sudah berumur sekitar 1 abad, atau bahkan lebih.

Maka dari itu, sebagai bentuk penghormatan kita semua pada benda bersejarah yang kita pakai, Admin akan membeberkan tulisan berjudul;

Mengejutkan! Inilah 14 Fakta Sejarah dari Kaos yang Sering Kamu Pakai

Pasti kamu belum pada tahu kan? Baca deh!

1. Union Suits sebagai asal-muasal kaos?

Pada jaman victoria, tepatnya di abad ke-19 muncul sebuah istilah pakaian bernama “Union Suits”. Ia digambarkan sebagai sebuah baju dalam wanita yang dapat membuat penggunanya hangat ketika dingin, dan adem ketika panas.

Menyadur artikel dari Gizmodo.com, dikatakan bahwa;

The union suit was patented in 1868 in New York and was based on a similar kind of underwear that had been popular with VICTORIAN WOMEN

Artinya Union Suit dipatenkan di tahun 1868 di New York dan pada dasarnya (union suit) sama dengan pakaian dalam yang populer di kalangan wanita di jaman Victorian. Mereka yang hidup pada era tersebut senang menggunakan Union Suit karena bentuknya yang sangat panjang.

Beginilah tampilan dari Union Suits tersebut;

Gambar dari Pinterest.com
Gambar dari Pinterest.com

Tidak lama berselang, Union Suits pun bertransformasi menjadi sebuah kaos. Seperti pada bahasan di bawah inilah sejarah kaos di dunia bermula.

2. Munculnya kaos, setelah para pekerja memotong Union Suits

Selain di kalangan wanita, para pekerja asal New York sekitar tahun 1800-an pun turut mempopulerkan union suits ini dengan memakainya sebagai pakaian kerja.

Akan tetapi, mereka memotong bagian atas dari union suits yang tadinya panjang, menjadi setengah seperti kaos oblong dan kaos pada umumnya sekarang.

Makannya, kalau diperhatikan dari gambar tadi, memang union suits ini mirip oblong ya kalau dipotong?

3. Kaos menjadi bagian sejarah saat perang dunia ke-2!

Di tahun 1913, pada era perang antara Spanyol dan Amerika, pasukan U.S Navy atau Angakatan Laut Amerika, mulai memperkuat sejarah kaos dengan mewajibkan para tentara menggunakannya sebagai pakaian dalam yang wajib dikenakan ketika latihan.

Punyanya nps.gov
Punyanya nps.gov

Selain para Tentara Amerika, ternyata para veteran perang pun gemar menggunakan kaos ini dan mengombinasikannya dengan pakaian kasual yang lain.

4. Asal mula istilah “T-Shirt” dalam Bahasa Inggris

Sejarah kaos pun bertambah dengan hadirnya terminologi T-Shirt (kaos dalam bahasa inggris). Arti kata itu ternyata memiliki dua sudut pandang;

Pertama, Huruf “T” yang diikuti kata shirt (baju) mempersonifikasikan bentuknya yang memang seperti huruf “T”.

Kedua, versi lain mengatakan bahwa huruf “T” menandakan sebuah kode untuk kata Training, karena memang sesuai dengan awal mula sejarah kaos yang sering dipakai sebagai seragam latihan oleh U.S Navy.

5. Pertama kalinya kata “T-Shirt” masuk dalam kamus Bahasa Inggris

Kamus Merriam-Webster yang terkenal di Amerika, faktanya baru memasukkan kata T-Shirt ke dalam kamus Bahasa Inggris di sekitar tahun 1920-an.

By 1920, the word “T-shirt” became an official American-English word in the Merriam-Webster Dictionary via Shoplet.com
By 1920, the word “T-shirt” became an official American-English word in the Merriam-Webster Dictionary via Shoplet.com

6. Public Figure yang fenomenal karena pakaian kaos-nya

Dikutip dari www.realthread.com, yang menuliskan bahwa;

In 1950, the popularity of the t-shirt as a stand-alone outerwear garment started skyrocketing after the actor Marlon Brando wore one in a film

Terjemahannya; pada tahun 1950, popularitas kaos sebagai pakaian luar mulai meroket setelah aktor Marlon Brando memakainya dalam sebuah film.

Film tersebut berjudul “A Streetcar Named Desire”. Ia sukses tampil sebagai seorang lelaki flamboyan. Lima tahun berselang, aktor yang sangat legendaris bernama James Dean pun ikut andil mempopulerkan kaos pada film berjudul “Rebel Without A Cause (1955)”.

Ini gaya-gaya dan tampilan mereka dengan kaos-nya;

A Sreetcar Named Desire (1951) Directed by Elia Kazan Shown: Vivien Leigh (as Blanche DuBois), Marlon Brando (as Stanley Kowalski)
A Sreetcar Named Desire (1951)
Directed by Elia Kazan
Shown: Vivien Leigh (as Blanche DuBois), Marlon Brando (as Stanley Kowalski)
James Dean Wore T-Shirt in Rebel without A Cause
James Dean Wore T-Shirt in Rebel without A Cause

Gimana kece-kece kan? Makannya, bikin kaos keren kamu sendiri di sini!

