Jangan Gaptek! Ketahui Kegunaan Fitur NFC di Smartphone Kamu

Bahas satu per satu ya

0
192
views

Ciptaloka.com – Teknologi pada gawai pintar atau smartphone semakin hari semakin menunjukkan kemajuan yang pesat.

Tentu kamu sekarang sudah menikmati fitur gps yang mempermudah pelacakan dan berbagi lokasi antar pengguna. Terus tahu juga kan fitur keamanan tambahan pada gadget seperti face recognition, voice recognition, sidik jari dan sejenisnya.

Itu-itu tadi adalah bentuk kemajuan teknologi yang terbilang pesat untuk era milenium ini. Akan tetapi selain daripada GPS dan Camera, ada lagi salah satu teknologi bernama NFC (near field communication) atau komunikasi medan dekat yang tersemat pada beberapa smartphone keluaran terbaru.

Cara kerja NFC ini mempermudah para pengguna menukarkan data secara dekat dengan kurun waktu yang terbilang singkat (hitungan detik). Data tersebut bisa termasuk file, kontak nama, foto/video, dan bahkan pembayaran online.

Berhubung banyak yang dapat dilakukan NFC ini, kamu wajib baca seluruhnya di sini:

Jangan Gaptek! Ketahui Kegunaan fitur NFC di Smart phone Kamu

Bahas satu per satu ya~

Metode Pembayaran Non Tunai di Beberapa Restoran Merchant

Kita mulai dengan pertanyaan “apakah nfc penting?” jawabannya jelas penting.

Terlebih lagi, perlu diketahui bahwasanya di beberapa tempat makan di kota besar serta merchant tertentu NFC bisa menjadi salah pendukung  penting dalam melakukan pembayaran non-tunai.

Agar bisa melakukan itu pastikan kamu memiliki aplikasi pembayaran yang support NFC. Selama di dalam aplikasi tersebut kamu memiliki saldo, untuk membayarnya tinggal dekatkan gawai pintar kamu pada NFC reader yang ada di restoran.

Tunggu beberapa detik, pembayaran pun selesai. Tentu lebih praktis karena tidak perlu QR Code dan berkontak langsung kan?

Selain dari smartphone pembayaran seperti di atas bisa dilakukan dengan kartu e-money BCA Flazz Gen 2 atau tap cash yang sejenis.

Mengisi Saldo E-Money, E-Toll, dan Tap Cash

Bicara soal tap cash dan e-money BCA Flazz, jadi teringat kalau NFC ini bisa digunakan sebagai penghubung m-banking dan kartu e-money. Dengan begitu kamu bisa mengecek saldo pada kartu serta dapat mengisikan saldo ke dalamnya.

Cara menggunakan NFC pada kartu e-money adalah cukup dengan mendekatkannya saja ke perangkat seperti biasa.

Perihal penggunaan NFC di tap cash memang terdengar tidak spesial akan tetapi memiliki dampak yang luar biasa loh.

Apalagi khusus kamu yang pada punya mobil, pasti sering kan merasa was-was di tol takut e-tol kurang? Atau sudah tahu saldo di kartu tap cash kosong tapi lupa isi padahal posisi udah di gerbang non-tunai? Sering juga males isi ke merchant, mini market, atau ATM karena ngantre, ribet dan males pastinya?

So, buat kamu yang pada gitu punya NFC ini bisa sangat menyelamatkan waktu dan kemageran kamu ya khan?

Selain daripada itu, setiap kartu e-money yang tersedia fitur NFC pun sudah bisa dicustom dengan desain suka-suka.

Tersedia kartu tap cash custom mulai dari Brizzi, Mandiri, dan Flazz Gen 2. Ketiganya sudah support untuk isi/cek saldo via smartphone yang memiliki fitur NFC ya people.

Menghubungkan dengan Perangkat Lain

Pada dasarnya tanpa NFC pun beberapa perangkat smartphone dapat dengan mudah terhubung. Hanya saja ribet nya itu harus pakai kabel dan kabel lagi.

Pun jika ada dengan bluetooth atau sejenisnya hanya membuat baterai menjadi boros kan ya? That’s why NFC ini menjadi solusi terbaik.

NFC ternyata sudah bisa terhubung secara wireless dengan beberapa perangkat seperti laptop support NFC, Printer jenis tertentu, dan juga smart TV merek tertentu.

Khusus pada smart TV, NFC ini akan berguna sebagai mirroring yang artinya menampilkan layar smartphone pada TV dan tidak hanya itu namun bisa disentuh dan dipergunakan seperti sebuah gawai pintar dengan layar yang besar. Menarik kan?

Mengisi Daya atau Charging pada Smartphone

Kamu pasti sering kejadian seperti ini. Lagi asyik main hp, eh tiba-tiba daya lemah. Mau dimainkan sambil di charge, berbahaya dan kabelnya pun pendek hanya 1 meteran saja. Akhirnya daripada ribet sendiri tunggu smart phone penuh dulu baru lanjut main lagi.

Sebenarnya hal seperti itu tidak harus kamu lakukan loh kalau smart phone kamu punya NFC. Lewat teknologi tersebut kamu bisa menggunakan wireless charging.

Artinya charge tanpa perlu pakai kubal-kabel lagi. Selain itu jarak wireless charging ini biasanya lumayan luas loh. Jadi bisa leluasa gitulah.

Baiklah demikian 4 kegunaan NFC (near field communication) yang bisa jadi belum kamu tahu. Keseluruhan penggunaan di atas berlaku baik untuk NFC Oppo, NFC Samsung, pun NFC Xiaomi.

Berhubung karena kamu sudah pada tahu banyak tentang NFC ini, jadi please jangan pada gaptek dan apalagi nanya NFC itu apa?

BACA JUGA:

1. 4 Hal Nan Tidak Kamu Tahu dari Kartu Flazz Bca Gen 2 Terbaru

2. Cara Membedakan Aksesoris HP; Softcase, Hardcase, Silicon Case, Fuze Case, dan Flip Case

3. 9 Barang Custom yang Bisa Jadi Souvenir Perusahaan Eksklusif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here