Jangan Asal Gunakan Mouse Pad, Ini loh Fungsi 7 Sebenarnya!

0
140
views

Ciptaloka.com – Tentunya kebanyakan dari kalian sudah tahu bilamana kami tanyakan tentang fungsi sebuah mouse pada komputer. Tapi bila kami tanyakan tentang sebuah mouse pad, apakah kamu dapat memberikan jawaban nya?

Bisa jadi, secara singkat kamu akan menjawab bahwasanya mouse pad adalah sebuah benda yang digunakan sebagai alas mouse, yang kemudian disebut dengan istilah bahasa inggris bernama mouse pad.

Yap! Jawaban itu memang tepat. Tetapi, sebenarnya masih banyak loh fungsi penting lainnya dari sebuah mouse pad. Baiklah kalo kamu ingin lebih tahu, Admin akan bantu memberikan jawabannya dalam artikel di bawah ini ya, silakan:

Jangan Asal Gunakan Mouse Pad, Ini loh Fungsi 7 Sebenarnya!

Cek ya satu per satu, agar kamu makin tahu.

1. Fungsi Dasar Mouse Pad

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

Oh iyah, sebelum ke inti ada sedikit hal mendasar yang akan Admin bagikan untuk kalian. Sebab kebanyakan dari kamu masih ada loh nan meremahkan fungsi sebuah mouse pad. Bahkan ada pula yang menganggap ada atau tidaknya benda itu, tidak berpengaruh sama sekali.

Maka dari itu, tidak jarang pasti salah satu dari kamu pun pernah menggunakan mouse pad dari benda yang tidak terpakai, semisal kardus, karton, dan bahkan buku. Padahal benda-benda itu tentu akan merusak fungsi mouse kamu secara perlahan loh, jika terus dibiarkan.

Sebab mouse pad yang baik haruslah yang bisa mendukung mobilitas mouse macro atau mouse micro sesuai dengan fungsinya. Supaya lebih paham langsung kita gas nih fungsi lainnya dari sebuah alas mouse:

2. Membuat Pergerakan Mouse dan Kursor tetap Stabil

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

Karena adanya sebuah mouse pad, pergerakan daripada mouse kamu dijamin akan lebih stabil. Hal itu dikarenakan permukaan alas memang sudah diatur sedemikian rupa, sehingga bila diraba akan terasa lembut dan halus begitu.

Dengan demikian, permukaan tersebut mampu menciptakan yang namanya kestabilan gerakan kursor pada layar laptop atau komputer. Selain itu, kecepatan pergerakan mouse lebih lincah dalam memetakan setiap gerakan ke dalam satuan frame per second (fps). Artinya proses pergerakan serta penggunaannya pada layar jadi lebih optimal.

Bandingkan bila yang kamu gunakan semisal kardus sebagai alas. Selain merusak kegunaan mouse di bagian bawah, pergerakan kursor di layar pun malah terbata-bata ya kan?

3. Mengoptimalkan Tracking Sensor pada Mouse

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

Jika kamu angkat sebuah mouse, di bawahnya kamu akan melihat pancaran sinar berwarna merah, ya kan? Itulah yang dinamakan dengan istilah “Mouse Optik”.

Nantinya sinar infrared itu akan memancar di atas permukaan alas, lalu sensor optik akan mulai bekerja dengan membaca pergerakan pada permukaan alas. Proses itu dinamakan sebagai tracking frame.

Dari situlah kursor pada laptop atau pun komputer akan bergerak mengikuti sinyal nan diberikan pada permukaan tadi. Jadi, pahamkan mengapa tidak boleh gunakan alas mouse yang sembarang lagi?

Salah satu tips agar mouse pad gaming dan mouse kamu terawat, selalu cek secara berkala pancaran sinar optik dan bagian bawah mouse. Jika mulai meredup dan tidak responsif, bisa jadi ada gejala pada benda itu.

4. Meminimalisir Gesekan pada Bagian Bawah Mouse

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

Bilamana kebetulan kamu  sedang menggunakan mouse ketika browsing di artikel ini, coba deh kamu balik mouse-nya lihat secara teliti, apakah bagian bawahnya masih mulus atau tidak?

Kalau jawabannya masih mulus, berarti kamu pasti menggunakan alas mouse yang baik. Akan tetapi kalo jawabannya tidak, berarti kamu tidak mengindahkan alasan kenapa kamu harus memakai mouse pad gaming atau mouse pad custom yang benar.

So, just open your mind dan mulailah menggunakan mouse pad, agar gesekan bagian bawah mouse selalu mampu terjaga dan selalu awet seperti seharusnya.

5. Menjaga Pergerakan Mouse tetap Presisi

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

Oh iya, khusus para gamers profesional pun pastinya sudah tahu bahwa dengan menggunakan mouse pad gaming yang baik, akan mampu menghasilkan permainan yang ciamik.

Hal tersebut memang sudah menjadi salah satu fungsi atau manfaat mouse pad. Lewat “alas tikus” itu, setiap pergerakan kursor di layar menjadi lebih presisi dengan transisi yang cukup alami.

Makanya ayo kamu juga jangan mau kalah, mulailah dengan membiasakan diri menggunakan mouse pad agar aktivitas kerja/hobby kamu di depan komputer jadi lebih terbantu.

6. Menambah Gaya dan Memperkuat Persona

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

So pasti, kalau kamu pakai mouse yang keren, akan menimbulkan kesan persona yang juga tak kalah keren. Bikin lebih bergaya, sesuaikan dengan device yang kamu punya.

Misalh laptop kamu ROG, bikin pulalah mouse pad custom dengan desain ROG pula. Atau semisal tema laptop kamu girly, bikinlah mouse pad lucu dan cute dengan menambahkan gambar/tulisan bertemakan hal nan sama dan senada.

Ini salah satu gambaran tentang mouse pad lucu sekaligus keren :

Source: Orderan Konsumen Ciptaloka

7. Menjadi Marketing/Branding Tools

Terlepas dari penggunaan pribadi, secara luas alas mouse ini bisa berfungsi menjadi sebuah senjata yang pas untuk memasarkan dan mem-branding perusahaan atau bisnis kamu.

Tinggal buat mouse-pad nan seragam dari segi warna, jangan lupa tambahkan logo atau gambar bisnis kamu di bagian depan-nya.

Bagikan deh ke semua karyawan kamu agar bisa digunakan di kantor. Sebagian lagi bisa dibagikan sebagai hadiah untuk konsumen loyal kamu.

Dengan maraknya gambar, tulisan, dan logo perusahaan kamu, dijamin sedikit demi sedikit akan mengangkat bisnis/perusahaan kamu itu loh.

Well, itulah dulu artikel tentang fungsi sebuah mouse pad. Kalo kamu ingin punya atau bikin salah satunya, tahu gak harus main ke mana?

Yap! Langsung main ke Ciptaloka saja ya.

BACA JUGA :

1. 9 Barang Custom yang Bisa Jadi Souvenir Perusahaan Eksklusif

2. 20+ Souvenir Reuni Unik, yang Bikin Teman Lama Kamu Terkesan

3. Berikut 55 Hadiah Romantis sekaligus Spesial Buat Pacar Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here