7. Berdirinya Lembaga Kaos

Selang sekitar 6 tahun, pasca para Artis/Aktor mempopulerkan kaos, di tahun 1961 muncul organisasi yang menamakan dirinya Underwear Institute atau dalam Bahasa Indonesia disebut (Lembaga Pakaian Dalam).

Kala itu, sejarah mencatat bahwa mereka telah menuntut supaya kaos dapat diakui sebagai baju luaran, dan derajatnya pun harus sama dengan baju-baju pada umumnya.

8. Kaos, Pemuda, dan Kebebasan di Amerika Serikat

Melihat fenomena kaos yang mulai mewabah, muncullah sebuah persepsi dari para anak muda bahwa kaos merepresentasikan sebuah anti terhadap kemampanan, ekspresi terhadap kebebasan, dan media untuk menyampaikan aspirasi mereka.

student protest via vintage.es
student protest via vintage.es

Hal itu pun menjadi sebuah bagian dari terciptanya sejarah kaos di dunia. Terlebih fakta lain pun menguatkan dengan adanya sebuah tren baru yakni;

9. Kaos printing

Nama seorang Warren Dayton tidak bisa dilewatkan dalam sejarah kaos ini. Sebab Ia sempat muncul di tahun 1960-an dengan menampilkan karya seni printing design pada sebuah kaos.

Ia menyuguhkan gambar kartun seorang Cesar Chavez yang memuat unsur politik dan budaya di artikel majalah bernama Los Angeles Times.

10. Kaos mulai masuk ke Indonesia

Beredarnya kabar tentang kaos, pada akhirnya sampai juga ke Indonesia. Konon katanya, dahulu sejarah kaos di negara ini dibawa oleh orang-orang dari Belanda.

Meanwhile, di tahun 1970-an perkembangan kaos sangat pesat dan mulai merambah ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Lihat foto bersejarah ini;

sejarahkaos5
Foto Alm. Dono (Warkop DKI) dengan kaos fenomenalnya Foto via Google

Salah satu komedian legendaris aja sudah pakai kaos dengan tulisan yang keren gitu. Kalau sekarang kamu mau juga? Bikin kaos tulisan sendiri di mari!

11. “Generasi Kaos Oblong” ala Kartunis Indonesia

Seorang Kartunis ternama, GM Sudarta sempat mengabadikan sejarah kaos di Indonesia ke dalam sebuah tajuk yang dimuat di harian Kompas tertanggal 14/01/1978 lewat judul “Generasi Kaos Oblong”.

Di karya 2 tahun silam, GM Sudarta pun sempat memuat gambar bernuansa sumpah pemuda dalam sebuah kaos yang dipakai oleh salah satu karakternya.

Salah satu karya terbaik GM Sudarta, nampak tokoh seorang anak memakai kaos bertuliskan  "satu nusa"
Salah satu karya terbaik GM Sudarta, nampak tokoh seorang anak memakai kaos bertuliskan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”

Wah keren juga ya kartunis Indonesia yang legend ini. Menurut kamu gimana tuh?

12. Merek kaos lokal bermunculan

Di era 80’s, mengingat kaos semakin marak, mulai muncul beberapa merek kaos lokal yang sampai sekarang masih eksis. Nama-nama seperti Joger dari Bali, Dagadu dari Jogja, sampai C59 dari Bandung pun tak luput dari bagian sejarah kaos di Indonesia.

Jadi, sejarah kaos joger, sejarah kaos dagadu, sejarah kaos c59 merupakan kepingan dari sebuah perjalanan sejarah kaos di negeri kita ini.

13. Kaos di era Milenium

Mulai memasuki tahun 2000-an, kaos yang dulunya hanya dikuasai produsen garmen besar, ternyata mulai merambah juga ke sektor mikro. Sebagai buktinya, lahir Distro (Distribution Outlet) kecil yang mulai berani memajangkan model kaos yang mereka produksi sendiri secara kreatif.

14. Kaos di jaman now

Berbeda dengan era 2000, pada zaman sekarang kaos mulai beralih dari mikro ke individu. Artinya sekarang setiap orang bisa membuat kaosnya sendiri, kendati hanya 1 buah.

300x250px-man

 

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa ini adalah Ciptaloka.com. Di sinilah kamu-kamu bisa membuat desain baju satuan, dengan desain sendiri dan karya sendiri.

Kalau kamu pengen coba iseng bikin kaos satuan sendiri, silakan klik di mari!

Demikianlah artikel tentang 14 fakta tentang sejarah kaos yang sering kamu pakai.

INI JUGA TIDAK BOLEH BERHENTI DI KAMU;

1. Langkah-Langkah dalam Melakukan Registrasi Akun di Ciptaloka.com

2. Ternyata, Begitu Mudahnya Lho! Mendesain Hoodie Custom Sendiri di Ciptaloka.com

3. Cukup Lakukan 5 Langkah Ini, Maka Kamu Sudah Bisa Membuat Desain Sweater Online di Ciptaloka.com (Lengkap + Gambar)

 

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here