Cara Agar Kamu Bisa Belajar di Rumah Secara Efektif dan Fun

Bagaimana caranya, simak ya!

0
529
views

Ciptaloka.com – Sehubungan dengan mulai banyaknya kasus penyebaran virus Corona, pemerintah di negara Indonesia pun membuat sebuah langkah strategis guna menanggulangi hal tersebut. Salah satu pesan presiden dalam pidatonya, yakni menyarankan metode social distancing atau jarak sosial.

Berdasarkan artikel terpercaya, social distancing diartikan sebagai sebuah tindakan non-farmasi yang dimaksudkan guna mengendalikan penyebaran virus. Caranya dengan mengurangi kontak langsung person to person (orang ke orang) dalam bersosialisasi, sehingga diharapkan mampu mengurangi resiko penularan, morbiditas, dan sejenisnya.

Menindaklanjuti metode social distancing ini, akhirnya beberapa tempat yang dihuni banyak manusia guna bersosialisasi seperti sekolah dan perguruan tinggi pun diliburkan sementara, guna menekan penyebaran virus Corona.

Alhasil para siswa dan mahasiswa pun diwajibkan untuk melakukan pembelajaran di rumahnya masing-masing.

Untuk itu, khusus buat kamu yang sedang melaksanakan pembelajaran di rumah dan agaknya merasa asing serta tidak tahu bagaiman sih cara belajar di rumah yang efektif? Well berikut Ciptaloka sajikan:

Kumpulan Tips Agar Kamu Bisa Belajar di Rumah Secara Efektif!

Bagaimana caranya, simak ya!

Persiapkan Tempat Belajar

Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Langkah pertama dalam cara belajar efektif di rumah adalah sebelum memulai belajar, kamu haruslah mempersiapkan tempat untuk belajarnya dulu. Buat yang punya meja belajar bisa siapkan mejanya dengan rapi terlebih dahulu.

Khusus yang tidak punya meja belajar, bisa buat sebuah space khusus di rumah atau di kamar yang bisa kamu pakai untuk belajar.

Tidak perlu luas yang penting kamu dapat membaca dan menulis dengan nyaman. Bisa dibuat dengan senderan dari bantal jumbo custom atau pun sejenisnya. Make it comfort deh pokoknya.

Singkirkan Benda yang Mengganggu Konsentrasi

Photo by Emma Matthews Digital Content Production on Unsplash

Bila tempat belajarnya sudah siap, sekarang kamu periksa lagi. Kira-kira di sekitar tempat belajar tersebut adakah benda yang kiranya dapat mengganggu konsentrasi?

Benda tadi bisa beragam lho, mulai dari smartphone yang sering berdering, maka dari itu kamu matikan dulu. Makanan yang menggoda selera, bisa kamu simpan dulu dan ganti dengan buah-buahan atau cemilan saja.

Pokoknya apapun yang ganggu simpen dulu nanti buka lagi setelah selesai belajar, ya? Sebab begitulah cara fokus belajar di rumah.

Pastikan Alat Tulis Sudah Tersedia

Photo by Georgie Cobbs on Unsplash

Meja sudah siap, benda tidak penting sudah disingkirkan sekarang kembali cek. Ketersediaan alat tulis kamu? Jangan sampai pas lagi mood mau belajar, eh pas nulis pulpen habis, pensil patah, penghapus tidak ada, dan akhirnya harus beli atau nyari dulu.

Pas balik belajar lagi malah jadi gak mood. Pasti belajar jadi gak efektif kan kalau begitu? Padahal satu cara berlajar efektif dan efisien adalah mempersiapkan alat tulis dengan baik.

Jangan lupa buku catatan dan buku materi yang akan kamu pelajari di rumah. Bila harus download, silakan download dulu.

Mengetahui Waktu yang Tepat

Photo by Brad Neathery on Unsplash

Perihal waktu belajar di rumah ini tiap orang beda-beda tergantung mood nya. Hanya saja karena sekarang kondisinya semua orang belajar di rumah pula, ada baiknya kamu mulai belajar sama seperti kamu mulai sekolah.

Bisa dari jam 7 pagi sampai jam 12 siang. Kenapa? Karena pada waktu tersebut biasanya tubuh dan pikiran kamu sudah terbiasa buat belajar di sekolah, jadi ketika di rumah pun anggap saja itu sebagai waktu belajar yang sama, supaya jiwa dan raganya siap menghadapinya ya? Ayo! Jangan malas-malasan.

Jangan Sampai Larut Belajar

Photo by Gery Wibowo on Unsplash

Memang dengan metode belajar di rumah, kamu tidak memiliki batasan waktu yang formal untuk memulai atau menghentikan waktu belajar. Namun tetap ada baiknya hal tersebut dilakukan saja sesuai dengan jam sekolah.

Justru kamu harus hindari belajar sampai dengan larut malam atau begadang mengerjakan tugas. Nanti kamu malah tidak merasakan manfaat belajar yang efektif.

Ditambah lagi hal itu sudah pasti tidak baik karena dapat mengganggu kesehatan dan daya tahan tubuh kamu. Nanti virus-virus malah semakin mudah untuk menyerang.

Menyiapkan Makanan Ringan dan Minuman Penyemangat

Photo by Alysha Rosly on Unsplash

Manfaatkan juga waktu belajar di rumah dengan fun and enjoy. Seperti menyiapkan makanan ringan yang bikin mood belajar kamu up. Serta minuman penyemangat bisa berupa jus, teh, atau pun kopi. Kan kalau belajar sambil makan dam minum biasanya lebih enjoy lho.

Masuk ke Proses Pembelajaran

Photo by Green Chameleon on Unsplash

Dalam belajarnya, kamu bisa mulai dengan mengerjakan tugas atau soal yang diberikan oleh guru kamu secara daring. Jika sedang mengalami kesulitan, kamu bisa tanya pada orang rumah, misal bapak/ibu kamu, kakak, atau bahkan browsing di internet.

Sesulit apapun tugas dan meteri yang diberikan kamu jangan cepat bosan dalam belajar, kamu harus selalu jaga mood kamu untuk menyelesaikan tugas satu per satu.

Sebab jika kamu menyerah dan melewatkan tugas itu, yang ada nanti malah semakin menumpuk, tidak selesai, dan akhirnya keteteran ketika harus dikumpulkan. Susah sendiri ya kan?

So, demikianlah Kumpulan Tips Agar Kamu Bisa Belajar di Rumah Secara Efektif! Silakan dicoba, terus semangat belajar di rumahnya ya~

BACA JUGA!

1. Tips & Cara Merawat serta Membersihkan Tas Kanvas Custom

2. Cara Mencari dan Menyimpan Gambar Kualitas Tinggi di Google

3. Cara Mengajari Kebaikan pada Anak, Lewat Kaos Berisikan Pesan Moral Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here